Search

Makanan Khas yang Perlu Dicoba di Medan

Ada banyak hal yang bisa Jofiers lakukan saat berada di Medan, loh! Selain mendatangi tempat-tempat wisata alamnya dan keragaman budayanya, kamu juga bisa menikmati kekayaan kuliner khas Kota Medan yang perlu dicoba dan wajib masuk ke daftar kegiatan liburan.


Medan memiliki keunikan tersendiri pada cita rasa, bahan dan kualitas yang tinggi, setiap makanan khas Medan. Mulai dari yang manis, legit, hingga rasa yang belum pernah Jofiers rasakan sebelumnya.


Tertarik untuk mencoba makanan khas Medan? Yuk, kita lihat beberapa ulasannya dibawah ini!


1. Lontong Medan



Indonesia memang terkenal banget dengan lontong sayurnya yang enak, salah satunya yaitu Lontong Medan. Uniknya, makanan yang biasa menjadi sarapan pagi ini memakai bihun dan sayur nangka kuah kuning, labu, sayur labu siam, wortel serta kacang panjang sebagai isinya. Bisa menambah lauk lain seperti telur balado, rendang daging, kering tempe teri kacang dan kacang tanah goreng. Selain itu juga memakai udang dan tauco sehingga menambah rasa gurih dan nikmat.


Dengan harga yang relatif murah, kamu sudah bisa menikmati Lontong Medan ini. Ohya, Lontong ini juga menjadi hidangan utama yang tidak pernah absen saat lebaran, loh!


2. Mie Gomak



Banyak yang bilang Mie Gomak merupakan Spaghetti ala orang Medan karena bentuknya yang mirip seperti lidi. Dinamakan Mie Gomak karena cara penyajiannya yang digomak-gomak atau digenggam dengan tangan. Walaupun saat ini banyak yang tidak lagi mengikuti cara tersebut. Makanan khas ini berasal dari wilayah yang cukup terkenal yaitu Balige, Danau Toba.


Mie Gomak dimasak dengan cara ditumis bersamaan dengan bumbu yang pekat dan kuah daging serta telur rebus. Untuk penyajiannya, kamu bisa mencoba Mie Gomak goreng atau kuah lontong yang diguyur bumbu kacang dan bumbu khasnya, yaitu jeruk andaliman.


Biasanya, Mie Gomak disajikan bersamaan dengan gorengan, seperti ubi goreng, goreng pisang, godok-godok, tempe goreng dan tahu goreng serta telur rebus.


3. Soto Medan



Medan juga punya masakan soto yang enak, namun bedanya terletak pada kuah sotonya. Kuah Soto Medan ini memiliki ciri khas kuah santan yang berwarna kuning kental dan menggunakan bumbu rempah. Isian yang ada pada Soto Medan ini juga variatif, mulai dari daging suwir seperti sapi ayam, udang serta dihidangkan secara bersamaan dengan tauge, telur, perkedel dan lontong.


Biasanya Soto Medan disajikan saat baru dimasak dan disantap bersamaan dengan nasi sewaktu suasana sedang dingin.


4. Mie Balap Medan



Mie Balap merupakan salah satu sarapan favorit warga Kota Medan. Sebutan Mie Balap ini berawal dari cara memasaknya yang cepat seperti sedang balapan atau tidak lebih dari 5 menit. Mie Balap dimasak secara bersamaan dengan racikan bumbu spesial dan kemudian disajikan di atas selembar pincukan daun pisang.


Keberadaan penjual Mie Balap ini sudah dimana-mana dan mudah ditemui. Biasanya mie yang digunakan ada beberapa pilihan, seperti mie kuning, mie bihun dan kwetiau.


5. Bihun Bebek



Bihun memang sering dijadikan bahan pangan yang bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis masakan. Di Medan, kamu bisa mencoba salah satu makanan kuliner yang menggunakan bihun sebagai bahan utamanya dan daging bebek. Bihun ini terbuat dari campuran tepung beras dan tepung kanji sehingga ketika dimasak tekstur rasanya kenyal dan mirip makanan tanghun.


Saat dihidangkan, Bihun Bebek ditabur kucai atau bawang putih cincang yang digoreng kering dan diguyur kuah yang menjadi menu pelengkapnya. Kuah bihun dibuat dari kaldu rebusan bebek yang tidak mengandung banyak minyak dan lemak. Bagi kamu yang menyukai pedas, bisa menambah Bihun Bebek dengan sambal yang rasanya pedas bercampur asam.


6. Kolak Durian



Selain dijuluki Kota Melayu Deli, Medan juga sering disebut Kota Durian oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena Medan menjadi salah satu kota penghasil buah durian yang legit, manis dan wanginya yang khas. Bagi pecinta durian, kamu sudah pasti pernah mencoba kuliner yang berbahan dasar durian ini, yaitu kolak durian.


Untuk pembuatannya, Kolak Durian ini dibuat dari campuran ketan putih yang dikukus, kolak pisang kepok, jagung manis rebus, gula aren, santan kelapa dan daging buah durian. Tak lupa menambah es batu yang membuat kolak terasa segar. Cocok untuk menemani kamu saat siang hari di cuaca panas.


7. Sate Kerang Medan



Dulu, makanan sate kerang banyak dijual oleh pedagang-pedagang keliling, namun saat ini sudah banyak kedai-kedai makan sederhana yang menjual makanan khas Medan ini. Uniknya, sate kerang ini tidak dibakar seperti sate ayam atau sate kambing.


Dari rasanya, sate kerang ini juga berbeda dengan sate pada umumnya. Karena sate kerang ini dibuat dengan bumbu khusus seperti di rendang, namun tidak memakai santan. Sate Kerang Medan ini memiliki rasa antara daging kerang dan bumbu-bumbu seperti cabe merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, lengkuas, dan jahe. Rasanya pun gurih dan nikmat, ditambah hidangan dengan nasi panas yang pas banget menemani waktu lapar kamu.


8. Sate Padang Medan



Sate ini juga menjadi salah satu menu makanan yang paling digemari di Medan karena rasanya. Saat ini, banyak sate padang yang kita temukan dengan beberapa variasi rasa, seperti campuran dengan sate kacang. Ciri khas dari Sate Padang Medan ini adalah tekstur dagingnya yang besar dan tebal. Bumbunya sendiri terasa pedas dengan kombinasi rasa cabai, bawang dan merica yang kuat. Sangat cocok dihidangkan bersama lontong atau nasi.


Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan khas di Medan yang perlu kamu coba. Cukup beragam, bukan? Namun, kalau Jofiers ingin mencoba custom cake, kamu bisa mengunjungi outlet Jofie terdekat. Selain custom cake, Jofie juga menawarkan cake bolu dan roti yang berkualitas tidak pakai mahal. Untuk pemesanan online bisa menghubungi melalui Whatsapp 08126315552 atau GrabFood dan Gojek.


Tetap ingat, perhatikan makanan dan jaga kesehatan dimanapun kamu berada, ya! Semoga bermanfaat. Terima kasih.


#jofiebakery #kueultahmedan #customcake #makanan #makanankhas #makananenak #makananindonesia #kulinermedan #foodblogger #foodie #delicious #foodlover #foodies #tasty

64 views0 comments