Search

Asal Usul dan Sejarah Ukuran dari Cupcake

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan kue mini di dalam cup ini? Kue yang disebut dengan Cupcake sudah dikenal sejak abad ke-19 loh, Jofierss! Cupcake memiliki ukuran mini yang memiliki hiasan warna-warni nan lucu ini sangat populer di Amerika, bahkan setiap tanggal 15 Desember ditetapkan sebagai hari cupcakes nasional.



Di Inggris dan Australia, cupcake dikenal dengan nama fairy cake karena ukurannya yang mungil. Nah, dari cerita singkat di atas, Jofiers penasaran tidak bagaimana awal mula terciptanya Cupcake ini? Yuk, kita bahas disini!


Asal Usul Cupcake


Awalnya Cupcake berkembang di Amerika dan ukurannya tidak selamanya mini. Namun, karena bahan-bahan yang digunakan biasanya diukur dalam ukuran cup atau mangkok dan bukan ditimbang. Alhasil cupcake ini mendapat sebutan dengan cupcake.


Sementara resep Cupcake dikenal mulai pada tahun 1796 yang ditulis oleh Amelia Simms dalam American Cookery. Dia menuliskan resep dengan judul “Kue yang Dipanggang di dalam Cangkir Kecil”. Kemudian, pada tahun 1828, kata Cupcake mulai diperkenalkan dalam buku masak karya Eliza Leslie.


Pada tahun 1950-an, popularitas Cupcake mulai menurun dan hanya dianggap sebagai jajanan anak-anak. Namun, saat ini Cupcake sudah mendapatkan tempat di Indonesia. Dan saat ini, semakin banyaknya variasi resep dasar adonan dan hiasan Cupcake yang semakin kreatif dan lucu. Selain itu, Cupcake juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menggantikan kue tart dalam ukuran besar maupun bertingkat.


Baca juga: 5 Fakta Perbedaan Lapis Legit dan Lapis Surabaya


Baca juga: Produk Olahan dari Jofie, Ubi Ungu yang Warnanya Nyentrik!


Baca juga: Makanan Khas yang Perlu Dicoba di Medan


Awal Ukuran dari Cupcake


Menariknya, sebelum penemuan cup pan seperti saat ini, Cupcake dimasak dengan dipanggang menggunakan cangkir sebagai alat untuk mengukur bahan-bahannya. Alat untuk memanggang juga masih menggunakan tungku, sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat Cupcake ini.


Saat itu, orang akan membuat Cupcake dengan menggunakan cangkir dalam membuat resep cake seperti 1 cangkir mentega, 2 cangkir gula, 3 cangkir tepung, 4 buah butir telur, 1 cangkir susu, dan 1 sendok teh baking powder. Penggunaan resep cake tersebut selain simpel, namun juga mudah diingat.


Kemudian, seiring perkembangannya zaman, cetakan Cupcake dibuat dari kaleng untuk agar mempermudah membuat Cupcake. Alat tersebut diberi nama Muffin Pans. Apalagi dengan adanya microwave, maka akan semakin mampu menciptakan resep yang memungkinkan untuk mencampur dan memasak kue mangkuk dalam waktu kurang dari lima menit.


Dan keunggulan menggunakan alat Muffin Pans ini adalah Jofiers tidak perlu lagi memanggang Cupcake di dalam cangkir atau bahkan kaleng Cupcake.



Bagi Jofiers yang penasaran dan ingin mencoba bagaimana rasa kue mini ini bisa langsung ke outlet Jofie terdekat. Ada berbagai variasi Cupcake yang kreatif dan lucu juga, loh! Yuk, pesan sekarang juga tanpa ribet melalui Whatsapp Jofie 08126315552.


Semoga membantu!


#jofiebakery #customcake #minicake #cupcake

2 views0 comments