Search

Tempat Wisata Alam yang Populer di Medan dan sekitarnya

Berlibur memang salah satu aktivitas yang paling menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama dengan keluarga dan orang-orang tersayang. Saat-saat ini sering menjadi momen bagi orang tua untuk semakin mendekatkan diri dengan anak-anak. Salah satu tempat tujuan libur yang cocok dikunjungi di negara Indonesia ini adalah kota Medan.


Kota Medan merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara dan salah satu kota terbesar di urutan ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Faktanya, kota ini bisa dibilang sebagai pintu gerbang di wilayah negara Indonesia pada bagian barat karena adanya Bandara Udara Internasional Kuala Namu dan Pelabuhan Belawan. Jadi, teman-teman Jofiers bisa memilih untuk berlibur dengan menggunakan pesawat atau kapal.


Nah, kali ini Jofie akan merekomendasikan beberapa tempat wisata populer di Medan dan sekitarnya. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak ulasannya:


1. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja



Memiliki keunikan pada ekosistem dan keanekaragaman hayati, Kawah Putih Tinggi Raja ini menjadi salah satu objek wisata Sumatera Utara. Secara keseluruhan objek wisata cagar alam ini memiliki luas 176 hektar yang digunakan sebagai tujuan wisata petualangan. Beberapa traveler yang pernah mengunjungi tempat ini mengatakan bahwa keindahan Kawah Putih Dolok Tinggi Raja memiliki kesamaan dengan Kawah Putih Ciwidey di Bandung dan bahkan ada yang mengatakan mirip dengan Hot Spring Pamukkale di Turki.


Destinasi wisata ini belum banyak diketahui. Akses menuju lokasi juga masih didominasi dengan kondisi jalan rusak sehingga membutuhkan usaha ekstra untuk mencapainya. Namun begitu sampai ke tempat danau, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan indah yang menjadi penawar lelah dan air hangat. Air tersebut berasal dari aliran sungai yang menyatu dengan curahan air panas sehingga bisa dimanfaatkan untuk pemandian dan berenang.


Lokasi ini berada di Dolok Marawa, Silau Kahean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

2. Bukit Paropo, Danau Toba



Destinasi ini selalu ramai dikunjungi dan jarang terlewatkan oleh pengunjung, maka tak jarang Danau Toba disebut sebagai salah satu ikon yang tidak bisa lepas dari Sumatera Utara. Keindahan dan pemandangan sekelilingnya memang menjadi daya pikat utama yang dimiliki wisata danau terbesar di Indonesia ini. Banyak destinasi menarik untuk dikunjungi, salah satunya Paropo.


Paropo merupakan salah satu desa yang memiliki keindahan alam yang berada di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Daerah ini dikenal karena menyimpan pemandangan terbaik Danau Toba dari sudut yang lain. Ada yang bilang, Paropo mirip dengan Danau Ranu Kumbolo yang berada di Gunung Semeru dan diberi nama danau tercantik di Indonesia. Itulah mengapa Paropo ini juga disebut sebagai ‘Ranu Kumbolo’-nya Sumatera Utara.


Tempat ini memberikan pemandangan yang cantik dan perairan Danau Toba yang bersih serta hijaunya perbukitan di sekitar kawasan ini.


3. Geosite Sipinsur, Danau Toba



Masih ditempat yang sama, keindahan Danau Toba memang tidak ada habisnya. Geosite Sipinsur menjadi sudut terbaik untuk melihat ketinggian Danau Toba. Wisata yang berada di Desa Pearung, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara ini menghasilkan udara yang sejuk dan kawasannya yang penuh dengan pepohonan pinus.


Keunggulan Geosite Sipinsur ada pada pemandangannya yang bisa melihat Danau Toba tampak memukau dan mempesona. Ditambah suasana langit yang biru dan awan yang indah, mendukung pemandangan alam dengan pegunungan dan dataran di tepi danau. Namun, sayangnya tempat ini kurang dapat dinikmati saat cuaca berkabut dan tidak bisa melihat hamparan Danau Toba yang luas.


4. Tangkahan, Langkat



Sungai yang sempat dijuluki turis sebagai surga tersembunyi karena tidak banyak yang tahu ekowisatanya ini mulai ramai dikunjungi. Tangkahan dikenal dengan tempatnya gajah-gajah liar. Uniknya, salah satu kegiatan pengunjung datang kesini adalah bisa berkesempatan untuk memandikan gajah dan menungganginya sambil menjelajahi hutan.


Tidak perlu takut karena airnya kotor, sungai disini memiliki air yang masih terjaga kebersihannya dan berwarna biru. Pengunjung bisa berenang dan menikmati pemandangan serta rerimbunan pepohonan hutan di sekelilingnya yang membuat rileks dan segar.


Selain itu, juga ada air terjun yang bisa dikunjungin, namun perlu menyebrangi sungai karena letaknya berada di tengah rerimbunan hutan. Lantaran bercampur dari mata air panas di atas tebing, air ini terasa hangat. Walaupun setinggi tiga meter, tidak ada kolam yang menampung air di bawahnya. Jadi, pengunjung hanya bisa menikmati guyuran air terjun di balik tebing.


Bagi pengunjung yang ingin tinggal beberapa hari tidak perlu khawatir, karena telah tersedia beberapa tempat penginapan berkualitas dan pelayanan yang baik.


5. Air Terjun Simangande, Pulau Samosir



Tempat ini berada di salah satu dari tujuh kabupaten yang mengelilingi Danau Toba. Lokasi air terjun ini bisa dibilang berada di antara desa Ambarita dan Tuktuk. Air terjun dengan ketinggian 500 meter ini berasal dari mata air Barisan Bukit Dolok Simangande. Saat memasuki musim hujan, air terjun akan mengalir deras dan akan berkurang pada musim kemarau. Uniknya, air terjun ini berbentuk seperti hati. Itu kenapa air terjun ini diberi nama Air Terjun Cinta.


Air terjun ini dikelilingi dengan banyak batu-batu alam. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Danau Toba dari tempat yang tinggi sambil menunggu tenggelamnya matahari.


Bagaimana? Sudah menemukan destinasi wisata bersama orang-orang tersayang? Jika masih ada tempat wisata lain yang kamu ketahui bisa komen disini, ya. Tetap jaga kesehatan dan tetap aman dimanapun kamu berada. Terima kasih!


#jofiebakery #kueultahmedan #traveling #travelblog #traveler #vacation #holiday #trip #explore

5 views0 comments