Search

Inspirasi Menu Sarapan yang Digemari Masyarakat Indonesia

Manfaat sarapan memang sangat banyak dan merupakan salah satu kebutuhan utama sehari-hari. Sebelum bekerja, sebelum sekolah, dan setiap memulai kegiatan apapun kita akan mengkonsumsi makanan tertentu yang mengenyangkan sehingga bisa menjalani aktivitas hingga siang hari.



Sebelum banyak ragam sarapan dari luar negeri, Indonesia juga memiliki berbagai sajian makanan yang menjadi menu sarapan khas. Mulai dari yang lezat dan murah meriah hingga kaya dengan rempahnya. Hal itu yang membuat olahan Indonesia menjadi ciri khas, terutama pada menu sarapannya.


Seperti apa menu sarapan khas Indonesia? Yuk, kita lihat disini!


Bubur Ayam


Salah satu menu sarapan ini memang sangat populer di Indonesia. Mulai dari tua, muda, hingga anak-anak juga menyukai menu sarapan Bubur Ayam ini. Selain bubur kuah kuning di Jawa, ada juga bubur tinutuan khas Manado yang menjadi menu sarapan favorit di sana.


Lontong Sayur


Kalau tadi menu Bubur Ayam yang sering kita temukan di Jawa, ada juga menu sarapan Lontong Sayur yang sering menjadi menu sarapannya orang Medan, nih!


Uniknya, Lontong Sayur ini menggunakan bahan utama yang sama saja, yaitu lontong atau ketupat. Sementara kuah dari Lontong Medan ini identik dengan kuah santan yang memiliki bumbu kental dengan kaya bumbu rempah.


Nasi Uduk


Sebagai masyarakat pecinta nasi, pasti sering mendengar kalimat ini “Orang Indonesia belum makan kalau belum ketemu nasi”. Yang mana ini membuat banyak menu sarapan khas Indonesia berupa nasi, salah satunya adalah nasi uduk ini.


Proses pembuatan dari menu sarapan ini juga unik, yaitu dengan menggunakan santan. Yang mana cita rasanya gurih ditambah lauk-pauk seperti suwiran telur dadar, orek tempe, dan gorengan bakwan.


Nasi Goreng


Masih dengan menu utama nasi, nasi goreng ini juga menjadi menu sarapan khas Indonesia dan selalu enak disantap kapan saja. Malah saking terkenalnya, makanan khas Indonesia ini sudah mendunia, nih!


Apalagi kalau dalam pembuatannya, kita bisa menambah bahan-bahan pelengkap sesuai selera kita. Mulai dari telur, suwiran daging dan ikan, hingga sayuran. Sudah pasti menambah cita rasanya.


Soto


Menu sarapan yang disajikan secara hangat ini memang cocok banget disantap saat cuaca dingin. Biasanya yang menjadi menu sarapan adalah soto ayam yang memiliki tekstur lebih ringan dibandingkan soto daging.


Sementara pada kuah soto, tergantung dari masing-masing daerahnya. Bisa bumbu kuning, santan atau bening. Untuk bumbu yang digunakan juga berbeda, bisa berasal dari daging, ayam, udang atau seafood.


Roti


Nah, menu sarapan satu ini juga sering digemari masyarakat Indonesia sebagai pengganti nasi. Roti sendiri terbuat dari tepung terigu sebagai bahan dasar utamanya, yang mana nantinya difermentasikan dengan ragi. Dan ada juga roti yang tidak menggunakan ragi.


Membahas roti, Jofie juga tersedia berbagai jenis roti yang bisa menjadi menu sarapan Jofiers, nih. Mulai dari Roti Tawar Gandum, Roti Tawar Pandan, hingga Roti Tawar Original sekalipun. Kalau bosan dengan selai, Jofiers bisa mencoba beberapa roti dengan aneka rasa di Jofie.


Itulah beberapa menu sarapan khas Indonesia. Apapun menunya, Jofiers juga jangan sampai melewatkan sarapan, nih! Karena manfaatnya bisa berguna untuk mengawali hari kamu, ya!


#jofiebakery #anekasarapan #sarapanpagi #menusarapan #indonesia

3 views0 comments