Search

Oleh-oleh Khas Medan yang Enak & Perlu Dibawa Pulang

Banyak yang mengakui, Kota Medan menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi sudah menjadi rahasia umum kalau kota wisata di Indonesia ini memiliki kuliner khas dan oleh-oleh lain untuk dibawa pulang. Maka dari itu belum lengkap rasanya jika meninggalkan kota kuliner ini tanpa membawa sebuah cerita dan rasa yang ada di kota ini. Bagi teman-teman Jofiers yang ingin menikmati oleh-oleh, jangan lupa untuk mencicipi oleh-oleh khas Medan untuk orang yang kamu sayangi.


Penasaran apa saja oleh-oleh khas Medan yang bisa kamu bawa? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut:


1. Bika Ambon



Banyak orang yang beranggapan bahwa Bika Ambon berasal dari Ambon karena namanya. Namun, aslinya makanan ini berasal dari Kota Medan. Tekstur yang dimiliki Bika Ambon adalah berserat dengan rasa legit yang terbuat dari tepung tapioka, gula, santan, telur serta air nira yang digunakan asli Sumatera. Sehingga membuat kelezatan pada Bika Ambon.


Banyak yang mengatakan Bika Ambon itu enak jika memiliki serat yang sempurna di bagian dalam, serta rasanya lembut dan sensasi lemak saat dimakan. Untuk rasa, saat ini Bika Ambon dibagi menjadi beberapa pilihan rasa seperti keju, moka, pandan, dan pandan keju.


2. Bolu Gulung Meranti



Oleh-oleh satu ini merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak diburu oleh wisatawan. Berbeda dengan bolu lainnya, Bolu Meranti ini dikenal dengan teksturnya bolu yang lembut dan rasanya yang enak serta banyak, seperti coklat, keju, moka, stroberi, nanas, dan kacang. Namun, varian rasanya yang paling populer dari Bolu Meranti adalah bolu keju nya.


Tidak heran kalau toko kecil ini sering ramai dikunjungi pembeli hampir setiap harinya. Untuk request, kamu juga bisa menambah topping meses, keju atau kacang di atas bolu seperti pilihan kamu.


3. Pancake Durian Medan



Banyak dari teman-teman Jofiers pasti menyukai buah durian. Nah, oleh-oleh satu ini berbahan utama durian dan menjadi favorit para pecinta durian. Belakangan ini, Pancake Durian Medan menjadi oleh-oleh khas Medan yang lagi booming. Tidak seperti dengan bentuk pancake pada umumnya, Pancake Durian Medan ini berbentuk seperti dadar gulung yang terbuat dari kulit adonan tepung diisi dengan daging durian asli serta vla atau whipped cream. Untuk rasa tidak perlu diragukan lagi, sudah pasti enak.


4. Ikan Teri Medan



Bagi kamu yang menyukai kuliner dengan rasa asin, oleh-oleh ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dibawa pulang. Ikan teri ini menjadi makanan favorit masyarakat lokal dan bisa ditemukan di seluruh pasar tradisional di Medan, salah satunya Pasar Sentral yang menjadi pusat pedagang ikan teri. Teri Medan ini juga menawarkan dalam dua jenis, yaitu Teri Medan yang bisa dibawa pulang dalam kondisi mentah atau Teri Medan yang sudah matang berupa sambal teri yang biasa dipadu dengan kacang.


Biasanya, Ikan Teri Medan ini menjadi lauk utama yang dimakan bersama nasi hangat.


5. Sirup Markisa



Tidak hanya durian saja yang bisa diolah menjadi oleh-oleh, buah Markisa ini juga bisa diolah menjadi minuman sirup. Sirup ini dikenal dengan rasanya yang manis dan segar serta kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi. Di Medan, buah markisa hanya tumbuh di Dataran Tinggi Karo, Berastagi, sehingga sering menjadi produk unggulan wilayah tersebut.


Oleh-oleh ini bisa bertahan lama dan pas untuk kamu yang ingin membawa oleh-oleh Medan ke luar kota. Dan cocok diminum saat siang hari di tengah cuaca yang panas.


6. Lemang



Makanan tradisional satu ini berbentuk seperti lontong dengan bahan-bahannya yang terbuat dari santan, ketan putih, garam, serta daun pisang sebagai pembungkus agar lemang bisa dibakar. Untuk memasaknya, lemang dimasukkan kedalam bambu baru dimasak dengan api. Bahkan ada juga yang memasaknya dengan cara memasukkan adonan lemang ke dalam bambu, baru dimasak api. Pada rasanya, lemang memiliki rasa khas gurih dan lezat.


Biasanya, Lemang menjadi makanan saat berbuka puasa dan sahur karena dibuat dengan ketan yang mengandung karbohidrat. Dan lemang ini juga bisa dimakan langsung di tempat penjualnya.


7. Lapis Legit



Kue tradisional ini bukan asli Indonesia, namun juga mendapat pengaruh kebudayaan Belanda. Lapis Legit juga menjadi salah satu ‘Cake of The World’ terlezat asal Indonesia menurut CNN pada tahun 2017. Bahan yang umum digunakan adalah mentega, margarin, gula halus, susu bubuk, tepung terigu, telur dan tambahan kayu manis dan cengkeh.


Saat ini Lapis Legit juga menawarkan dengan beberapa topping di atasnya, membuatnya semakin mempesona.


8. Buah Durian



Kelezatan durian memang tidak bisa ditolak. Buah yang tak hanya bisa menjadi olahan ini juga bisa menjadi oleh-oleh langsung dari buah asli durian. Jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh, kamu tidak perlu khawatir karena Durian akan dikemas dengan rapi dalam kotak yang rapat dilengkapi daun pandan juga kopi yang membuat aromanya tersamarkan.


9. Kopi Sidikalang



Oleh-oleh ini merupakan salah satu kopi khas Nusantara yang terkenal. Bagi para pecinta kopi, pasti tahu jenis kopi-kopi terbaik dari Sumatera, salah satunya adalah kopi Sidikalang yang menjadi salah satu dari tiga wilayah di Sumatera utara yang penghasil kopi dengan cita rasa yang unik. Selain Sidikalang, ada Mandailing dan Lintongnihuta.


Berbeda dengan kopi pada umumnya, kopi dari Sumatera Utara dikenal punya tekstur yang halus dan bercita rasa kompleks. Kebanyakan kopi di wilayah ini diolah secara kering dan basah. Sehingga menciptakan aroma kopi yang khas dan unik.


Salah satu dari keunikan Sidikalang ini ada pada kopi robusta, yang memiliki aroma dan cita rasa seperti dengan robusta di wilayah atau negara lain. Mirip dengan cita rasa yang mirip coklat dan sedikit manis. Namun, wangi yang dihasilkan kopi robusta Sidikalang ini tidak terlalu tajam.


10. Ikan Sale Medan



Oleh-oleh ini berasal dari kawasan pinggiran pantai Medan. Uniknya, cara memasaknya yaitu dengan dijemur kemudian diasapi. Jenis ikan sale yang digunakan juga ikan lele limbat yang berukuran besar.


Untuk mendapatkannya, kamu bisa menemukannya di pasar tradisional atau gerai tertentu. Untuk harga, ikan sale ini juga cukup terjangkau. Ikan sale akan tahan lebih lama dari olahan ikan biasa jika disimpan secara benar.


Nah, itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Medan yang bisa kamu bawa untuk orang-orang tersayang. Kamu bisa menemukannya di toko oleh-oleh yang terkenal di Medan. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan tetap aman dimanapun kamu berada. Semoga bermanfaat. Terima kasih!


#jofiebakery #kueultahmedan #customcake #foodblogger #oleholehkhas #durianmedan #kuliner #oleholehmedan #kulinermedan #makananenak #blogger #kotamedan #medanfood #medaneating

59 views0 comments