top of page
Search

Termasuk Nilai UTBK Tertinggi 2021, Ini SMA Favorit di Medan

Updated: Jul 17, 2021

Sama seperti halnya kota-kota lain di Indonesia, Medan memiliki sekolah menengah atas unggulan. Tidak hanya karena derajat yang baik, namun juga karena memiliki fasilitasnya yang mendukung. Sekolah-sekolah unggulan ini tidak hanya diincar masyarakat Medan, namun juga yang dari luar daerah, seperti Pematang Siantar, Sidikalang, dan lain-lain.



Menurut hasil wawancara kepada beberapa alumni mahasiswa yang pernah tinggal di Medan, mereka menyebutkan setidaknya ada beberapa SMA favorit di Medan.


Bagi Jofiers yang mungkin sedang mengincar SMA favorit, Jofie akan membagikan informasi mengenai SMA favorit negeri maupun swasta di Medan. Penasaran dimana saja? Yuk, kita lihat disini!


SMA Santo Thomas 1 Medan


Banyak yang menyebut SMA Santo Thomas 1 Medan ini dengan sebutan Stosa dan merupakan salah satu sekolah swasta yang banyak diincar di Medan. Sebab, sekolah ini tidak jarang mengharumkan Medan karena prestasinya. Alumni siswanya pun kebanyakan lulus dan masuk ke perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia, seperti UGM, ITB, UI dan lainnya.


Fasilitas yang diberikan SMA Santo Thomas 1 Medan ini sangat mendukung, seperti ruang ber-AC, proyektor LCD, free Wi-Fi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Biologi, Laboratorium Kimia, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer, Perpustakaan, Ruang Multimedia, Ruang UKS, Ruang Rapat, Loker, Studio Musik, Lapangan Voli, Lapangan Basket / Futsal, dan ruang doa.


Selain itu, SMA ini memiliki klub paduan suara bernama St. Thomas Chronicles Choir yang juga sudah banyak menyabet penghargaan, mulai dari penghargaan daerah maupun penghargaan tingkat nasional. Dan sekolah ini juga mendapatkan nilai UTBK tertinggi dengan nilai rata-rata UTBK: 570,339.


SMA Negeri 1 Medan


Sekolah yang berada di pusat kota Medan ini sudah ada sejak tahun 1950 dan telah melahirkan banyak pemimpin sipil dan militer di tingkat regional maupun nasional. Sekolah jebolan penyanyi Indonesia Idol, Rini Wulandari, ini pernah menduduki peringkat kesembilan untuk hasil UN terbaik se-Indonesia jurusan IPA.


Selain itu, siswa di sekolah SMA Negeri 1 Medan ini dikenal pintar-pintar dan berhasil menjuarai olimpiade di bidang sains, bahasa, dan olahraga. Dan hebatnya, pada tahun 2021 ini SMA Negeri 1 Medan ini mendapatkan nilai rata-rata UTBK tertinggi, yaitu dengan nilai 529,984.


SMA Negeri 3 Medan


Salah satu sekolah favorit ini berdiri sejak tahun 1954, dan hanya berbeda beberapa tahun dengan SMA Negeri 1 Medan. Dan saat ini, SMA Negeri 3 medan ini berada di lokasi kelurahan Pulo Brayan Kota Kecamatan Medan Barat, Medan, Sumatera Utara.


Sekolah ini mencetak murid dengan berbagai prestasi. Bahkan, pada tahun pelajaran 2013 / 2014, sekolah ini menjadi percontohan dan pendamping pelaksana kurikulum 2013 bagi sembilan sekolah yang ada di Medan.


SMA Negeri 3 Medan pernah menyabet beberapa juara nasional, diantaranya juara III Debat Bahasa Inggris 2011, Juara I Lomba Guru Berprestasi Bidang IT 2011, Juara I Olimpiade Guru Matematika Tahun 2011, Juara II Guru Berprestasi Tingkat Sumatera Utara 2013, dan Peserta Lomba Kemah Kawasan Tingkat Nasional di Pulau Sebatik pada 2013.


SMA Negeri 5 Medan


Sekolah yang menjadi favorit siswa ini dibangun pada tanggal 2 Februari 1986 dan dulunya hanya memiliki ruangan yang kecil dan terbatas. Di antaranya hanya ada satu ruang guru, satu ruang tata usaha, dan sembilan ruang kelas murid. Namun, karena ramainya peminat yang ingin bersekolah di SMA Negeri 5 Medan ini, sekolah ini sudah memiliki ruang kelas yang cukup banyak, bahkan tersedia beragam ruang laboratorium.


Hebatnya, pada tahun 2011 SMA Negeri 5 Medan ini mendapatkan akreditas A dengan nilai 96,68.


SMA Negeri 4 Medan


Sama seperti sekolah favorit lainnya, salah satu sekolah negeri yang berada di daerah Ayahanda ini juga melahirkan tokoh-tokoh besar. Di antaranya adalah Agung Laksono, mantan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, serta Tengku Erry Nuradi, mantan Wakil Gubernur Sumatera Utara.


SMA Negeri 4 Medan ini memiliki fasilitas penunjang belajar yang cukup lengkap, Jofiers! Di antaranya ruang laboratorium biologi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, dan Lapangan Olahraga. Dan ekstrakulikulernya pun cukup memadai, seperti teater, paskibraka, paduan suara, modern dance, karya ilmiah remaja, dan English Club.


SMA Sutomo 1 Medan


Salah satu sekolah swasta favorit ini juga tidak kalah terkenalnya dengan SMA lainnya. Lulusannya banyak yang masuk ke perguruan tinggi negeri favorit melalui jalur seleksi nasional perguruan tinggi negeri (SNMPTN).


Misalnya, seperti tahun 2016, 17 orang siswa berhasil lolos ke Institut ITB, 10 siswa ke UGM, 6 siswa ke UI, 4 siswa ke UNPAD, dan 3 siswa ke USU. Hebatnya, soal prestasi tak usah lagi ditanyakan. Sebanyak 3 siswa SMA Sutomo yang bergabung ke dalam tim Sutomo 1 INVOKER berhasil menjadi juara I pada Indonesia Robotic Olympiad (IRO) di Surabaya pada tanggal 2 hingga 3 September 2016.


SMA Methodist 1 Medan


Salah satu sekolah swasta ini juga menjadi sekolah favorit siswa Kota Medan dan tidak kalah terkenalnya dengan sekolah lainnya. Walaupun berstatus sebagai sekolah swasta, namun fasilitasnya juga sebanding dengan SMA Negeri. SMA ini pernah terkenal karena siswanya, Sonya Ekarina Depari, yang pernah mengaku sebagai anak jenderal Irjen Pol Arman Depari.


Walaupun membawa kabar yang tidak enak, murid Sonya tersebut ternyata memiliki cukup prestasi yang membanggakan di sekolah. Seperti menjuarai lomba model. Dan siswa-siswi SMA lainnya pun tidak kalah banyak mengukir prestasinya.


Demikian beberapa daftar SMA favorit di Medan. Apakah sekolah Jofiers termasuk salah satunya tidak ya? Hmm, mau dimanapun sekolah yang kamu incar, ilmu yang diberikan tetap bermanfaat, kok. Semoga informasi dari Jofie membantu, ya! Terima kasih.


6 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page