Search

5 Jenis Mie Khas Asia Tenggara Yang Wajib Dicoba!

Updated: Oct 10, 2021

Asia Tenggara terkenal dengan keberagaman yang lahir dari kekayaan budaya setiap negaranya, yang mana juga termasuk dengan ciri khas dari masing-masing negara.



Salah satu contohnya yaitu, Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim, Filipina yang dikenal dengan negara lumbung padi, kemudian Thailand yang disebut sebagai Negeri Gajah Putih. Tidak hanya itu, tentu saja 10 negara Asia Tenggara tersebut juga memiliki variasi destinasi wisata alam dan juga kuliner yang siap memanjakan para turis saat berkunjung ke negerinya.


Mulai dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Myanmar. Nah, berikut adalah sajian berbahan dasar mie yang menjadi ciri khas negara di kawasan Asia Tenggara. Simak disini!


1. Pad Thai dari Thailand


Masakan mie yang ditumis ini disajikan sebagai jajanan pinggir jalan dan di restoran bintang lima di Thailand. Mie khas Thailand ini dibuat dari mie beras kering yang direndam.


Hidangan Pad Thai ini terdiri dari berbagai jenis bahan seperti mie, kucai, tauge, cabai, jeruk nipis, kacang cincang, ketumbar, acar lobak hingga irisan tahu dan telur, kepiting, udang atau daging ayam.


2. Pho dari Vietnam


Mie khas dari Vietnam ini merupakan masakan mie sapi ini dibuat dari tepung beras. Setelah mie dan tauge diletakkan di dalam mangkuk, diatasnya akan diberi irisan daging ayam atau daging sapi. Lalu diberi kuah yang kaya akan bumbu seperti jahe, adas, ketumbar, saus ikan dan saus hoisin yang juga dilengkapi dengan bumbu lainnya.


Sebelum dihidangkan, Pho akan diberi taburan irisan daun bawang, daun ketumbar, atau daun bombay sebagai penyedapnya. Cocok banget disantap saat cuaca disini, nih!


3. Mie Aceh dari Indonesia


Hampir semua masyarakat Indonesia pernah mencoba mie khas ini. Mie kuning yang dimasak pedas bersama daging sapi, daging kambing, atau makanan laut lainnya. Biasanya, Mie Aceh ini diberi taburan bawang goreng dan disajikan bersama kerupuk emping, potongan bawang merah dan mentimun sebagai acarnya, hingga jeruk nipis.


Sementara kuah dari Mie Aceh sendiri ini dibuat dari bahan dasar kari. Untuk menemukan Mie Aceh juga sangat mudah, kok. Terutama di kota-kota besar di Indonesia.


Baca juga: 5 Hal yang Sering Dikangenin saat Nonton Bioskop


Baca juga: Mencoba Kuliner Bebek di Medan, Enaknya Kebangetan!


Baca juga: Produk Olahan dari Jofie, Ada Ubi Ungu yang Warna-nya Nyentrik!


4. Ramen dari Jepang


Kemudian ada mie kuah khas Jepang yang yang berasal dari Tiongkok, yang mana juga disebut sebagai chuka soba atau shina soba.


Tidak seperti mie lainnya, ramen ini memiliki bentuk yang lebih tipis. Cara penghidangannya dengan disiram kuah kaldu dengan beragam rasa, seperti shoyu dan miso. Kemudian dicampur dengan berbagai sayuran, seperti tauge dan rumput laut.


Bagi Jofiers yang ingin menikmati ramen ini, kamu juga bisa menemukannya dalam bentuk instan.


5. Kuy Teav dari Kamboja


Salah satu makanan yang menjadi mie khas dari negara Kamboja ini memiliki bentuk pipih. Mie yang digunakan terbuat dari beras yang disajikan dengan kaldu dengan rempah-rempah pelengkap yang ditambahkan sebelum dihidangkan.


Selain itu, kuah dari Kuy Teav ini juga dibuat dari perasaan jeruk nipis, daun selada, tauge, bawang merah, ketumbar, kemangi, lada dan minyak bawang putih yang bisa menjadi penentu rasa Kuy Teav ini.


Itulah beberapa mie khas dari negara Asia Tenggara yang memiliki ciri khas. Gimana, Jofiers mau coba yang mana, nih?


#jofiebakery #anekamie #miekhasasia #asiatenggara

2 views0 comments