Search

COKELAT, MAKANAN MANIS FAVORIT SEMUA ORANG


Jofiers pasti tahu, kalau cokelat adalah makanan yang paling banyak penggemarnya. Teskstur lembut, rasa manis, dan warna yang menarik, membuat cokelat menjadi favorit semua kalangan. Banyak sekali makanan yang mencampurkan cokelat sebagai bahan dan rasa utama di setiap pembuatnnya. Tapi, Jofiers harus tau nih, kalau ternyata cokelat itu banyak jenisnya. Yuk, sama sama kita bahas.


1. Cocoa Powder

Cocoa Powder adalah serbuk bubuk yang terbuat dari biji cocoa asli yang dikeringkan. Biasanya, digunakan sebagai tepung untuk tambahan pembuatan kue. Rasa cokelat ini agak sedikit asam dan tidak memiliki rasa manis, tetapi baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung lemak cokelat dan antioksidan.


2. Dark Chocolate

Cokelat ini adalah jenis cokelat yang sangat sehat untuk dikonsumsi. Memiliki rasa yang agak sedikit pahit, menjadi ciri khas yang membuat rasanya agak sedikit unik. Jenis cokelat ini mampu meningkatkan mood dan menghasilkan energi untuk tubuh saat mulai lelah. Dark Chocolate mengandung kadar pasta cokelat tinggi, sehingga membuat warnanya gelap dan memiliki rasa pahit.


3. Unsweetened Chocolate

Jenis cokelat ini dibuat dari hasil fermentasi dan pengeringan biji kakao berupa pasta dan lemak cokelat. Bahan ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar cokelat jenis lain seperti cokelat putih. Rasa cokelat ini cenderung pahit seperti namanya.


4. Milk Chocolate

Rasanya yang manis, membuat cokelat ini menjadi salah satu jenis cokelat yang sangat banyak digemari. Sesuai dengan namanya, cokelat ini mengandung tambahan susu yang membuat rasanya menjadi lebih gurih dan teksturnya lumer di mulut. Cokelat ini merupakan cokelat yang banyak dijadikan sebagai cemilan yang dipercaya dapat meningkatkan mood.


5. Semi Sweet Chocolate

Cokelat ini menggunakan tambahan gula saaat pembuatannya sehingga memiliki rasa sedikit manis tetapi masih terasa agak pahit sesuai dengan namanya. Meskipun demikian, cokleat jenis ini sering digunakan sebagai bahan untuk memasak, seperti pembuatan dessert dan kue.


6. Couverture Chocolate

Nah Jofiers, pasti asing dengan namanya yang berasal dari bahasa Prancis. Cokelat ini merupakan cikelat premium yang sering di jumpai hanya di tempat eksklusif, yaitu restoran bintang lima. Cokelat ini digunakan sebagai lapisan makanan mulai dari berbagai jeniskue, dessert, dan berbagai makana lainnya.


7. Gianduja Chocolate

Nama dari cokelat ini sendiri juga sangat jarang kita ketahui. Cokelat ini berasal dari Italia yang terbuat dari biji kakao dan 30% hazelnut yang manis membuat rasa cokelat ini begitu spesial. Di Indonesia sendiri, cokelat ini masih sangat jarang ditemukan. Cokelat ini juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai cemilan.



6 views0 comments

Recent Posts

See All