Search

Selalu Boros? Ikuti Tips Menggunakan Gaji dengan Bijak bagi Milenial, Yuk!

Bagi Jofiers yang sudah bekerja tentu menantikan datangnya hari tersebut, karena pada akhirnya semua tenaga dan usaha yang diinvestasikan untuk pekerjaan selama satu bulan terbayarkan dengan pundi-pundi yang masuk ke rekening pribadi.



Namun, tanpa disadari perasaan senang ini terkadang membuat lupa, dan membuat kita menghambur-hamburkan uang seperti berbelanja barang-barang yang tidak penting.


Mulai dari belanja baju, sepatu baru, makan di restoran fancy atau jalan-jalan bersama teman. Sebenarnya hal tersebut tidak salah, asalkan Jofiers juga mengetahui cara bijak mengatur gaji supaya uang kamu tidak habis di tengah bulan. Jofiers bisa mengikuti beberapa tips menggunakan gaji dengan untuk millennials. Lihat disini, ya!


Buat Daftar Pengeluaran


Kamu sendiri pasti tahu pengeluaran apa saja yang biasa kamu lakukan selama satu bulan. Kamu hanya perlu membuat daftarnya, lalu kamu kurangkan jumlah pengeluaran tersebut dari gaji yang kamu terima.


Karena pengeluaran ini sifatnya tetap, kamu tidak bisa lagi mengganggu gugat jumlahnya, kecuali ada hal mendadak. Seperti pengeluaran ini adalah biaya sewa kos, biaya transportasi selama satu bulan, biaya servis kendaraan, biaya pulsa, biaya asuransi atau biaya-biaya lainnya yang jumlahnya tetap.


Ingat, asuransi merupakan hal penting yang harus kamu miliki ketika kamu mulai hidup mandiri dan merupakan pilihan investasi yang bisa membantu kamu jika ada musibah yang menimpa.


Rincikan Kebutuhan


Ingat, kebutuhan adalah bukanlah keinginan. Berarti di sini kamu harus mementingkan untuk membeli barang-barang kebutuhanmu yang sudah habis dan harus diisi ulang stoknya.


Biasanya untuk mereka yang bekerja sambil ngekos, pasti punya daftar barang-barang yang masuk daftar belanja bulanan terutama barang-barang kebutuhan sehari-hari.


Buat kamu yang masih tinggal bersama orang tau, pastilah punya kebutuhan barang pribadi walaupun tidak sebanyak mereka yang ngekos. Buat daftar kebutuhan ini harus Jofiers buat sedetail-detailnya, kamu juga harus beli dan harga perkiraan dari barang-barang tersebut. Kamu juga bisa menentukan jumlah maksimal yang harus kamu keluarkan untuk belanja bulanan.


Biaya belanja bulanan ini juga bisa kamu buat tetap jumlahnya setiap bulan, sehingga kamu bisa memasukkan ke daftar alokasi pengeluaran tetap di tips pertama.


Sisihkan Untuk Menabung


Cara bijak mengatur gaji yang berikutnya adalah menyisihkan uang gaji untuk menabung. Besaran gaji yang kamu tabung jumlahnya bisa kamu sesuaikan dengan keperluan kamu yang lain.


Akan lebih baik kalau kamu bisa menyisihkan dalam jumlah sedikit banyak supaya biaya pengeluaran pribadi kamu bisa ditekan.


Siapkan Dua Rekening


Tips selanjutnya adalah, Jofiers perlu menyiapkan dua rekening. Rekening pertama Jofiers gunakan sebagai pengeluaran sehari-hari, sementara untuk rekening kedua kamu pakai khusus untuk menabung.


Dan jangan lupa, untuk rekening khusus tabungan, pilih yang biaya administrasinya rendah dan tanpa kartu ATM. Dengan begitu, Jofiers tidak asal menggunakan kartu ATM.


Selain itu, dengan membuat dua rekening, Jofiers juga bisa membedakan mana uang yang bisa digunakan sesuka hati dan mana yang perlu kamu tabung. Serta pastikan uang yang masukkan ke dalam rekening tabungan tidak bisa diutak-atik, kecuali memang ada alasan yang benar-benar mendesak untuk menggunakannya.


Bawa Uang Cash Secukupnya


Untuk tips ini, Jofiers memang perlu membawa uang cash kemanapun sebagai berjaga-jaga. Namun, tetap ingat untuk membawa uang cash secukupnya saja. Tidak perlu membawa uang cash terlalu banyak di dalam dompet kamu. Bawa secukupnya dan isi lagi uang cash di dalam dompet kamu apabila uang yang sebelumnya sudah habis.


Hal ini akan membuat Jofiers akan berpikir ulang untuk membeli berbagai jenis barang yang tidak terlalu dibutuhkan saat Jofiers hanya membawa sedikit uang di dalam dompet.


Dan cara ini juga cukup tepat untuk dilakukan bagi Jofiers yang malas gerak karena membawa uang sedikit berarti kamu haru bolak-bolak ke ATM untuk mengambil uang ketika uang di dompet kamu habis setelah digunakan berbelanja.


Buat Jadwal Belanja Kebutuhan Sekunder


Mungkin Jofiers senang berbelanja barang-barang seperti baju, sepatu, tas atau barang-barang fashion lainnya yang bisa menjadi pengeluaran bulanan terbesar bagi beberapa orang.


Padahal kenyataannya barang-barang tersebut bukanlah keperluan yang harus dibeli setiap bulan mengingat sifatnya juga bertahan lama. Jofiers bisa menjadwalkan pembelian baju setiap dua bulan sekali, dengan tetap menentukan jumlah maksimal uang yang boleh dikeluarkan.


Sementara untuk sepatu dan tas, Jofiers bisa menahannya untuk membeli jika sepatu atau tas yang kamu punya sudah rusak atau kondisinya sudah tidak layak pakai lagi. Dan jangan lupa untuk membeli barang dengan kualitas bagus sehingga tidak mudah rusak.


Nah, itulah beberapa tips menggunakan gaji dengan bijak untuk millennials. Menyisihkan uang gaji untuk menabung merupakan sebuah kewajiban, karena kita tidak tahu kebutuhan apa yang akan menanti kita di kemudian hari. Maka dari itu, yuk sisihkan gaji Jofiers untuk menabung, ya!


#jofiebakery #tipsandtrick #milenial #gajian #tipsmudah

15 views0 comments