Search

Tips Baking Anti Gagal Bagi Pemula

Jofiers, tahu tidak? Sering sekali kita mengalami masalah pada baking, seperti misalnya kue bantat, tidak mengembang, keras hingga gosong. Kegagalan tersebut bisa terjadi karena faktor peralatan, bahan maupun caranya. Sebab baking tidak bisa dilakukan secara asal-asal. Salah sedikit, hasilnya akan gagal.


Beberapa mungkin menganggap remeh, namun hal tersebut bisa membuat hasil kue jadi gagal total. Mulai dari mengukur bahan tidak tepat atau menggunakan bahan tidak sesuai.


Walaupun begitu, ada hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat hasil baking anti gagal. Apa saja, ya? Ini beberapa tips untuk kamu yang ingin mencoba membuat kue bagi pemula:


1. Mengikuti Resep



Tidak seperti memasak makanan lainnya yang dapat dikreasikan dengan lebih bebas, membuat kue memerlukan segalanya dalam bentuk yang akurasi.


Tingkat peluang sukses saat baking tinggi, sebaiknya para pemula menggunakan resep dengan tingkat yang mudah. Atau jika resep yang mudah masih terasa sulit, Jofiers bisa menggunakannya mulai dengan tepung premix instan. Setelah menemukan resep yang pas, ikuti dengan seksama. Mulai dari memilih jenis bahan, berat, ukuran bahan, hingga cara persiapan dan pembuatan. Seperti menggunakan telur dalam suhu ruangan, maka lakukan dengan tidak menggunakan telur dingin.


Hal tersebut membuat Jofiers bisa terbiasa dengan proses baking, mulai dari cara membaca resep, mempraktikkannya secara satu-persatu, cara memegang peralatan, memperhatikan tekstur adonan yang bagus, hingga proses pembakaran atau pengukusannya. Setelah terbiasa, Jofiers akan terasa lebih mudah mencoba resep yang lain.


2. Perhatikan Detailnya



Tips kedua ini masih berhubungan dengan resep, namun lebih meliputi teknis pengaplikasiannya. Sebelum membuat adonan, pastikan kamu sudah menyiapkan peralatan dan bahan kue sesuai dengan resep. Selain itu, gunakan bahan dengan takaran yang tepat. Termasuk pada mentega, gula, dan garam dalam adonan.


Kamu juga perlu memiliki timbangan dapur agar semua bahan memiliki takaran yang tepat. Karena sedikit saja salah ukur, maka rasanya tidak akan sempurna dan tidak bisa diubah lagi, kecuali kamu ingin membuat adonan baru.


Dan jangan lupa untuk memperhatikan bahan yang ingin digunakan, pastikan tidak kadaluarsa atau mendekati waktunya. Dengan begitu, hasil kue akan maksimal.


3. Manfaatkan Peralatan yang Ada



Baking juga memerlukan berbagai peralatan, seperti mixer untuk mengocok telur, timbangan untuk mengukur bobot bahan, oven untuk memanggang dan sebagainya. Banyaknya peralatan yang dibutuhkan terkadang membuat pemula kebingungan. Namun, kamu tidak perlu khawatir jika salah satu yang dibutuhkan tidak tersedia, Jofiers bisa menggunakan cara lain.


Seperti misalnya, oven yang ingin digunakan sedang rusak. Jofiers bisa memanfaatkan resep-resep kue yang pembuatannya dikukus.


4. Gunakan Suhu yang Tepat



Hal ini juga menjadi faktor kedua yang menjadi penentu gagal atau tidaknya hasil baking, yaitu proses pembakarannya. Jadi, kalau kamu sering bolak-balik buka oven sebelum waktunya, tidak heran kue kamu tidak mengembang sempurna. Karena membuka oven saat kue sedang dibakar akan membuat udara dari luar bercampur dengan suhu oven, akibatnya temperatur saat pembakaran tidak lagi pas.


Biarkan oven tertutup selama waktu pembakaran. Jika ingin mengecek kuenya, cukup melihat dari kaca oven saja. Apabila sudah waktunya dan yakin kue sudah matang, Jofiers boleh keluarkan kue dari oven dan letakkan pada tatakan kue pilihan.


5. Setelah Kue Matang



Seperti steak yang membutuhkan waktu untuk resting, kue juga memiliki hal yang sama.


Kamu tidak bisa langsung mengangkat atau mengganti tempat kue sesaat setelah matang. Diamkan kue sebentar sampai hangat atau tidak terlalu panas lagi. Setelah itu, kamu bisa memindahkannya ke tempat lain. Jika langsung memindahkannya, maka kue bisa rusak dan bagian luarnya bisa rontok.


Maka, perlu menunggu setelah kue matang untuk memberikan kesempatan pada kue sehingga adonan lebih mantap saat akan dipindahkan atau dihias.


Nah, itulah beberapa tips baking anti gagal bagi pemula yang bisa kamu coba. Mudah, bukan? Kalau Jofiers, apakah sudah pernah mengalami gagal buat kue? Bisa ceritakan pengalamanmu di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih.


#jofiebakery #kueultahmedan #baking #homemade #cake #homebaker

13 views0 comments