Search

Pondok Pesantren di Medan, Mulai dari Tradisional hingga Modern!

Updated: Aug 30, 2021

Salah satu yang menarik dalam proses belajar di pesantren adalah metode pendidikannya yang khas. Hasilnya pun santri memiliki karakter yang kuat, memiliki wawasan yang luas dan juga agamis. Ini juga akan didapatkan saat memilih salah satu pesantren di Medan.



Saat ini, banyak pesantren yang tidak hanya mengusung sistem pendidikan tradisional, namun juga ada yang menggunakan sistem modern. Selain kitab kuning, santri juga akan diajarkan ilmu umum serta menggunakan sistem pembelajaran formal dari kurikulum pemerintah.


Medan tidak hanya memiliki lembaga pendidikan formal, namun ada juga memiliki lembaga agama seperti pesantren yang tidak sedikit dan berpredikat sangat baik. Penasaran apa saja dan dimana pesantren di Medan? Yuk, lihat disini!


Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan


Pesantren yang berada di dalam Yayasan Taman Pendidikan Islam (TPI) ini didirikan oleh KH Rifa’i Abdul Manaf pada tahun 1950. Pesantren ini menerapkan sistem kurikulum terpadu antara ilmu agama dengan ilmu umum. Tujuan dari pesantren modern ini adalah tidak mengenal dikotomi dan pemilihan umum.


Di Pesantren ini, para murid akan diajarkan ajaran Islam, yang mana nantinya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Fasilitas yang dimiliki juga representatif, loh! Selain itu, pesantren ini juga tidak jarang mengadakan studi banding ke beberapa tempat, mulai dari media televisi hingga tempat usaha yang kompetitif.


Ponpes Modern Darul Hikmah Medan ini berada di Jalan Pelajar No. 44, Kota Medan.


Pesantren Darul Arafah Medan


Tidak jauh dari Medan, salah satu lembaga pendidikan Islam di Medan ini dikenal dengan memiliki keunggulan untuk para alumninya. Pesantren ini juga memiliki lembaga pendidikan formal, mulai dari jenjang MI, MTs, dan juga Madrasah Aliyah.


Tidak hanya menerapkan sistem salah atau yang dikenal tradisional, Pesantren Darul Arafah ini juga menerapkan sistem kholaf atau modern. So, disini Jofiers tidak hanya mendapatkan ilmu agama, namun juga diajarkan ilmu umum lainnya. Sehingga, para alumninya memiliki kesempatan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.


Pesantren Darul Arafah ini berada di Jalan Berdikari No. 1 A, Kabupaten Deli Serdang.


Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan


Pondok Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah ini merupakan salah satu pondok pesantren di Medan yang terkenal akan kedisiplinannya. Semua santri diwajibkan untuk tinggal didalam sebuah asrama, jadi tidak boleh pulang ke rumah saat bukan di hari libur.


Pondok Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah ini juga memiliki peraturan yang ketat. Semua santri dituntut untuk disiplin, mentaati peraturan, serta mandiri dalam membagi-bagi waktu. Bahkan saat sholat berjamaah, para santri diharuskan membawa busana yang lengkap dan sopan, termasuk menggunakan sajadah, tasbih, dan peci. Hal tersebut bertujuan agar menghormati ibadah shalat, yaitu sebuah ibadah yang paling utama.


Letak Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan ini berada di Jalan Glugur Rimbun Desar Bakeri, Medan.


Pondok Pesantren Al-Manar Medan


Pondok Pesantren Al Manar ini ada sejak tahun 2001. Walaupun belum lama berdiri, pondok pesantren ini juga memiliki kualitas pendidikan yang tidak kalah baik diantara dengan pondok pesantren lainnya. Yang mana, proses berdirinya pondok ini tidak lepas dari peran alumni santri-santri Gontor, sebuah pondok yang terkenal sudah melahirkan tokoh-tokoh besar.


Pondok Pesantren Al-Manar ini juga berdiri dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam dan Penyantunan Anak Yatim “Bungong Jeumpa”. Mereka juga menyediakan berbagai fasilitas, seperti asrama, lapangan bola, lapangan basket, lapangan futsal, lapangan volly, serta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.


Pondok Pesantren Al-Manar Medan ini berada di Jalan Karya Bakti No. 34, Medan Johor.


Pondok Pesantren Al-Kautsar Medan


Pondok Pesantren Al-Kautsar ini merupakan salah satu ponpes yang berada di Kota Medan. Lembaga pendidikan ini merupakan salah satu pondok pesantren berbasis Nahdlatul Ulama (NU) yang melahirkan tokoh-tokoh NU masyhur dan moderat.


Pondok pesantren yang sudah berdiri sejak tahun 1986 ini sudah memiliki ribuan alumni dan masih memiliki santri aktif sebanyak 800 orang. Pondok pesantren ini juga memiliki beberapa ekstrakurikuler andalan, mulai dari rebana, marawis, gambus dan lain-lain.


Letak Pondok Pesantren Al-Kautsar ini berada di Jalan Pelajar No. 264, Kota Medan.


Demikian beberapa pondok pesantren yang berada di Medan dan sekitarnya. Jangan takut untuk memilih pendidikan di pesantren, karena disini murid juga akan diajarkan untuk mandiri, mengatur keuangan, serta diajarkan ilmu agama, yang mana nantinya akan berguna bagi masa depan. Semoga bermanfaat!


#jofiebakery #pondokpesantren #ponpen #pesantren #lembagapendidikan #modern #tradisional #tempatdimedan #beritamedan

36 views0 comments