Search

Menu khas Lebaran Idul Fitri bagi Masyarakat Indonesia

Tidak terasa, Lebaran Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, nih! Siapa yang tidak sabar dengan momen spesial satu ini, terkhususnya umat islam?


Momen dimana Hari Raya Idul Fitri yang identik banget dengan momen kebahagiaan yang saling memaafkan dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat terdekat. Namun, di sela-sela waktu berkumpul, rasanya akan kurang lengkap tanpa adanya menu lebaran yang istimewa dan tidak boleh dilewatkan bagi masyarakat Indonesia.



Hmm, kira-kira menu makanan apa saja ya? Yuk, lihat disini!


1. Ketupat


Selalu ada disetiap momen lebaran umat Islam, makanan khas lebaran satu ini berasal dari beras. Ketupat atau kupat merupakan makanan pengganti nasi yang dimasak sampai matang di dalam bungkus anyaman daun kelapa muda membentuk belah ketupat.


Biasanya, ketupat ini disantap bersamaan dengan hidangan khas lebaran lainnya, seperti rendang, opor ayam, semur daging, sate ayam, dan masih banyak lagi.


2. Opor Ayam


Makanan khas lebaran yang satu ini juga sering dihidangkan bersama ketupat, loh! Opor ayam merupakan makanan khas Indonesia yang sangat terkenal dan masih satu jenis dengan kari ayam. Pembuatannya juga menggunakan campuran santan dan rempah-rempah khas Indonesia, seperti kencur dan serai.


Selain dihidangkan bersama ketupat, opor ayam ini juga bisa ditemani dengan taburan bawang goreng yang gurih.


3. Rendang


Kombinasi dua menu sebelumnya memang mantap, tapi akan lebih lengkap lagi kalau ditambah dengan salah satu masakan terenak di dunia ini, yaitu rendang. Makanan yang berasal dari Padang ini biasanya dibuat dari daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan bumbu rempah. Dan cara memasaknya juga unik, Jofiers, yaitu dengan proses masak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa.


Rasa dari rendang ini merupakan kombinasi dari berbagai jenis rempah, namun rasa yang dominan adalah asin, manis, dan gurih.


4. Lontong Sayur


Tidak hanya sebagai menu sarapan, lontong sayur juga dihidangkan sebagai menu favorit saat lebaran idul fitri. Masih berasal dari Minangkabau, lontong sayur selalu identik dengan kuah santannya yang berwarna kuning. Kuah santan dari lontong sayur ini dibuat dengan bumbu khas masakan Minang.


5. Semur


Menu khas lebaran satu ini biasanya dibuat sebagai pengganti hidangan rendang dan biasanya dibuat dari daging sapi, ayam dan kentang yang kemudian di rebus dengan kuah berwarna coklat pekat. Kuah semur ini dibuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala dan rempah lainnya.


Isi semur ini juga bermacam-macam, Jofiers, seperti biasanya tempe, tahu, telur, ikan dan bahan lainnya sesuai selera. Hmm, sangat pas dihidangkan bersama nasi hangat.


Nah, itulah beberapa menu khas lebaran idul fitri bagi masyarakat Indonesia. Kalau Jofiers, mana menu khas lebaran favorit kamu?


#jofiebakery #idulfitri #lebaran2022

1 view0 comments