Search

5 Jenis Sate Khas di Indonesia

Sate merupakan makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil dan ditusuk sedemikian rupa, serta disajikan dengan berbagai jenis bumbu yang bervariasi. Nah, di Indonesia sate memiliki banyak ragam. Mulai dari Sate Madura atau Sate Lilit, hingga Sate Taichan yang sempat hits pada zamannya.



Nah, bagi Jofiers pecinta sate dan ingin mencoba jenis sate lainnya. Yuk, lihat disini!


1. Sate Madura


Sesuai namanya, salah satu sate yang sangat terkenal di Indonesia ini merupakan kuliner khas Pulau Madura di Jawa Timur. Umumnya, daging yang digunakan adalah daging ayam atau daging kambing dengan bumbu kecap manis dan gula jawa dicampur bawang putih, bawang goreng, kacang tanah goreng yang dihaluskan, petis, kemiri dan garam.


Sementara untuk sate kambing, cara penghidangannya dengan kecap manis ditambah irisan bawang merah dan cabai rawit, deh.


2. Sate Padang


Siapa yang tidak kenal dengan jenis sate ini? Sate yang dimasak khas Padang, Sumatera Barat. Biasanya daging sate dibuat dari jeroan sapi maupun kambing yang direbus dengan bumbu lalu dipanggang.


Uniknya, ciri khas dari kuliner satu ini terletak pada kuahnya yang kuning dan terbuat dari tepung beras dicampur kaldu daging dan jeroan, kunyit, jahe, bawang putih, lengkuas, bubuk kari, garam, dan ketumbar.


3. Sate Tegal atau Sate Balibul


Kali ini, sate yang dibuat dengan daging kambing muda yang berumur 5 bulan. Biasanya, cara penyajiannya yaitu dipanggang satuan kodi dan disajikan dua tusuk sate dengan isian empat potong daging dan lemak. Dan terkadang daging sate bisa diganti dengan jeroan kambing.


Sementara untuk kuahnya, Sate Balibul Tegal ini menggunakan kecap manis yang diencerkan dan dicampur dengan irisan cabai, bawang merah, tomat hijau, dan nasi putih yang ditaburi bawang goreng.


Baca juga: Wisata Baru The Glamping Kaldera Danau Toba


Baca juga: Oleh-oleh Khas Medan yang Sering Jadi Incaran Wisatawan


Baca juga: Varian Blackforest Jofie yang Lembut & Topping Menggoda!


4. Sate Klatak


Akhir-akhir ini Sate Klatak sering terdengar dan ikut menambah jenis kuliner sate di Indonesia, nih! Sate Klatak sendiri terbuat dari irisan daging kambing yang diberi bumbu secukupnya. Bumbu tersebut dibuat dari larutan garam dan bawang putih yang lalu ditusuk dengan jeruji besi dan kemudian di bakar diatas arang kayu, hingga terdengar bunyi klatak-klatak yang khas.


Biasanya, Sate Klatak disajikan dengan kuah gulai kambing dan nasi hangat atau lontong. Hm… cocok banget, nih, untuk menu makan siang!


5. Sate Taichan


Salah satu jenis sate generasi baru yang kekinian ini juga cukup populer di Indonesia. Sate Taichan sendiri merupakan sate ayam yang dibakar tanpa kecap dan bumbu kacang. Ciri khas dari sate ini ada pada dagingnya yang berwarna putih, dan tidak coklat seperti sate pada umumnya.


Sebenarnya, sate bisa dibuat dari daging lainnya, salah satunya kerang. Dan, tergantung setiap daerah menghidangkannya bagaimana. Soal rasanya? Sudah pasti enak, deh!


#jofiebakery #anekasate #jenissate #sate #kulinerindonesia

3 views0 comments