Search

Cobain! Menu dan Tempat Sarapan Pagi di Medan

Updated: Jun 22, 2021

Sebagai salah satu kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, Medan menjadi salah satu surganya kuliner. Banyaknya etnis dan suku di Medan, membuat kota ini turut beragam. Mulai dari masakan Nusantara, Timur hingga masakan Cina. Untuk pengunjung, terutama yang berasal dari luar Medan bisa mencoba kuliner sekaligus sarapan pagi.


Di Kota Medan, menu sarapan sangat beragam dan sering kita temui berjualan dipinggir jalan, seperti nasi gurih, lontong, soto, mie balap hingga bubur. Semuanya terlihat menarik.


Untuk Jofiers yang bingung mencari sarapan di Medan, cocok banget nih Jofie akan rekomendasiin menu dan tempat sarapan di Medan. Apa saja? Yuk, kita lihat!


1. Soto Kesawan Medan



Biasanya kita melihat udang disajikan dengan cara ditumis atau makan soto dengan menggunakan daging ayam. Namun di warung Soto Kesawan ini kamu akan merasakan sensasi makanan keduanya yang berbeda. Disini kamu akan menemukan menu Soto Udang yang rasanya tidak perlu diragukan lagi. Apalagi disajikan dengan kuah hangat yang cocok ditemani nasi hangat.


Atau bagi kamu yang alergi atau tidak terlalu suka udang, Warung Soto Kesawan ini juga menyediakan soto dengan isian daging ayam. Atau pengunjung bisa meminta sotonya dicampur dengan kedua daging tersebut. Untuk kuah, Soto Kesawan ini lebih pucat namun rasanya gurih dan ringan. Mereka juga menawarkan cemilan pendamping seperti peyek udang dan perkedel kentang.


Menarik banget, ya? Ingin mengunjunginya kamu bisa ke Soto Kesawan Medan di Jalan Ahmad Yani dan mereka sudah buka jam 08.00 pagi.


2. Lontong Kak Lin



Menu sarapan berkuah ini sangat terkenal di Medan dan banyak diminati. Salah satu yang menjual menu sarapan ini adalah Warung Lontong Kak Lin yang sudah terkenal di Medan. Tidak seperti warung tenda, Lontong Kak Lin ini berada di sebuah ruko dan sudah berdiri sejak tahun 1994.


Tidak hanya menawarkan lontong sayur biasa, mereka juga menawarkan Lontong Pecal, Lupis, hingga Nasi Gurih yang bisa disantap untuk sarapan pagi ataupun makan siang. Untuk hidangan pelengkapnya, mereka juga menawarkan sate kerang yang semakin menambah rasa gurih dan pedas.


Ingin mencobanya? Kamu bisa mengunjungi Lontong Kak Lin di Jalan Teuku Cik Ditiro dan mulai buka sejak pagi pukul 06.30 hingga sore pukul 18.00.


3. Mie Balap Wahidin



Mie yang dimasak cepat atau balap ini memang sering menjadi salah satu pilihan menu sarapan masyarakat Medan. Salah satu penjual mie balap favorit di Kota Medan adalah Mie Balap Wahidin. Mie Balap yang dijual di gerobak ini masih menggunakan teknik memasak lama, yaitu digoreng di atas kuali dengan tungku batu dan kayu sebagai bahan bakarnya.


Mie Balap Wahidin menawarkan menu mie tiaw dan bihun polos yang hanya digoreng tanpa telur atau bisa dengan telur, seafood hingga bakso. Mereka dikenal karena menambahkan kuah sambal khas yang jika dicampurkan dengan mie yang baru digoreng akan terasa lebih nikmat. Rasanya memang tidak terlalu pedas, namun sekali dicoba akan membuatmu ketagihan.


Untuk mencobanya, kamu bisa datang ke Mie Balap Wahidin di Jalan Wahidin, Simpang Jalan Gajah, Medan. Mereka mulai buka dari pukul 07.30 pagi hingga 09.45. Jika tidak mau mengantri, di sarankan kamu datang lebih pagi, ya!


4. RM Sinar Pagi



Tempat makan sarapan ini sudah berdiri kurang lebih 50 tahun dan sudah banyak penggemarnya. Bukan hanya soal rasa, penampilan dari salah satu menunya yaitu Soto Medan juga sangat menggugah selera. Ciri khas dari Soto Medan ini ada pada kuahnya yang berwarna kuning kehijau-hijauan dan dibuat dari santan serta rempah-rempah. Yang membedakan Soto Medan dengan soto lainnya dari penggunaan jintan pada bumbunya.


Rasa Soto Medan ini sangat khas dan lezat dengan kuah santannya yang kental dan kaya rempah serta disajikan bersamaan dengan potongan daging sapi, perkedel, rempeyek dan sambal kecap. Tak lupa diberi taburan bawang goreng.


Kamu bisa mencoba RM Sinar Pagi yang berada di Jalan Sei Deli No. 2D, Silalas, Medan Barat, Kota Medan. Mereka mulai buka dari pukul 07.00 pagi hingga 15.00 sore.


5. Bihun Bebek Asie Kumango



Tempat makan satu ini telah ada sejak tahun 1930 atau bisa dibilang tempat makan ini kurang lebih sudah 88 tahun. Seperti kedai pada umumnya, bangunan Bihun Bebek Kumango ini berdominasi warna putih dan dindingnya dihiasi pernak-pernik etnik seperti keramik serta deretan meja bundar yang menambah kesan klasik.


Menu utama yang mereka tawarkan adalah bihun bebek. Satu mangkuk porsi bihun berisi irisan daging bebek yang melimpah, sawi, daun bawang, dan bawang putih goreng. Pengunjung juga diperbolehkan untuk memesan lauk tambahan seperti hati atau ampela Kaldu yang mereka siapkan juga tidak terlalu kental dan tidak encer. Olahan sari pati bebek membuat warna kuahnya terlihat pekat.


Tertarik untuk mengunjunginya? Kamu bisa datang ke Bihun Bebek Asie Kumango di Jalan Kumango No. 15, Medan, Sumatera utara. Mereka buka mulai hari Senin - Sabtu pukul 06.30 pagi sampai 23.00 malam.


6. Nasi Gurih Tenda Biru Mona / Nenek Medan



Warung ini bukan sembarang tenda biru karena nasi gurihnya yang terkenal enak harum. Untuk yang pecinta pedas, warung Nasi Gurih Tenda Biru ini salah satu jawabannya. Outletnya cukup luas dan tersedia lahan parkir. Cocok untuk tempat sarapan ramai-ramai bersama teman dan keluarga.


Menu andalan yang mereka berikan berupa lontong dan nasi gurih. Eits… Tenang, tidak seperti pada umumnya, mereka menyediakan lauk yang beragam. Mulai dari telur balado, rendang sapi, sate telur puyuh, perkedel, ayam goreng hingga aneka ikan goreng yang bisa kamu pilih sesukamu. Selain itu, mereka juga menyediakan aneka sayur lengkap dengan sambal cabai merah yang enak dan nikmat.


Penasaran, dong? Bisa kunjungi Nasi Gurih Tenda Biru Mona / Nenek di Jalan Yos Sudarso No. 9F Medan. Mereka mulai buka dari pukul 07.00 pagihingga pukul 11.00 siang. Setelah itu mereka akan buka lagi dari pukul 17.00 sore hingga pukul 23.00 malam.


Nah, itulah beberapa menu dan tempat sarapan di Medan. Mantep-mantep banget, kan? Penasaran dengan rasanya? Kamu bisa mencobanya satu-persatu. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan selalu patuhi prokes, ya! Terima kasih.


#jofiebakery #kulinermedan #sarapanpagi #makanenak #makananmedan #sarapanmedan #foodblogger #makananhalalmedan #beritamedan

7 views0 comments