Search

Selain Payung, Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Hujan

Buat sebagian orang mungkin mengira musim hujan adalah hal yang paling menyenangkan, karena cuacanya adem, tidak gerah dan panas, enak untuk beristirahat, sekaligus banyak alasan untuk tidak keluar rumah. Namun, ada juga yang sebaliknya dan menganggap musim hujan itu merepotkan.



Belum memasuki musim hujan, beberapa hari belakangan Kota Medan sudah mulai diguyur hujan. Hal ini juga menjadi berkah tersendiri buah daerah yang selama ini mengalami kekeringan, sekaligus bisa membantu memadamkan kebakaran hutan. Namun, hujan juga buat was-was karena banyak wilayah yang rentan dilanda banjir.


Makanya, untuk menyambut musim penghujan ini, ada beberapa hal yang perlu Jofiers siapkan, nih! Terutama bagi Jofiers yang bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari diluar rumah agar tetap lancar dan tidak terganggu. Yuk, lihat disini apa saja yang perlu dipersiapkan:


1. Sedia Payung atau Jas Hujan dan Pakaian Hangat


Seperti kata peribahasa, “Sedia Payung Sebelum Hujan”. Sudah pasti Jofiers harus mulai membawa payung ataupun jas hujan kemana-mana. Siapa tahu kalau ditengah jalan tiba-tiba hujan turun dan tidak ada tempat untuk berteduh. Pasti kamu tidak mau basah-basahan sambil lari-larian seperti di film India? Yang ada malah masuk angin.


So, mulai sekarang selalu siapin payung atau jas hujan kemanapun kamu pergi, ya! Jangan lupa untuk menyiapkan pakaian yang hangat biar kamu tidak kedinginan. Bongkar lagi lemari dan keluarin segala jenis sweater, jaket, dan cardigan kamu. Dan jangan lupa pilih juga sepatu yang nyaman dipakai untuk ngelewatin jalanan yang becek, ya.


2. Memeriksa Kondisi Kendaraan


Bagi Jofiers yang beraktivitas di luar rumah dan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, ada baiknya memeriksa kondisi kendaraan sebelum musim hujan tiba. Periksa kondisi ban, rem, kaca, dan komponen lainnya. Jika perlu, segera pergi ke bengkel untuk pemeriksaan menyeluruh kendaraan kamu.


Walaupun Jofiers tidak pergi kemana-mana, tetap harus memastikan kendaraan dalam kondisi baik. Ditambah musim hujan juga bisa membahayakan karena kondisi jalanan yang licin, penglihatan yang jadi kabur dan jarak pandang terbatas. Jadi, pastikan kendaraan kamu selalu siap dan bekerja dengan baik, ya!


3. Mengkonsumsi Vitamin


Hal penting lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan selama musim hujan adalah vitamin. Perubahan cuaca dari panas ke musim hujan juga sering jadi penyebab penyakit. Selain itu, di musim hujan, ancaman flu dan penyakit-penyakit lainnya juga bisa terjadi. So, pastiin kamu rajin minum vitamin dan jaga pola makan.


Kurangi untuk jajan sembarang seperti makanan yang cepat saji dan mulai mengkonsumsi makan-makanan sehat. Siapin juga obat-obatan di rumah, ya!


4. Periksa Kondisi Atap dan Selokan Air


Ada baiknya cek dulu kondisi rumah kamu biar tidak was-was dengan atap bocor atau rumah kebanjiran karena selokan mampet. Dan jangan lupa untuk perbaiki sisi rumah yang rusak seperti kebocoran dari atap rumah, mengecat dinding dengan cat waterproof atau memasang terpal di halaman rumah agar air tidak tampias. Apalagi buat Jofiers yang tinggal sendirian, jangan sampai tiba-tiba rumah atau kosan kamu sudah berubah menjadi kolam pas hujan datang.


Selain mempersiapkan area dalam rumah, Jofiers juga harus memperhatikan kondisi diluar rumah, loh! Cobalah untuk memeriksa saluran air, got, dan selokan di sekitar tempat tinggal kamu. Jika perlu, lakukan pembersihan saluran air dari sampah dan lumpur yang mengendap.


5. Mencegah Nyamuk


Genangan air yang muncul saat hujan menjadi tempat bagi nyamuk untuk bertelur. Hal tersebut bisa menyebabkan nyamuk banyak muncul saat hujan. Keberadaan nyamuk tentu sangat mengganggu, bahkan bisa menjadi penyebab berbagai macam penyakit.


Kamu juga harus memiliki saluran air yang bagus agar tidak muncul genangan air. Jika pun muncul, kamu harus segera menutupnya, menggunakan alat penyemprot yang mencegah nyamuk masuk, menempatkan bunga lavender, dan banyak lagi lainnya. Hal ini tentu saja akan mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah kamu.


6. Rutin Mengakses Informasi Soal Cuaca


Musim hujan memang tidak bisa diprediksi. Seringkali hujan turun di waktu yang paling tidak kita perkirakan. Jangan khawatir! Dengan semua teknologi yang tersedia, kamu bisa dengan mudah mengakses prakiraan cuaca dari ponsel kamu. Mengakses ramalan cuaca dapat membantu kamu merencanakan hari-hari kamu.


7. Siapkan Senter dan Lilin Untuk Musim Hujan


Pohon yang tumbang atau petir saat hujan dapat menyebabkan aliran listrik menjadi mati atau terjadi pemadaman. Nah, untuk mengatasi hal ini, ada baiknya kamu mempersiapkan alat penerangan alternatif di rumah, seperti senter dan lilin.


Atau jika kamu punya uang lebih, kamu bisa membeli generator listrik yang dapat membuat peralatan listrik di rumah tetap berfungsi meskipun listrik tidak menyala.


8. Siapkan Hiburan atau Kegiatan di Rumah


Musim hujan seperti ini akan membuat kamu tidak ingin keluar rumah. Nah, biar tidak bosan, kamu bisa menghabiskan waktu dengan bersantai-santai atau melakukan hal yang menyenangkan. Seperti selimutan sambil menonton drama atau film kesukaan kamu, baca komik atau novel, bermain game dengan orang rumah, catur, kartu UNO dan lain-lain bersama keluarga atau teman-teman.


9. Selalu Sedia Makanan dan Cemilan


Siapa yang disini kalau musim hujan, nafsu makan jadi meningkat? Kebanyakan dari kita pasti pernah atau bahkan sering lapar dan pengen ngemil ini-itu. Karena kondisi hujan dan kita tidak bisa keluar rumah untuk membeli makanan, ada baiknya kamu siapin berbagai makanan dan cemilan di rumah, biar tidak kerepotan kalau buat beli ini-itu. Namun, jangan lupa untuk mengkonsumsi makan-makanan sehat, ya!


Setelah mengetahui beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat musim hujan, kamu juga membutuhkan makanan dan cemilan manis yang akan menaikan mood kamu selama musim hujan. Ada Jofie, nih, yang bisa menemani hari-hari kamu selama di rumah saja, loh! Jangan lupa Jofie juga ada kurir khusus untuk mengantar cake pesanan kamu dengan aman. Bebas ongkir juga untuk minimal belanja Rp 100 ribu.


Semoga hari Jofiers di musim hujan ini tetap menyenangkan, ya. Dan selalu jaga kesehatan dimanapun kamu berada!


#jofiebakery #musimhujan #tipsandtrick #jalanjalan #dirumahaja

5 views0 comments