Search

Varian Dessert yang Sering Dikonsumsi

Dessert merupakan bagian hidangan yang biasanya disajikan pada akhir makan malam dan terdiri dari makanan manis dengan rasa yang kuat. Walaupun sama-sama memiliki rasa manis, namun ternyata dessert dapat dibedakan menjadi beberapa kategori, loh! Misalnya, kue coklat yang biasa kita makan merupakan kategori kue. Atau croissant renyah yang sering kita nikmati sebagai teman minum teh, tergolong ke dalam kategori pastry.


Nah, Jofiers tahu tidak kalau dessert juga banyak sekali jenis-jenis sajiannya. Bagi Jofiers yang belum tahu, yuk kita lihat disini!


1. Dessert Beku



Makanan penutup beku merupakan makanan penutup yang dibuat dengan cara membekukan cairan, semi-padat, dan terkadang bahkan padatan. Dessert beku itu terdiri dari es krim, gelato, frozen custard, sherbet, sorbet, dan frozen yogurt. Dan semua menu untuk pencuci mulut jenis dessert ini sangat cocok disantap ketika cuaca sedang panas.


Es krim sendiri terbuat dari krim yang diaduk hingga kental, sementara gelato menggunakan susu sebagai bahan dasarnya dan diberi dengan rasa yang kuat serta disajikan dalam keadaan setengah beku.


Frozen custard dibuat dari susu, krim, dan gula. Sementara frozen yogurt merupakan dessert beku yang terbuat dari yogurt dan produk susu lainnya. Rasanya juga lebih asam dari es krim dan biasa disebut sebagai es krim rendah lemak.


2. Custard dan Puding



Pada dasarnya, kedua jenis dessert ini dibuat dari produk olahan susu yang dikentalkan. Yang membedakan keduanya adalah dari bahan pengental yang digunakan.


Pengental yang digunakan pada sajian custard adalah telur utuh, sehingga teksturnya lebih padat daripada puding. Dan pembuatan custard biasanya menggunakan metode double boiler atau au bain-marie yaitu pemanggang dengan cara menaruh loyang berisi custard di atas loyang yang berisi air.


Sementara pengental yang digunakan pada sajian puding adalah maizena. Dan pembuatan puding dimasak di atas kompor. Yang kemudian disajikan saat dingin, atau bisa juga disajikan hangat.


3. Aneka Kue



Jenis dessert satu ini merupakan jenis roti bercita rasa manis dan memiliki ciri khas dengan tekstur yang empuk, seperti cupcake dan muffin. Cupcake sendiri adalah kue yang berukuran kecil yang dilapisi kertas dan memiliki tekstur yang lembut, empuk dan terasa manis. Selain bentuk dan rasanya yang bervariasi, cupcake juga memiliki berbagai topping, mulai dari krim atau coklat.


Sementara muffin merupakan kue yang paling mudah dan paling cepat dibuat. Muffin memiliki ciri dengan tekstur yang lebih padat dan basah. Untuk membuatnya, Jofiers tinggal mencampurkan semua bahan kering dan mencampurkannya dengan bahan basah menggunakan spatula pipih.


Namun, jenis dessert ini tidak selalu menggunakan tepung sebagai bahan dasarnya, beberapa dessert juga ada yang menggunakan bahan dari meringue atau putih telur yang diaduk hingga kaku.


Selain itu, ukuran dessert ini juga bervariasi, ada yang berukuran besar dan ada versi mini.


4. Aneka Biskuit



Salah satu jenis dessert ini dibuat dari telur, mentega, tepung dan pemanis juga sebagai penambah rasa. Kemudian, diproses melalui pemanasan dan pencetakan dalam pembuatannya. Biskuit sendiri dikategorikan menjadi 4 jenis, yaitu biskuit keras, crackers, cookies dan wafer.


Biskuit keras adalah biskuit manis yang bertekstur padat, berbentuk pipih, dan memiliki kadar lemak tinggi maupun rendah. Sementara crackers adalah jenis biskuit yang terbuat dari adonan keras melalui proses fermentasi, memiliki bentuk pipih yang rasanya mengarah asin dan juga relatif renyah, dan tekstur dalamnya berlapis.


Cookies merupakan jenis biskuit yang dibuat dari adonan lunak, bertekstur renyah, memiliki kadar lemak tinggi, dan tekstur di dalamnya kurang padat. Dan wafer, merupakan jenis biskuit yang dibuat dari adonan cair, bertekstur renyah dan berpori-pori kasar.


Biasanya, makanan satu ini tidak hanya dijadikan sebagai dessert, namun juga sering dinikmati sebagai kudapan.


5. Aneka Pie



Jenis dessert ini memiliki tampilan yang terdiri dari dua lapisan dan merupakan makanan yang terdiri dari kulit kering yang bertekstur renyah dengan isi yang beraneka ragam. Mulai dari buah, coklat, vla susu, kacang, dan lain-lain.


Biasanya untuk pie yang berisi buah, dipotong-potong dadu dan ditambah gula serta air atau dicampur dengan bahan lainnya. Kemudian dimasak dengan dipanggang bersamaan dengan kulit pie. Dan pai buah biasanya disajikan dengan es krim.


Di Indonesia sendiri dikenal pie susu yang berbeda dengan pie pada umumnya. Ukuran pie susu ini juga lebih kecil serta pinggirannya cenderung tipis dan kering sehingga dapat awet dalam waktu 5 hari dalam suhu ruangan.


6. Coklat dan Permen



Pembuatan jenis dessert yang satu ini melalui proses kristalisasi gula. Ukuran kristal gula yang digunakan juga menghasilkan berbagai varian permen dengan tekstur berbeda.


Beberapa dessert yang termasuk ke dalam tipe coklat dan permen, diantaranya adalah karamel, lolipop, praline atau olahan coklat berbagai bentuk yang diisi dengan beragam filling rasa), marshmallow, dan permen kapas atau gulali.


7. Pastry



Dessert ini adalah kue panggang yang dibuat dari tepung terigu, gula, susu, mentega, lemak, bubuk pengembang dan telur. Pastry ini juga mirip dengan adonan dari produk roti. Namun, pastry berbeda dengan roti karena pastry mengandung lemak lebih tinggi. Dan pembuatan jenis dessert ini lumayan rumit, karena perlu diolah dengan lembut untuk menghasil tekstur yang ringan dan renyah.


8. Dessert Box



Makanan penutup satu ini sangat viral sejak tahun 2020 dan sering kita temukan di media sosial. Tak jarang orang menjual dan me-review dessert box ini. Makanan penutup yang biasa dipadukan dengan krim, kue, biskuit, dan puding menjadi satu dan dikemas dalam box bening.


Untuk mengetahui rasa serta tekstur dari Dessert Box ini, Jofiers bisa mencobanya di Jofie yang memiliki beberapa varian. Mulai dari Dessertbox Kit Kat, Dessertbox Beng Beng, Dessertbox Silverqueen, Dessertbox Cadbury.


Pasti penasaran dong gimana rasa dari masing-masing Dessert Box dari Jofie? Untuk menjawabnya, Jofiers bisa mencoba makanan penutup satu ini. Bisa pemesanan melalui chat Whatsapp 08126315552 atau pesan melalui GrabFood dan Gojek dengan mencari ‘Jofie Bakery’.


Kini Jofiers sudah tahu, kan, aneka jenis dessert. Gimana, lezat-lezat banget, kan? Buat Jofiers yang pecinta makanan manis, mana yang menjadi favoritmu, nih? Selamat berburu dessert!


#jofiebakery #dessertbox #makananpenutup

16 views0 comments