Search

Surga bagi Wisatawan! Ini Tempat Wisata Tersembunyi di Sumatera Utara

Siapapun tahu jika Sumatera Utara memiliki segudang keindahan alam yang sangat indah. Daerah yang memiliki luas wilayah 72.981,23 km persegi ini memang dikenal dengan berbagai potensi wisata yang bisa memanjakan mata.



Bicara tentang wisata di provinsi paling utara yaitu Pulau Sumatera ini, pasti Jofiers langsung ingat dengan Danau Toba. Tidak dapat dielakkan, danau alami yang memiliki ukuran sangat besar ini telah menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) di Indonesia.


Walaupun terkenal dengan pesona Danau Toba, nyatanya daerah Sumatera Utara ini memiliki banyak surga tersembunyi lainnya. Jofiers juga bisa menikmati panorama indah di beberapa wisata ‘tersembunyi’ yang ada di Sumatera Utara.


Berikut tempat-tempatnya!


Air Terjun Namu Belanga


Air terjun yang berada di Kabupaten Langkat ini merupakan salah satu tempat wisata tersembunyi di Sumatera Utara. Aliran airnya tidak deras, bahkan airnya bersih dan sangat jernih. Bisa dilihat dari dasar permukaan air tanpa terhalang apapun, yang mana sangat indah untuk dinikmati dan melepas penat.


Saat kesini, Jofiers akan dimanjakan dengan suasananya yang sejuk dan masih dikelilingi alam. Untuk ke Air Terjun Namu Belanga ini, Jofiers perlu menempuh tracking yang cukup menantang dengan suguhan panorama yang memukau. Ditambah, tempat wisata ini belum banyak diketahui oleh orang-orang, sehingga sangat cocok bagi Jofiers yang ingin ketenangan.


Kolam Abadi Pelaruga


Kolam yang berada di Kota Langkat atau tepatnya berada di Desa Galuh Kecamatan Sungai Bingai ini diberi nama Pelaruga karena berasal dari komunitas Pelaruga (Pemandu Alam Rumah Galuh) yang menjaga dan melestarikan kolam pemandian alami ini.


Obyek wisata tersembunyi ini memiliki nama asli Air Terjun Teroh-Teroh yang mana airnya berasal dari mata air yang jernih dan bersih serta berwarna kebiru-biruan, sehingga dapat diminum langsung. Selain itu, suasana di sekitar kolam ini juga sangatlah tenang dengan semilir udara yang sejuk di tengah hutan.


Sebenarnya, kolam ini merupakan mata air yang membentuk seperti air terjun pada bagian atasnya. Ketika matahari menyibak kolam ini, maka akan terlihat cahaya yang memantul, sehingga bagian dasar kolam akan terlihat sangat jelas seperti kaca.


Air Terjun Efrata


Air terjun ini juga termasuk salah satu surga tersembunyi yang tidak akan mengecewakan Jofiers. Ketika berkunjung, Jofiers akan disambut dengan pemandangan aliran air yang menuruni bukit-bukit.


Air Terjun Efrata ini berada di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Samosir. Membelah liku-liku bukit yang membentang luas, air terjun yang mengalirkan air dari Bukit Barisan ini tercatat memiliki tinggi sekitar 20 meter.


Sekadar duduk dan bersantai di sekitar air terjun untuk menikmati pemandangan yang ada. Walaupun begitu, Jofiers juga bisa bermain air dan merasakan sensasi segarnya bermain air di bawah aliran air terjun.


Jika Jofiers ingin mengunjungi Air Terjun Efrata, terjalnya masih terbilang cukup mudah untuk diakses, karena lokasinya juga dekat dengan Danau Toba, loh! Maka dari itu, kalau ke Danau Toba jangan lupa untuk singgah ke Air Terjun Efrata ini, ya.


Kawah Putih Tinggi Raja


Salah satu objek wisata tersembunyi ini memiliki pesona alamnya yang unik ini adalah Kawah Putih Tinggi Raja, yang berada di kawasan Cagar Alam Dolok Tinggi Raja dengan luas sekitar 4 hektar di tengah lebatnya hutan.


Jika Jofiers sudah sampai ke Kawah Putih Tinggi Raja ini, kamu akan dibuat takjub dengan keindahan bukit kapur beserta aliran air panas yang begitu memesona. Selain itu, kolam air panas pun terlihat berwarna biru kehijau-hijauan.


Kawah Putih terbentuk dari panas bumi yang mengandung belerang, yang mana akhirnya terbentuklah bukit putih dengan sumber air panas bersuhu 90 derajat Celcius. Aliran air panas ini juga membentuk undakan batuan kapur dan kawah untuk berendam.


Dibilang wisata tersembunyi karena keberadaannya yang berada di dalam sebuah area hutan dan membuat banyak wisatawan tidak mengetahui keberadaan Kawah Putih Tinggi Raja. Untuk mencapai tempat ini juga, Jofiers harus melaluinya dengan berkendara sejauh 95 km dari Kota Medan.


Walaupun begitu, lelahnya perjalanan akan terbayarkan dengan pemandangan Kawah Putih Tinggi Raja yang sangat indah dan tenang, cocok dijadikan sebagai untuk relaksasi.


Tangkahan


Tempat wisata tersembunyi ini berada di kawasan yang masuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara. Bentuknya yang menarik seperti bentuk tanah berbukit serta hutan tropis ini memiliki suasana yang sejuk dan menambah pesona keindahan alam.


Selain itu, Jofiers akan disambut dengan gajah-gajah yang menggemaskan. Kamu akan melihat gajah-gaja yang sudah dilatih dan bahkan menjadi kru patroli Taman Nasional untuk mengawasi kegiatan ilegal yang terjadi di Tangkahan. Dan menariknya lagi, di Tangkahan ini Jofiers bisa memandikan gajah sambil mendengarkan gemericik air sungai yang mengalir segar.


Lokasi Tangkahan ini berada di Langkat, Kabupaten paling Utara di Sumatera Utara yang juga berbatasan langsung dengan Aceh.


Itulah beberapa wisata tersembunyi di Sumatera yang memiliki suasana yang tenang. Walaupun tempatnya yang tersembunyi, jangan lupa, untuk selalu menjaga kebersihan, ya, Jofiers!


#jofiebakery #tempatwisata #wisatatersembunyi #wisatamedan #sumaterautara #tempatsumut #beritamedan

15 views0 comments