Search

Tradisi Masyarakat Indonesia di Bulan Puasa Ramadhan

Sudah memasuki bulan Ramadhan, Jofiers tahu tidak kalau Indonesia memiliki tradisi khususnya bagi penganut Islam, yaitu beberapa tradisi di bulan Ramadhan. Beberapa tradisi ini menjadi kegiatan yang cukup unik dan menarik di setiap masing-masing daerah, loh.



Penasaran apa saja, tradisi masyarakat Indonesia di Bulan Puasa Ramadhan? Yuk, kita simak disini!

1. Berkeliling Membangunkan Sahur


Tradisi satu ini yang paling dirindukan saat bulan Ramadhan nih, Jofiers. Kegiatan tradisi ini dilakukan pada dini hari, sekitar jam 2-4 pagi untuk membangunkan orang untuk sahur dengan cara berteriak “sahur… sahur…” sambil memukul bedug dan berkeliling.


2. Ngabuburit


Kegiatan satu ini juga menjadi tradisi yang identik dengan bulan puasa Ramadhan. Biasanya, ngabuburit dilakukan pada sore hari atau tepatnya menjelang waktu berbuka. Ada beragam hal bermanfaat yang bisa Jofiers lakukan pada bulan Ramadhan, seperti membaca Al-Quran, menonton TV bersama keluarga, serta berburu takjil.



Nah, kalau Jofiers bingung mau cari takjil yang enak dengan harga hemat, bisa banget nih berburu takjil langsung di Jofie. Ada ragam jenis jajanan yang Jofiers pilih. Dan sudah tersedia di GrabFood dan GoFood juga, ya!


3. Sahur on the Road


Ramadhan adalah bulan baik dan penuh dengan keberkahan. Alangkah lebih baiknya lagi kalau kita memanfaatkannya dengan berbagi kebaikan dengan membagi-bagikan rezeki kepada sesama, seperti memberikan nasi bungkus saat sahur.


Biasanya, kegiatan ini dilakukan berkelompok loh, Jofiers.


4. Berbagi Takjil


Selain tradisi sahur on the road, Jofiers juga melakukan kebaikan dengan berbagi takjil atau makanan ringan secara gratis. Untuk menu takjilnya, pilih untuk menu yang beragam. Biasanya, menu takjil berupa 1 botol air mineral, kurma, roti, jajanan pasar hingga dessert yang manis.


Dan kegiatan berbagi takjil ini juga biasanya dilakukan di jalanan dan di masjid atau mushola.


5. Buka Puasa Bersama


Nah, tradisi satu ini sudah pasti tidak pernah ketinggalan, dong. Kegiatan ini juga memiliki sebutan gaulnya sendiri, yaitu "BukBer”. Selain menjadi tradisi masyarakat Indonesia di Bulan Ramadhan, kegiatan ini juga menjadi ajang reuni untuk bertemu teman-teman saat sekolah dahulu.


Nah, itulah beberapa tradisi masyarakat Indonesia di bulan Puasa Ramadhan. Semoga ditahun ini Jofiers bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik hingga tahun berikutnya. Selamat menunaikan ibadah puasa, Jofiers! 🙏🏻


#jofiebakery #ramadhan #bulanpuasa

22 views0 comments