Search

Tradisi Unik Lebaran yang Biasa Dilakukan Masyarakat Indonesia

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri menjadi sebuah kemenangan bagi umat Islam setelah sebulan penuh berpuasa, dengan menahan lapar, haus, dan nafsu, serta memperbanyak amalan shaleh lainnya untuk mendapatkan ridha-Nya. Sehingga saat lebaran tiba terpancar aura kegembiraan dan kebahagiaan.



Nah, di Indonesia sendiri memiliki beberapa tradisi unik yang biasa dilakukan masyarakatnya, terkhususnya yang beragama islam. Tradisi tersebut seakan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan saat lebaran. Yuk, simak disini!


1. Mudik


Jelang lebaran, mudik seakan menjadi agenda penting yang dilakukan. Terutama bagi Jofiers yang tinggal jauh dari keluarga. Siapa yang tidak ingin melewatkan momen lebaran bersama keluarga di kampung halaman? Tentu saja kebanyakan dari kita ingin bertemu dengan keluarga.


Dan syukurnya, tahun 2022 ini peraturan mudik mulai diringankan dan dihimbau untuk melakukan mudik lebih awal demi menghindari kemacetan.


2. Ketupat dan Opor Ayam


Tak bisa dielakkan, ketupat dan opor ayam selalu menjadi sajian andalan saat lebaran. Walaupun terbilang memiliki cara penyajian yang berbeda pada setiap daerah, namun kedua makanan ini selalu menjadi sajian wajib saat perayaan lebaran. Bahkan tidak bisa dipungkiri, lebaran identik dengan ketupat, contohnya banyak gambar ketupat dipajang di pamflet dan baliho ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri.


3. Bagi-bagi THR


THR atau Tunjangan Hari Raya bukan hanya terjadi pada pekerja kantoran maupun perusahaan, namun THR bisa datang dari siapa saja. Bisa dari lingkungan keluarga, dari teman, maupun pihak yang lain. Hal itu tak lepas adanya keinginan untuk sama-sama membagi kebahagiaan, sehingga THR kadang menjadi momen paling ditunggu-tunggu.


4. Takbiran


Takbir berkumandang sebagai tanda kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh. Pada momen ini, masyarakat melakukan takbir dengan turun di jalan memakan kendaraan ataupun jalan kaki, sembari ada juga yang menyalakan obor. Bukan hanya itu, tapi juga ramai dikumandangkan di setiap masjid saat malam lebaran hingga hari esok hari H-nya lebaran.


5. Jalin Silaturahmi


Lebaran menjadi momen yang sangat penting untuk bersilaturahmi dengan keluarga maupun kerabat. Biasanya, ada tradisi sungkeman, yang mana anggota keluarga yang muda berjabat tangan dan mencium tangan anggota keluarga yang lebih tua atau dituakan.


Pada momen ini juga, Jofiers akan berkunjung ke rumah masing-masing dari anggota keluarga, bersilaturahmi sambil menyantap hidangan seperti ketupat ataupun kue, serta terjadi ucapan mohon maaf lahir batin.


Nah, itulah beberapa tradisi unik lebaran yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia. Semoga Jofiers bisa menikmati perayaan lebaran idul fitri tahun ini bersama keluarga, ya!


#jofiebakery #hariraya #lebaran #idulfitri1443h

8 views0 comments