Search

Mulai dari Rasa Pedas dan Asem, Ini Minuman Unik di Medan

Liburan ke Kota Medan, pengunjung akan disuguhi panorama alam yang sangat memukau mata. Tidak hanya itu, ragam kulinernya pun bakal membuat kamu betah berlama-lama dan ingin menghabiskan waktu lebih panjang.


Misalnya durian Medan, salah satu buah dengan aroma dan rasanya yang lebih legit ini identik dengan ibu kota Sumatera yang sudah dikenal luas. Begitu juga dengan sejumlah makanan khas Medan. Makanan serta bumbu rempah dengan rasa pedas yang berbeda bersedia membuat lidah siapapun bergoyang.


Selain dengan makanannya yang lezat dan beragam. Medan juga memiliki sejumlah minuman unik yang sayang untuk dilewatkan jika mampir ke kota ini. Penasaran apa saja? Yuk, kita lihat disini!


Roco Timun



Hasil alam di Medan memang tidak perlu diragukan lagi dan sangatlah melimpah ruah. Hal ini, membuat banyaknya olahan makanan dan minuman pun menjadi bervariasi. Salah satunya adalah Roco Timun, minuman unik yang juga menjadi minuman tradisional khas Sumatera Utara.


Minuman ini merupakan kreasi yang menggunakan dua bahan dasar, yaitu kelapa muda dan juga timun. Rasanya yang manis dan segar, mampu mengatasi rasa dahaga di siang hari saat matahari terik. Kandungan dalam minuman itu juga ada sirup gula merah yang diproses dengan direbus dengan tambahan daun pandan.


Biasanya, minuman tersebut menjadi primadona saat ramadhan karena menjadi buruan utama bagi warga Medan untuk menu berbuka puasa.


Teh Susu Telur (TST)



Mungkin, bagi sebagian orang mengira kalau minuman satu ini terdengar aneh. Bagaimana bisa susu dan teh dicampur, lalu ditambahkan telur? Namun, minuman inilah yang menjadi salah satu favorit minuman masyarakat Kota Medan, khususnya saat malam hari dan sedang musim hujan. Dan seperti namanya, minuman ini menggunakan bahan dari teh, susu dan telur.


Proses pembuatan minuman Teh Susu Telur ini juga unik, loh! Dimulai dengan mengaduk kuning telur hingga berbusa, setelah itu masukkan susu kental manis atau susu cair hingga setengah gelas. Kemudian, tambahkan teh. Rasanya yang nikmat akan membuat kamu suka dengan minuman unik ini.


Walaupun terlihat mudah, cara membuat minuman satu ini juga perlu memiliki skill agar rasa amis pada telur tidak tercium. Dengan harga Rp 8 hingga Rp 10 ribuan saja, siapapun sudah bisa menikmati Teh Susu Telur ini.


Es Kolak Durian



Nah, minuman unik yang satu ini merupakan kesukaan masyarakat Kota Medan dan jarang kamu temukan di kota-kota lain. Dan merupakan salah satu dessert yang sayang jika dilewatkan ketika berkunjung ke kota ini.


Minuman satu ini juga salah satu cara untuk menikmati buah durian dengan cara lain, karena seporsinya akan dicampur dengan berbagai bahan tambahan lainnya seperti ketan putih, santan, gula merah dan es batu agar semakin menyegarkan.


Meskipun kolak identik banget dengan bulan Ramadhan, namun minuman unik satu ini tidak sulit untuk ditemukan. Salah satu kawasan yang ramai dengan pedagang Es Kolak Durian yaitu di Jalan Dokter Mansyur, Medan.


Es Pokat Kocok



Minuman satu ini memang segar sekali, ya. Walaupun sekilas tampaknya mirip dengan jus, padahal minuman berbahan dasar buah alpukat tersebut tidak menggunakan air sama sekali.


Keistimewaan Es Pokat Kocok ini ada pada adonan alpukatnya yang diberi tambahan berupa gula cair, santan dan es serut serta siraman susu kental manis sebagai pelengkap.


Dan di Medan, ada satu penjual minuman unik ini yang sangat terkenal dari tahun 1970-an, namanya yaitu Es Pokat Kocok Simpang Glugur yang berada di Jalan Putri Hijau. Tempatnya selalu ramai pembeli setiap hari, bahkan pembeli rela mengantri untuk menikmati Es Pokat Kocok satu ini.


Untuk harganya, kamu tidak perlu khawatir, hanya sekitar Rp 12 ribu per gelasnya.


Markisa Terong Belanda (Martabe)



Jus Martabe yang menjadi minuman unik di Kota Medan yang juga menjadi minuman khas di daerah Sumatera Utara. Jus martabe ini merupakan minuman yang hasil sebagai hasil kombinasi buah markisa dan terong Belanda, maka dari itu dinamakan Mar (Markisa) Tebe (Terong Belanda).


Minuman unik memiliki rasa asam khas yang dicampur menjadi satu dengan buah markisa yang asam manis namun begitu menyegarkan di tenggorokan. Tak heran, minuman ini disukai oleh banyak orang. Biasanya jus ini dituang ke dalam gelas dan bagian terong Belanda dan markisa akan terpisah, sehingga markisa akan mengendap di bawah.


Untuk mencoba minuman unik satu ini, Jofiers bisa menemukannya di gerai jus di pinggir jalan. Dan restoran maupun rumah makan dan harganya mulai dari Rp 5 ribuan per cupnya.


Es Buto Ijo



Saat kamu berburu takjil untuk berbuka, salah satu minuman unik ini pasti selalu ramai dicari dan paling legendaris dengan rasanya yang segar dan lezat. Minuman Es Buto Ijo ini merupakan sajian manis yang berasal dari Kediri dan viral karena namanya yang aneh. Disebut Es Buto Ijo karena isian yang didominasi oleh warna hijau dan dihidangkan dengan porsi besar diisi kacang hijau dan sirup melon.


Es Buto Ijo ini dibuat dengan menggunakan campuran bahan, yaitu serutan kelapa muda, selasih, mutiara, rumput laut, kolang-kaling dan kacang hijau. Kemudian, isian tersebut ditambahkan sirup melon, susu kental manis, dan es serut.


Rujak Serut



Pertama kali mendengar namanya, pasti mengira kalau ini adalah sebuah sajian berupa makanan. Padahal sebenarnya adalah minuman. Meski namanya melekat kata rujak, namun ini adalah sebuah minuman dengan isian buah-buahan yang diserut dengan bisa jadi variasi praktis dan lezat. Pilihan buah bisa disesuaikan dengan selera.


Uniknya, rasa dari minuman ini adalah kombinasi rasa pedas, asam, dan manis. Dan akan semakin nikmat jika minuman ini dihidangkan saat dingin atau beberapa saat setelah keluar dari kulkas.


Untuk menikmati minuman Es Rujak Serut ini kamu bisa menemukannya di berbagai tempat jualan, diantaranya Rujak Serut Kak Inong yang berada di Jalan Mustafa.


Demikian beberapa minuman unik di Medan yang bisa kamu coba nih, Jofiers! Kalau kamu sudah pernah mencoba minuman yang mana saja?


#jofiebakery #minumanunik #minumandimedan #minumansegar #kulinermedan #foodlover #beritamedan

5 views0 comments