Search

Tips Membersihkan Peralatan Pembuat Kue, Agar Tetap Terjaga

Kegiatan membuat kue memang bisa dilakukan kapan saja, terutama disaat bosan. Apalagi kalau membuatnya bersama-sama dengan keluarga. Tentunya menjadi hiburan tersendiri bagi anda yang juga memiliki hobi bereksperimen. Untuk bisa membuatnya juga membutuhkan peralatan yang khusus, seperti oven, mixer atau whisk, loyang hingga ayakan.


Namun, setelah kue selesai, terkadang kita malas untuk langsung membersihkan alat-alat dan wadah kotor bekas membuat kue sehingga sisa adonan akhirnya menempel dan mudah mengering. Hal itu akan membuat peralatan cepat rusak dan sarang bakteri.


Padahal untuk membersihkan peralatan pembuat kue juga tidak terlalu sulit, kok. Jofie akan menjelaskannya, nih, agar teman-teman juga bisa menjaga peralatan dalam kondisi baik dan aman. Simak sebagai berikut:


1. Loyang


Peralatan ini paling sering digunakan ketika membuat kue jenis apapun. Kalau sering dipakai, loyang akan menimbulkan bercak coklat atau hitam di setiap sudut loyang. Namun, anda tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa cara dan bahan untuk membersihkan loyang agar tetap bersih dan terawat dengan baik, yaitu:


  • Siapkan baking soda dan cuka.

  • Taburkan baking soda di atas loyang. Kemudian, tuangkan cuka hingga campuran baking soda menjadi seperti adonan atau pasta.

  • Oleskan campuran baking soda dan cuka ke semua permukaan secara merata.

  • Tunggu dan diamkan selama semalaman.

  • Setelah itu, kupas dan buang sisa pasta dengan menggunakan scrubber pad atau gosokan lembut.

  • Terakhir, bilas loyang dengan air hangat dan sabun. Loyang menjadi bersih dan terawat kembali.


2. Mixer atau Whisk


Walaupun alat ini tidak terlalu sering digunakan untuk pembuatan kue, tapi pasti ada suatu saat menggunakan mixer atau whisk. Dipakai atau tidak mixer juga tetap harus dibersihkan. Karena kemungkinan cipratan atau tumpahan bahan bisa mengendap di sela-sela mixer. Ditambah debu yang menempel akan berpengaruh pada kerja mixer. Jadi, ada baiknya kita mengetahui beberapa cara membersihkannya yang benar dan baik, sebagai berikut:


  • Gunakan air hangat dan sabun cuci piring untuk membersihkan alat pengaduk ini. Untuk wadah mixer, bisa anda tunggu beberapa saat hingga bekas sisa adonan luruh. Sementara alat pengaduk bisa langsung dicuci menggunakan spons hingga bersih. Setelah semua selesai dibilas, jangan lupa untuk mengeringkan alat pengaduk serta wadahnya dengan menggunakan lap kering. Perhatikan juga bagian sela-sela mixer dan whisk, ya!

  • Selain alat pengaduk dan wadah, badan mixer juga perlu dibersihkan. Caranya bisa mengangkat kepala mixer agar seluruh permukaan mixer terlihat dan lebih mudah dibersihkan. Bagian ini perlu kita bersihkan setiap hari atau minimal seminggu sekali agar terhindar dari kotoran yang mengendap.


3. Oven


Alat ini memang sering terlihat kotor karena banyak sisa adonan kue yang tertinggal di bagian dalam oven. Namun, anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara mudah dan praktis yang membuat oven anda terawat. Beberapa tipsnya adalah sebagai berikut:

  • Sebelum dibersihkan, pastikan terlebih dahulu oven sudah keadaan dingin.

  • Keluarkan semua rak pada oven, lalu bersihkan semua sisa-sisa makanan yang terbakar pada dasar oven dengan cara diusap.

  • Siapkan mangkuk yang berisikan setengah cangkir soda kue dengan air. Campur kedua bahan tersebut hingga terbentuk pasta.

  • Sebarkan pasta ke semua bagian bawah oven hingga elemen pemanas oven. Gunakan sarung tangan dan jari-jari anda untuk membersihkan oven.

  • Kemudian bersihkan rak oven dengan cara menuangkan bubuk cuci ke dalam bak yang telah diisi air sangat panas. Kemudian masukkan rak oven dan diamkan semalaman.

  • Semua sisa kotoran akan hilang setelah sedikit digosok pada pagi harinya.

  • Bersihkan juga kaca oven anda dengan campuran soda kue dan air. Diamkan setengah jam, lalu lap menggunakan kain untuk membersihkan kaca oven.

  • Langkah terakhir, tuangkan sedikit cuka ke dalam botol semprot pada bagian yang menempel soda kue. Lap dengan kain lembab dan bersihkan sisanya.

  • Setelah semua bersih dan kering, masukkan rak oven ke dalam oven.


4. Saringan


Alat saringan logam ini sangat tidak asing lagi di peralatan dapur. Kegunaannya juga sangat banyak, bisa meniriskan masakan dari minyak atau kuah rebusan, hingga menyaring bubuk teh. Namun, pemakaian yang terlalu sering atau salah bisa membuat saringan jadi berkarat dan cepat rusak. Apalagi kalau sering kotor. Berikut adalah beberapa cara membersihkan ayakan logam:

  • Langsung bersihkan ayakan begitu ada kotoran yang tertinggal. Jangan sampai kotorannya terlalu lama mengendap. Selain akan susah dibersihkan juga akan menimbulkan bau tak sedap dan kue yang dihasilkan menjadi kurang higienis.

  • Gunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk membersihkan ayakan dari bahan adonan yang mungkin berserat. Bulu sikat gigi yang halus bisa mengangkat kotoran tanpa merusak saringan logam.

  • Hindari mencuci ayakan dari spons yang terbuat dari logam. Walaupun memang spons logam bisa membersihkan ayakan tapi bahannya bisa mengikis permukaan saringan. Gesekan ini bisa merusak jaring saringan dan meninggalkan karbon yang menempel pada permukaan sehingga ayakan menjadi cepat berkarat.

  • Setelah ayakan selesai dibersihkan, anda bisa langsung keringkan dengan lap kering.


5. Rolling Pin


Alat penggilas atau membuat rata adonan ini sering kita temukan berbahan kayu. Selain karena bahannya yang lebih nyaman saat digunakan daripada material lainnya, rolling pin juga perlu dirawat dengan baik agar tetap terjaga dengan baik dan tahan lama. Berikut adalah beberapa cara untuk membersihkan rolling pin:

  • Hindari untuk merendam rolling pin di dalam air terlalu lama. Sebab akan membuat kayu menjadi cepat rusak dan mudah keropos.

  • Setelah membilas rolling pin dengan bersih, keringkan rolling pin terlebih dahulu.

  • Jika sulit untuk dibersihkan, gosok rolling pin juga hanya menggunakan sabut gosok plastik.


Nah, itulah beberapa tips membersihkan peralatan pembuat kue agar tetap terjaga. Setelah tahu cara merawatnya, semoga peralatan anda menjadi lebih awet, ya. Namun, jika anda tidak ingin repot membersihkan peralatan pembuat kue, anda bisa ke Jofie Bakery. Ada banyak cake bolu dan roti yang anda bisa pilih. Untuk pemesanan secara online bisa melalui chat Whatsapp kami di 08126315552 atau bisa datang langsung ke Jofie Bakery terdekat. Semoga bermanfaat. Terima kasih.


#jofiebakery #bakery #kueultahmedan #kueultah #customcake #freedelivery #tipsandtrick

405 views0 comments