Search

Memulai Usaha Rumahan 24 Jam dengan Kuliner

Bisnis di bidang kuliner terus mengalami perkembangan bahkan di tengah situasi pandemi COVID-19 ini. Salah satunya adalah usaha kuliner rumahan yang semakin bervariasi. Dengan harga yang kompetitif dan kualitas yang beraneka ragam, jenis usaha kuliner yang paling laku sebagian besar didominasi oleh makanan dan minuman.



Selain maraknya konsumsi, usaha kuliner ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar serta dapat dikerjakan di rumah. Ditambah di era digital ini media sosial bisa dimanfaatkan. Bahkan ada pula yang tidak memiliki toko dan hanya memasarkan produknya secara online, serta belum memiliki perizinan usaha. Pelaku usaha dengan karakteristik tersebut juga dapat ditemukan disekitar kita, baik itu saudara, tetangga, teman atau kita sendiri.


Salah satunya Ibu Rumah Tangga ini yang memiliki usaha tanpa toko dan hanya memasarkan produknya melalui platform makanan dengan pembayaran non tunai, seperti GoFood , GrabFood, OkeFood, dan Maxim. Dipanggil akrab dengan Bu Nissa ini mengaku hanya menerima khusus pesan-antar, dan tidak ada makan di tempat.


Bingung Jika Tidak Sibuk


Sebelumnya, wanita kelahiran 28 Februari asal Medan ini belum pernah berjualan. Namun, sejak pelaksanaan pembatasan sosial yang terjadi awal tahun lalu, kegiatan di luar rumah dibatasi dan waktu di rumah jadi lebih banyak, membuat Bu Nissa mulai mencari kegiatan dengan membuka usaha kecil-kecilan dengan menjual makanan, minuman serta cemilan.


Beliau mengaku sudah terbiasa sibuk dan bingung jika tidak ada kegiatan.


Menariknya, usaha jualan tersebut dibuka selama 24 jam. Ditambah saat malam jam 10 keatas, banyak yang membeli makanannya. “Karena disaat jam segitu, banyak orang yang sering merasa kelaparan.” Jelasnya. Apalagi letak rumah Bu Nissa juga dekat kos-kosan serta kontrakan untuk para perantau di Medan.


Walaupun tidak memasang target penjualan, namun dalam sehari, beliau bisa menghasilkan sekitar Rp 500 hingga Rp 700 ribu. Untuk promo, Bu Nissa juga memberikan harga lebih rendah dan promo di awal dan di akhir bulan, yang mana sesuai dengan musim gajian.


Aneka Menu yang Beragam, Mulai dari Makanan Berat hingga Cemilan


Menu yang ditawarkan juga beragam nih, Jofiers! Mulai dari aneka Nasi Goreng Kecap, Nasi Goreng Mentega, Indomie, Martabak Mie, Bihun, hingga Soto Ayam. Uniknya, disini juga tersedia menu khusus untuk akhir bulan, yaitu Nasi Goreng Tanggal Tua. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 14 hingga Rp 20 ribu per menu. Dan untuk kalian yang ingin porsi besar dan double menu juga bisa, hanya menambah Rp 5 ribu saja.



Untuk pendamping menu makanan berat, Bu Nissa juga menyediakan aneka topping yang bisa dipilih. Mulai dari telur, nugget, bakso, ayam, atau komplit. Tak lupa dengan aneka minuman panas dan dingin yang juga ditawarkan dengan lengkap, yaitu Kopi, Kopi Susu, Teh Manis, dan Susu.


Selain itu, Bu Nissa juga menjual berbagai aneka cemilan untuk menemani hati santai kamu bersama orang rumah. Snack yang dijual beragam, ada yang manis hingga gurih, seperti Astor Hitam, Soes Coklat Kering, Cheetos, Orong-orong, Kacang Arab, Keripik Singkong, Sanjai, Stik Udang, Stik Balado, Makaroni Pedas, Kue Bawang, dan Stik Keju Renyah.



Bagi Jofiers yang tertarik untuk melihat aneka menu makanan serta cemilan lainnya milik Bu Nissa, bisa mengunjungi akun Instagram-nya di @nasigorengmami. Yang juga tersedia beberapa review dari pembeli yang pernah mencobanya. Awas pada ngiler nih, Jofiers!


Dan untuk Jofiers jika ingin usaha kamu diceritakan juga bisa menghubungi email Jofie di jofiekreatif@gmail.com. Ditunggu, ya!


#jofiebakery #umkm #usaharumahan #bisnisrumahan #bisnisonline #bisnismudah #dirumahaja #umkmindonesia #peluangusaha

14 views0 comments