Search

Media Massa di Medan, Ada Figur Pak Tuntung!

Media massa merupakan salah satu wadah informasi yang bisa didapatkan oleh masyarakat saat ini, dan salah satu media massa saat ini yang masih bertahan adalah koran. Dari koran nasional hingga koran daerah sampai saat ini masih bertahan di tengah-tengah gempuran portal berita online. Koran Medan adalah salah satunya. Hingga saat ini tercatat masih banyak koran Medan yang masih beroperasi.



Di Medan sendiri, koran Medan masih sangat banyak jenisnya. Setiap koran memiliki masing-masing sehingga masih terus digemari pelanggannya.


Karena begitu banyaknya harian lokal atau koran yang terbit saat ini, Jofie akan memberikan daftar koran Medan yang bisa dijadikan sebagai rujukan untuk dibaca sebagai salah satu media mendapatkan informasi yang aktual. Apa saja koran Medan? Yuk, lihat daftarnya disini:


Waspada


Surat kabar harian ini pertama kali yang terbit di Medan sejak pada tanggal 11 Januari 1947 dengan memiliki motto “Demi Kebenaran dan Keadilan”. Surat kabar ini yang menjadi surat kabar kebanggaan masyarakat Sumatera Utara khususnya untuk masyarakat Deli Serdang. Koran ini dicetak menggunakan kertas berkualitas dan juga sajian berita menggunakan bahasa yang santun dan beretika, membuat koran lokal ini tetap mendapatkan perhatian dari para pembacanya.


Berbagai berita bisa kita dapatkan di koran Waspada ini. Dan hal penting yang tidak boleh terlewatkan salah satunya adalah rubrik pariwisata Sumut. Rubrik ini hanya diterbitkan setiap hari Minggu saja. Namun, kehadirannya sangatlah ditunggu-tunggu. Tinjauan suatu lokasi wisata di Sumut di bahas tuntas sehingga sangat membantu bagi yang ingin mencari informasi tentang berbagai lokasi wisata di Sumut.


Sinar Indonesia Baru (SIB)


Koran harian ini memiliki popularitas tertinggi di Kota Medan dan khususnya di Tapanuli. Harian lokal ini memiliki motto “Harian Sinar Indonesia Baru, Terpercaya dengan Fakta”. Koran harian SIB ini memberikan kabar harian yang sangat dekat dengan masyarakatnya yaitu kekentalanya dalam mengangkat nilai religius yang kebanyakan adalah nasrani di Medan, khususnya Tapanuli.


Surat Kabar ini dimiliki oleh GM Panggabean yang didirikan pada tanggal 9 Mei 1970, yang mana ia dulunya seorang kontributor pada Harian Waspada. Koran SIB ini beredar dalam bentuk cetak maupun daring.


Pos Metro Medan


Salah satu surat kabar harian yang terbit di Medan ini mengulas tentang hukum dan kriminal dan mulai terbit sejak tanggal 1 Oktober 2001. Kantor pusatnya berada di Gedung Graha Pena yang terletak di Jalan Sisimangaraja. Pos Metro Medan ini termasuk ke dalam Jawa Pos Group.


Seperti kebanyakan, Pos Metro Medan juga memiliki slogan dan motto yaitu "Menyajikan Fakta Peristiwa dan Fenomena". Surat kabar harian ini menyajikan fakta dan fenomena yang tidak jauh dari kalangan pemerintah kota hingga kabupaten, serta ragam peristiwa yang terjadi saat ini.


Harian Republika


Salah satu surat kabar harian ini merupakan koran nasional yang dilahirkan oleh kalangan komunitas muslim untuk publik di Indonesia. Koran Republika ini pertama kali terbit tanggal 4 Januari 1993 dan dibawah bendera perusahaan PT. Abadi Bangsa.


Harian Republika ini mengulas mengenai berita terkini, membahas isu politik, dunia islam hingga peristiwa terhangat di Indonesia. Dan sudah memiliki anak perusahaan, yaitu ROL yang hadir sejak 17 Agustus 1995, dua tahun setelah Harian republika terbit.


Dengan kemajuan informasi dan perkembangan sosial media, keduanya hadir dengan berbagai fitur baru yang menjadi komunikasi media digital.


Analisa


Surat kabar harian ini memiliki sirkulasi terbesar nomor satu yang terbit di Medan, bersamaan dengan Hao Bao Daily yang merupakan surat kabar harian untuk berbagai bahasa Tionghoa. Koran Analisa termasuk ke dalam Lumut Media oleh Lumut Communication. Kantor pusatnya berada di Jalan Jend. Ahmad Yani (Jalan Kesawan).


Koran yang pertama kali terbit pada 23 Maret 1972 ini juga memiliki slogan dan motto, yaitu "Membangkitkan Partisipasi Rakyat Dalam Pembangunan". Sebelum menjadi surat kabar harian, Analisa diterbitkan seminggu sekali. Dan salah satu fitur Analisa yang paling dikenal adalah satu fitur Pak Tuntung yang muncul di halaman lima.


Aplaus Magazine


Media massa kali ini adalah salah satu majalah di Kota Medan yang terbit setiap bulan dengan mengusung tema Food, Travel, dan Inspiration. Majalah ini merupakan pelopor majalah lokal yang mengkhususkan diri pada pembahasan tema lifestyle atau gaya hidup kaum perkotaan. Aplaus pertama kali terbit pada tahun 2005 dibawah Harian Analisis.


Aplaus Magazine ini sempat menjadi tabloid dwi-mingguan, majalah mingguan, hingga saat ini menjadi majalah bulanan yang memiliki fisik yang luks dengan tebal 80 halaman.


Prinsip utama Aplaus Magazine ini adalah tetap mempertahankan media yang mendukung penuh perkembangan gaya hidup Medan dengan cara mengangkat figur, topik, atau kegiatan yang layak mendapat tepuk tangan atau applause.


Harian Andalas


Surat kabar harian yang pertama kali diterbitkan pada tanggal 14 Juli 2005 ini hadir di Medan saat Reformasi. Di tengah-tengah persaingan yang cukup ketat, Harian Andalas mengembangkan jurnalisme damai yang mencoba menawarkan solusi dengan menjadi media yang mengembangkan budaya politik, ekonomi, sosial, cinta tanah air, bela negara hingga penegak hukum.


Harian Andalas ini diterbitkan oleh PT. Star Media Internusa. Sebagian pengasuh Harian Andalas ini merupakan pemilik modal Harian Analisa. Yang mana kantornya berada di Jalan Tengku Amir Hamzah.


Beberapa koran yang disebut di atas bisa dijadikan sebagai rujukan untuk dijadikan informasi, ya, Jofiers. Kalau kamu, sudah pernah baca media massa yang mana saja? Semoga apapun informasi yang kita dapatkan, bisa bermanfaat untuk masyarakat. Terima kasih!


#jofiebakery #mediamassa #koranmedan #mediamedan #suratkabar #magazine #kabarharian #beritamedan

1 view0 comments