Search

PENTING! Makanan yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi saat Pandemi

Updated: Aug 14, 2021

Makanan yang bernutrisi sangat dibutuhkan setiap harinya bagi siapapun, terkhususnya di tengah masa pandemi seperti ini. Semua orang harus lebih menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, menjadi salah satu cara mencegah agar tidak terpapar virus COVID-19 adalah dengan memberi asupan nutrisi dan hidrasi yang tepat bagi tubuh. Mulai dari mengkonsumsi makanan segar dan tidak diproses.



Namun, mengkonsumsi kedua makanan tersebut juga perlu diperhatikan. Perhatikan cara memasaknya dan usahakan Jofiers juga mengurangi makan di luar rumah, dan mengutamakan makan di rumah agar mengurangi tingkat kontak dengan orang lain. Walaupun makanan sehat cenderung tidak selalu menarik dan citarasa juga kurang. Jofiers bisa mengolahnya dengan jenis makanan atau bahan lain yang menyehatkan, untuk menjadikan makanan tersebut lebih pas dinikmati.


Penasaran apa saja? Yuk, lihat disini!

Buah-Buahan


Makanan satu ini banyak disukai dan mungkin beberapanya termasuk favorit Jofiers. Buah-buahan sudah dikenal sebagai kaya akan vitamin, seperti buah apel dan buah alpukat yang kaya akan serat dan vitamin C. Selain itu, kedua buah tersebut j ini juga bisa dijadikan sebagai cemilan sempurna jika merasa lapar di antara waktu makan loh, Jofiers.


Atau jika ingin, Jofiers bisa mengolah buah-buah tersebut menjadi hidangan lainnya, mulai dari Rujak, Es Buah, Kolak, ataupun Puding Buah. Sudah pasti sehat dan menyegarkan!


Daging


Daging merupakan salah satu sumber protein yang sangat tinggi. Jika diolah secara tepat, daging termasuk makanan yang sangat menyehatkan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi daging sapi tanpa lemak yang mana sumber protein terbaik dan sarat zat besi. Selain itu, bagi Jofiers yang sedang melakukan diet rendah karbohidrat, daging sapi tanpa lemak ini juga bisa menjadi pilihan.


Namun, untuk Jofiers yang mungkin tidak menyukai daging sapi, bisa mencoba daging ayam. Terutama pada bagian dada ayam yang mana sangat rendah lemak dan kalori, namun tinggi akan protein. Jenis daging ini juga menjadi sumber nutrisi yang bagus.


Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian


Meski makanan ini tinggi lemak dan kalori, kacang-kacangan dan biji-bijian bisa membantu Jofiers menurunkan berat badan juga. Selain itu, makanan ini juga bisa mengenyangkan dan sarat akan nutrisi penting yang mana tidak banyak orang dapatkan, seperti magnesium dan vitamin E. Jenis makanan ini juga tidak perlu banyak persiapan untuk menikmatinya, mulai dari almond, biji chia, kelapa, kacang macadamia, dan kacang kenari.


Manfaat yang didapatkan dari jenis kacang-kacangan dan biji-bijian ini juga bagus bagi tubuh, terutama saat pandemi seperti ini. Seperti kandungan kalium pada kacang-kacangan bisa membantu kerja jantung agar tetap terjaga, yang artinya kesehatan tubuh kamu pun ikut terjaga.


Dan karena lebih banyak waktu di rumah yang mana membuat Jofiers lebih sering makan, jenis makanan ini juga bisa membantu mengontrol berat badan, loh!


Sayuran


Jenis makanan ini salah satu diantara makanan paling sehat yang ada di dunia. Zat yang terkandung pada sayuran ini juga sangat baik untuk tubuh Jofiers, seperti vitamin hingga kalori. Jika Jofiers mengkonsumsinya secara rutin, sayuran ini akan berdampak bagus untuk tubuh.


Mulai dari asparagus yang rendah dalam karbohidrat dan kalori, namun kaya dengan vitamin K. Paprika yang juga merupakan sumber antioksidan dan vitamin C yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Brokoli yang juga termasuk sumber serat dan vitamin C dan K yang sangat baik bagi. Selain itu, masih banyak lagi jenis sayuran lainnya yang


Ikan dan Makanan Laut


Ikan dan makanan laut juga termasuk makanan yang dianjurkan saat pandemi, karena manfaatnya yang sehat dan bergizi. Sumber makanan tersebut juga kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium. Mungkin jarang kita sadari, bahwa kebanyakan orang kekurangan dua nutrisi tersebut.


Studi juga menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan laut dalam jumlah banyak terutama ikan juga akan mengalami hidup lebih lama dan risiko terkena penyakit juga lebih rendah, termasuk penyakit jantung, demensia dan depresi.


Makanan laut yang dianjurkan misalnya ikan tuna, udang dan ikan sarden. Ketiganya termasuk makanan yang cenderung rendah lemak dan kalori, namun sangat tinggi protein. Sudah pasti manfaat dari makanan laut ini sangat banyak loh, Jofiers!


Selain memilih makanan yang pas untuk dikonsumsi saat pandemi, Jofiers juga perlu memastikan makanan yang dibeli memenuhi syarat pola makan sehat dan diseimbangi dengan olahraga yang rutin. Semoga bermanfaat dan jaga kesehatan Jofiers selalu, ya!


#jofiebakery #makanan #pandemi #ppkm #covid19 #dirumahsaja #stayathome #infopenting

8 views0 comments