Search

Tak Ada di Tempat Lain, Event Tahunan yang Hanya Ada di Medan

Tidak salah memang kalau Kota Medan dijadikan sebagai kota destinasi wisata, yang mana disini siapapun akan disuguhi banyak hal yang menarik. Tidak hanya bangunan atau tempat-tempat wisata yang menjadi unggulan, namun juga hal-hal yang berhubungan dengan kultur.


Soal kultur, hal ini bisa dibilang sebagai sajian utama saat berkunjung ke Medan. Dan tentunya ada banyak cara untuk menikmati kebudayaan unik disini. Salah satunya lewat event-event dari festival budaya yang ada di Medan. Dari Medan sendiri banyak acara tahunan yang mengusung budaya setempat dengan sangat unik dan memberi tempat pada semua kulturnya. Asyik sekaligus memberikan pengetahuan tentang Medan.


Namun, karena beberapa hal yang terjadi di Indonesia, terutama di Medan, saat ini event tahunan sementara ditiadakan dahulu. Seperti apa event tahunan yang pernah dan hanya diadakan di Kota Medan? Yuk, kita lihat disini!


Pekan Raya Sumatera Utara



Event tahunan di Pekan Raya Sumatera Utara atau yang biasa disingkat PRSU ini sering diselenggarakan di Kota Medan. Acara event tahunan satu ini sudah dilakukan sejak pertama kali pada tahun 1972, dan sudah memasuki perayaan yang ke-48 pada tahun 2019 lalu. Diselenggarakan pada tanggal 8 Maret hingga 8 April 2019 lalu, Pekan Raya Sumatera Utara ini menjadi salah satu acara tahunan kebanggaan masyarakat, khususnya Medan dan Sumatera Utara pada umumnya.


Dari acara event ini pun menampilkan berbagai kegiatan seperti pameran pariwisata, pameran produk lokal, berbagai lomba, malam budaya hingga konser musik yang tak jarang mengundang bintang tamu dari Medan maupun luar kota. Selain itu mereka juga menyiapkan banyak wahana hiburan seperti atraktif, zona robot, super hero, wahana nonton 8D dan beberapa jajanan kuliner.


Dari tahun ke tahun, jumlah pengunjung pada event ini juga selalu mengalami peningkatan. Hal itu terbukti bahwa acara ini selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat, termasuk wisatawan.


Acara event Pekan Raya Sumatera Utara Ini juga menjadi pameran tahunan terbesar dan paling meriah di Sumatera Utara yang diselenggarakan di PRSU Jalan Gatot Subroto Medan.


Sayangnya, dari tahun 2020 hingga tahun 2021, acara event ini tidak diselenggarakan karena adanya pandemi virus.


Food Carnival Plaza Medan Fair



Bagi Jofiers yang pecinta kuliner dan ingin menikmati ragam kuliner khas nusantara dan internasional, acara event di Plaza Medan Fair ini perlu kamu kunjungi. Sebab ada banyak tenant makanan sekitar 40 an yang hadir di acara yang berlangsung ini. Mulai dari jajanan tradisional, ragam minuman yang bervariasi, makanan khas Korea, hingga makanan viral lainnya seperti Kebab Viral dan hits Al Masri juga ikut merayakan acara event ini.


Sebenarnya, acara event ini sudah ada sejak tahun 2016, Namun, di tahun 2019 mereka khusus merayakan Food Carnival Plaza Medan Fair dengan mengusung konsep yang berbeda. Mereka juga membuat dekorasi yang ditampilkan memberikan daya tarik tersendiri kepada pengunjung.


Gelar Melayu Serumpun (GEMES) Kota Medan



Secara keseluruhan acara event ini merupakan perayaan kesenian masyarakat Sumatera Utara, khususnya di Medan. Acara event ini sudah dilakukan dari tahun 2006 dan juga sudah termasuk ke dalam kategori kalender 100 event terbaik di Indonesia.


Pada acara ini, masyarakat akan diberi dan dimanjakan oleh persembahan acara tradisional dan pertunjukan seni yang sangat meriah dan menarik dari 5 negara serumpun dan 10 provinsi Indonesia. Tidak hanya bertujuan untuk melestarikan budaya melayu saja, namun juga memperkenalkan Kota Medan agar semakin maju dan menarik minat wisatawan lokal hingga mancanegara.


Biasanya, acara serumpunan ini dilakukan 3 hari 3 malam dengan kegiatan yang berbeda-beda dan diisi dengan pertunjukan budaya Melayu dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei Darussalam. Selain itu, mereka juga memberikan cinderamata untuk negara tetangga kita yang telah ikut memeriahkan acara GEMES ini.


Festival Danau Toba (FDT)



Acara event tahunan satu ini menjadi andalan dan sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Sumatera Utara. Dalam acara event ini terdapat banyak hal yang dijamin bakal disukai oleh semua generasi. Festival Danau Toba ini juga jelas menampilkan sisi kultur Sumatera Utara, yang dikemas lebih fun dan atraktif.


Festival Danau Toba ini terdiri beberapa kegiatan menarik yang bisa diikuti, mulai dari lomba-lomba unik, dan permainan rakyat, kerajinan tangan dan bazar kuliner, seminar pariwisata, pameran pariwisata, dan tentunya pertunjukan seni dan budaya tradisional. Tak hanya itu, di festival ini pengunjung juga bisa menikmati tarian-tarian khas masyarakat Batak yang unik.


Mantep-mantep banget, kan? Memang menikmati Medan tidak harus pergi ke tempat-tempat khasnya, bisa juga menikmatinya dengan mengunjungi beberapa festival unik seperti di atas. Semoga pengalaman Jofiers di Medan bisa lebih berkesan lagi. Terima kasih.


#jofiebakery #eventtahunan #festivalbudaya #eventbudaya #festivalmedan #acaramedan #eventmedan #beritamedan

4 views0 comments