Search

Bahan Kue Pengganti Telur untuk Vegan Friendly

Seperti yang kita tahu, telur merupakan bahan yang paling penting dalam pembuatan kue. Dengan telur, kue akan memberikan struktur khas, melembutkan serta membuat kue mengembang dengan sempurna. Namun bagi seorang vegan yang berarti tidak mengkonsumsi apapun yang berbahan dasar hewani termasuk telur, bukan berarti tidak bisa menikmati sepotong kue.


Setelah membaca ini, Jofiers tidak perlu khawatir. Karena kamu bisa menggantikan telur dengan mencoba beberapa bahan lainnya. Apa saja? Yuk lihat!


1. Flax Seeds



Biji rami ini berasal dari tanaman rami (tanaman pembuat kain linen) yang memiliki tinggi serat dan antioksidan. Biasanya, flax seeds dijadikan taburan dalam smoothie, pancake atau roti dan campuran salad. Kamu juga bisa mendapatkan rasa khas kacang dari campuran ini yang tentunya membuat kue semakin lezat.


Cara menggunakannya adalah dengan mencampur 1 sendok makan flax seeds bubuk dan 2 setengah sendok makan air. Kemudian diamkan selama lima menit.


Selain itu, kegunaan flax seeds sama seperti telur, yaitu memberikan kelembutan pada kue. Namun, flax seeds tidak ampuh di semua resep kue yang membutuhkan banyak bahan telur.


2. Aquafaba



Aquafaba merupakan hasil rendaman dari kacang arab kalengan. Bahan ini memiliki tekstur yang mirip dengan putih telur yang diaduk. Bahan ini mengandung jumlah karbohidrat yang relatif tinggi. Kegunaan dari aquafaba pada kue bisa mengikat, mengentalkan, dan menambah kelembaban pada kue dan tekstur adonan menjadi lebih baik.


Selain itu, aquafaba menjadi bahan pengganti sempurna karena kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas seperti menyimpan sekotak telur.


Untuk penggunaan aquafaba ini bisa untuk banyak makanan, seperti macarons, marshmallow, dan icing. Bahan ini juga digunakan pada resep pancake, waffle, dan kue.


3. Pisang



Buah satu ini memang sering digunakan sebagai bahan pengganti telur. Tekstur pisang yang padat, kental, dan sedikit lengket ini cocok untuk membuat adonan muffin, kue bolu, pancake dan roti. Namun, pisang tentu akan mengubah rasa kue. Selain itu, pisang juga dapat menambah rasa manis natural sehingga Jofiers bisa mengurangi jumlah gula yang digunakan dalam adonan.


4. Saus Apel



Tak hanya buah pisang, buah apel juga sering dijadikan sebagai bahan pengganti telur dalam bahan membuat kue. Manfaat dari saus apel ini bisa menjadi pengganti minyak di dalam adonan kue yang membuat adonan kue menjadi lebih kenyal namun sangat lembut.


Untuk penggunaannya, kamu bisa menggunakan setengah empat cup sebagai pengganti satu buah telur dalam resep kue. Namun, tetap sesuaikan dengan kuenya ya. Karena mungkin beberapa resep kue yang kamu buat tidak cocok dengan rasa apel.


5. Tahu Sutra



Bahan satu ini adalah jenis tahu dengan kandungan air yang lebih tinggi. Manfaat tahu sutra memberikan kue terasa lebih ringan dan lembut dibandingkan tahu lain. Walaupun tahu sutra hampir tidak memiliki rasa, namun tahu ini juga akan memberikan tekstur yang lebih padat pada makanan yang dipanggang


Untuk penggunaannya, tahu sutra bisa digunakan pada resep roti, brownies, biskuit, dan kue kering. Kamu bisa mengganti seperempat cangkir tahu sutra untuk setiap satu butir telur.


6. Baking Soda dan Cuka



Kedua bahan ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk makanan penutup seperti kue mangkok. Baking soda dan cuka ini bisa membuat tekstur kue menjadi ringan dan lembut. Selain menjadi pengganti telur, baking soda dan cuka juga bisa menjadi pengganti baking powder.


Untuk penggunaannya, cukup aduk satu sendok teh soda kue dengan satu sendok makan cuka untuk setiap satu butir telur. Kedua bahan ini akan menghasilkan karbon dioksida dan air.


7. Minyak



Kamu juga bisa menggunakan bahan ini sebagai pengganti telur dan mentega dalam resep kue. Minyak yang digunakan juga tidak sembarang, yaitu minyak tak berbau atau seperti jenis canola, jagung, grape seeds.


Untuk penggunaanya, kamu bisa menambahkan 2 sendok makan air dan 2 sendok teh baking powder untuk setiap 1 sendok makan minyak dalam resep kue kering, muffin, soda bread sebagai pengganti satu butir telur.


Nah, itulah beberapa bahan yang bisa menjadi pengganti telur bagi kamu yang seorang vegan. Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin buat kue di rumah, ya! Selamat mencoba. Terima kasih.


#jofiebakery #kueultahmedan #healthyfood #baking #homemade #kuevegan #veganfriendly #foodblogger

59 views0 comments