Search

Menguntungkan, Peluang Ide Bisnis di Medan

Updated: Jun 22, 2021

Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang ramai dan cocok menjadi kota dengan memiliki banyak peluang bisnis. Potensi bisnis yang bisa kamu manfaatkan bisa dengan aktivitas perekonomiannya yang menjadi primadona para pebisnis untuk memulai usaha di kota ini.



Bagi Jofiers yang tinggal di Kota Medan dan ingin membuka bisnis, Medan bisa menjadi salah satu pilihan terbaik yang perlu dipertimbangkan. Walaupun mungkin terdengar sedikit sulit. Namun jika anda berani dan bisa mempersiapkan konsep bisnis serta strategi pemasaran tentu saja brand usaha kamu akan dikenal.


Kira-kira peluang ide bisnis apa saja, ya, yang cocok di Medan?


1. Bisnis Jualan Kue Khas Medan



Makanan memang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia dan patut kamu pertimbangan, apalagi Kota Medan mempunyai berbagai kue khas yang banyak disukai. Selain datang ke Medan langsung, orang-orang juga banyak yang melakukan penitipan untuk membeli kue khas Medan. Karena kamu bisa mencoba peluang ide bisnis ini, dan memiliki hobi kuliner.


Seperti kata pepatah, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Yang berarti selain menyalurkan hobi, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya dengan melakukan jasa penitipan kue khas Medan.


Sementara untuk masalah promosi, kamu bisa memanfaatkan social media seperti Instagram, Facebook, dan yang lainnya. Kemudian jika kamu berencana membuka bisnis offline, kamu bisa mencari lokasi yang strategis.


2. Jasa Laundry



Peluang ide bisnis jasa laundry ini perlu kamu pertimbangan, karena kamu bisa membuka jasa laundry di rumah. Terutama bagi kamu yang tinggal di pemukiman ramai, dekat dengan kampus, perkantoran, pesantren dan yang lainnya. Menariknya, modal untuk membuka bisnis juga tidak terlalu besar. Kamu bisa memanfaatkan mesin cuci yang sudah kamu miliki sebelumnya.


Dengan begitu modal yang kamu butuhkan sekitar Rp 3.000.000. Modal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat spanduk sederhana, timbangan, barang-barang administrasi dan yang lainnya. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan alat mencuci, sikat baju, ember, hanger plastik, hingga rak pakaian.


Jika lokasi kamu sangat mendukung untuk bisnis usaha laundry ini cukup strategis, maka setiap harinya kamu akan mendapatkan orderan setidaknya 50 kg.


3. Produsen Jilbab atau Pakaian



Sampai saat ini, banyak sekali transaksi online yang dilakukan pada bidang fashion. Nah, ide bisnis ini bisa menjadi peluang besar bagi anda yang memiliki bakat menjahit. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dan memproduksi beberapa jenis fashion seperti jilbab, pakaian, dan lainnya.


Untuk memasarkan produk, kamu bisa memanfaatkan media sosial. Misalnya dalam satu bulan kamu dapat memproduksi sebanyak 500 jilbab dan dapat terjual dengan harga Rp 30.000.


4. Coffee Shop



Sumatera Utara memang ladang bagi pecinta kopi. Sumatera Utara sendiri memiliki banyak jenis kopi. Walaupun kita tahu di Medan sudah ramai dengan kedai kopi, namun peluang usaha kopi ini menjadi salah satu peluang ide bisnis.


Kamu bisa memanfaatkan kopi khas Medan dan juga kopi khas daerah-daerah lain yang memang terkenal dengan memproduksi kopi. Kamu juga perlu meluangkan untuk menggelar event-event pelatihan barista di kedai kopi kamu. Melakukan promosi bonus gelas, diskon, hingga mengadakan event nonton bareng sepak bola yang menjadi alternatif untuk memasarkan coffee shop kamu.


5. Usaha Fotocopy



Di Medan juga sudah banyak kampus hingga perkantoran, karena itu fotocopy dan percetakan cocok untuk menjadi peluang bisnis. Usaha fotocopy dapat dibilang cukup menjanjikan. Apalagi jika lokasinya strategis, bisnis ini tidak pernah sepi.


Seperti dalam satu kampus ada berapa banyak jumlah mahasiswa, apalagi jika setiap tahun terus bertambah jumlahnya. Maka dari itu mengapa bisnis fotocopy bisa sangat menguntungkan. Jika kamu merasa jasa fotocopy tidak terlalu menarik, kamu bisa menambahkan berbagai macam perlengkapan alat tulis ataupun yang lainnya.


6. Penjualan Pulsa


Di zaman serba modern ini, banyak yang mengira gerai penjualan pulsa tidak dapat lagi berkembang. Lantaran e-commerce sudah menyediakan pembelian pulsa secara online. Akan tetapi, tidak semua orang mempunyai akses untuk membeli pulsa lewat aplikasi.


Tak jarang orang-orang masih mengandalkan gerai penjualan pulsa untuk membeli pulsa maupun kartu perdana. Terlebih lagi jika kamu memilih lokasi yang strategis dan lingkungan ramai penduduk, gerai pulsa milik kamu tak akan kehilangan pembeli. Atau apabila rumah kamu berada di lokasi yang padat penduduk, kamu bisa membuka gerai pulsa didepan rumah. Hal itu sekaligus bisa meminimalisir biaya modal.


7. Ekspor Hasil Perkebunan



Dikenal sebagai penghasil kebun yang banyak seperti kakao dan kelapa sawit, Medan bisa menjadi rujukan tepat untuk kamu yang ingin memulai usaha di bidang ekspor hasil perkebunan. Selain itu, Medan juga penghasil tembakau, cengkeh, teh hijau, hingga tanaman hidroponik yang bernilai. Dengan ini kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis.


8. Usaha Makanan Organik



Saat ini, masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya kesehatan. Kesadaran ini pun terbawa hingga dalam hal pemilihan makanan. Terutama masyarakat Medan yang sudah mulai ramai menjual makanan sehat atau membuka katering makanan vegan. Karena menurut mereka pemilihan makanan organik merupakan hal penting untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.


Cara untuk memulai usaha ini, kamu bisa menjadi agen dengan perusahaan makanan organik yang sudah terkenal. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan petani sayuran di daerah yang menanam sayuran organik. Atau cara lainnya kamu bisa menanam tanaman organik sehingga biayanya pun dapat diminimalisasikan.


Nah, itulah beberapa peluang ide bisnis di Medan yang bisa Jofiers lakukan. Namun, apapun bisnis yang kamu jalankan, jangan mudah menyerah dan tetap semangat! Semoga membantu.


#jofiebakery #idebisnis #bisnismedan #umkmmedan #peluangbisnis #beritamedan

5 views0 comments