Search

Mulai dari Minuman hingga Makanan, Berikut Kuliner Unik di Medan

Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang memiliki keberagaman hal yang unik. Mulai dari penduduknya yang terdiri dari berbagai etnis menjadikan Medan sebagai kota yang kaya akan sejarah dan budaya. Hal ini juga berdampak pada sisi pariwisata, termasuk pada kulinernya. Maka dari itu, sangat disayangkan kalau Jofiers berkunjung ke kota Medan ini tanpa mengeksplor kulinernya.



Bagi Jofiers yang berencana ke Medan, sudah siap memanjakan perut belum? Karena disini Jofie akan memberikan beberapa tempat kuliner unik di Medan yang paling pecah. Mulai dari yang makanan manis dan gurih, semua wajib Jofiers kunjungi.


Penasaran dimana saja? Yuk, kita lihat disini!

Soda Cap Badak


Siapa yang tidak kenal dengan minuman yang melegenda di Kota Medan? Minuman jenis soda ini bisa Jofiers temukan di warung-warung atau tempat makan lainnya di pinggir jalan atau pedagang kaki lima.


Minuman Soda Cap Badak ini menjadi minuman favorit para remaja dengan rasanya yang cenderung manis dan sedikit menggelitik, namun masih terasa segar saat diminum. Apalagi jika minuman ini dihidangkan dalam keadaan dingin.


Dan uniknya lagi, anak muda di Medan mencampurkan Soda Cap Badak bersama dengan susu putih. Yang mana membuat rasanya semakin bervarian. Untuk harga, minuman Soda Cap Badak ini dijual mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribuan saja per botolnya.


Penasaran tidak rasanya? Yuk, cobain Jofiers!


Pancake Durian


Medan memang terkenal dengan duriannya yang manis dan legit. Siapapun yang mencobanya pasti ketagihan, terutama bagi Jofiers yang menyukai durian. Kemudian King of Fruits ini diolah menjadi pancake yang memiliki bentuk unik seperti bantal.


Pancake durian sendiri terdiri dari daging durian Medan yang dibalut dengan kulit tipis, lalu dibekukan. Biasanya pancake durian ini dijadikan sebagai oleh-oleh dari Medan. Karena biasanya tidak banyak pihak penerbangan memberi izin penumpangnya membawa durian.


So, bagi Jofiers yang menyukai durian bisa menjadi pancake durian ini sebagai buah tangan dari Medan, karena baunya juga tidak terlalu beraroma tajam.


Roti Tawar Jumbo Ganda


Biasanya roti tawar akan disajikan bersama selai manis yang nikmat. Namun, roti ganda yang merupakan kuliner khas dari Siantar ini berupa roti tawar berukuran besar. Pada penyajiannya, roti tawar ganda ini dipotong menjadi dua bagian secara vertikal. Kemudian di kedua sisinya diberi olesan selai srikaya atau taburan coklat meses.


Hmm, mantap banget kan? Ditambah tekstur roti juga empuk dan lembut ketika dikunyah di mulut. Tidak kalah enak dengan roti-roti kekinian yang sedang hits di Medan.


Selain memiliki ukuran roti tawar yang jumbo, disini Jofiers juga bisa menemukan roti dengan ukuran kecil. Uniknya lagi, Jofiers bisa memesan selainya saja dalam kemasan botol.


Rujak Serut


Siapapun yang mendengarnya pasti mengira kalau ini adalah makanan yang terdiri dari berbagai jenis buah-buahan yang dipotong, yang mana nantinya akan dicampur dengan kuah kacang pedas. Namun, rujak serut ini salah satu kuliner minuman yang dibuat dari aneka buah seperti timun, wortel, kweni, jeruk bali, nanas, bengkoang, jeruk nipis, cabai merah dan sirup markisa.


Rasanya yang manis dan asem akan membuat tenggorokan kamu kembali segar, apalagi jika dihidangkan saat dingin dan cuaca sedang panas-panasnya.


Soto Medan


Medan juga memiliki masakan soto yang enak. Mungkin orang berpikir Soto Medan masih sama dengan soto pada umumnya. Namun, Soto Medan ini memiliki keunikan pada kuah sotonya. Kuah sotonya yang kental dan memiliki warna kuning dengan yang mana dibuat dengan bumbu rempah, membuat soto ini semakin khas.


Biasanya, Soto Medan ini disajikan bersama dengan isian yang bervariatif, seperti tauge, ayam suwir, daging sapi, udang, telur, perkedel dan lontong. Rasa soto ini tidak kalah dengan rasa soto yang ada di Jawa. Apalagi jika Soto Medan ini disantap bersamaan dengan nasi hangat. Hmm, sudah pasti membuat ngiler, kan.


Es Krim Tip Top


Tempat makan yang hadir sejak tahun 1934, ini menyajikan es krim yang telah menjadi salah satu makanan khas Medan yang ikonik. Es krim ‘jaman Belanda’ ini memiliki rasa yang unik dan menyegarkan, ditambah dengan tampilan dan aroma yang berkesan oldies.


Tampilan unik dengan es krim dan campuran kue tart yang lezat ini, membuat siapapun pasti ingin mencicipinya. Selain itu, proses pembuatan es krim disini juga masih menggunakan mesin fully-manual, dengan memanfaatkan tenaga kinestetik tanpa bantuan energi listrik.


Walaupun disebut sebagai kuliner yang unik, soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Jofiers bisa menemukan kuliner unik di Medan mulai minuman hingga makanan ringan yang manis dan gurih seperti di atas. Semoga membantu!


#jofiebakery #kulinermedan #kulinerunik #minumanunik #makananunik #khasmedan #beritamedan

24 views0 comments