Search

Hal Menarik yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat di Medan, Uji Nyali di Taman Reptil Terbesar!

Setelah PPKM, bingung untuk menentukan pilihan berlibur dimana? Sudah saatnya kamu mengunjungi Kota Medan dan memasukkannya ke dalam destinasi wajib liburan kamu. Sumatera Utara sendiri sudah diresmikan sebagai salah satu kota yang memiliki banyak hal menarik yang bisa dilakukan. Terbukti dari keindahan alam hingga kekayaan budayanya yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawannya.



Nah, bagi Jofiers yang bingung ingin melakukan hal menarik apa di Medan. Bisa mengikuti beberapa rekomendasi dari Jofie. Siapa tahu, nantinya akan menemukan teman baru di tengah perjalanan kecil kamu. Penasaran dimana saja? Yuk, lihat disini!


1. Menjelajahi Kuliner: Makanan ala Medan


Medan memang terkenal sebagai surganya kuliner yang beragam dan cocok di lidah bagi pencicipnya. Mulai dari masakan khas Karo seperti Ikan Arsik, masakan khas India yang terkenal di Jalan Teuku Cik Ditiro, pusat jajan 24 jam buat para muda-mudi hingga kalangan orang tua sekalipun di Merdeka Walk, Mie Aceh Titi Bobrok yang terpopuler di Sumatera Utara, hingga berburu King of Fruit atau durian.


Kalau mau tempat-tempatnya, bisa mengunjungi beberapa tempat makan durian dan wisata kuliner rekomendasi Jofie di artikel lain nya.


2. Berkeliling Istana Maimun sambil Mendengar Cerita Sejarah


Bangunan kuning yang berada di pinggir jalan Brigadir Jenderal Katamso ini sering atau hampir selalu menjadi ikon Kota Medan. Bangunannya yang berdominan berwarna kuning ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Istana Kerajaan Deli atau tepatnya pada masa kekuasaan Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah.


Disini, Jofiers akan melihat-lihat koleksi foto-foto keluarga Sultan, perabot rumah tangga Belanda Kuno, dan berbagai jenis senjata. Jika saat beruntung, Jofiers bisa melihat pertunjukan musik melayu.


Dan jangan lupa untuk singgah ke sebuah tempat kecil tertutup yang berada di sekitar Istana Maimun, yaitu meriam Orang Medan atau disebut dengan Meriam Puntung. Untuk mengunjungi ke tempat ini, Jofiers juga tidak perlu membayar mahal. Menariknya lagi, banyak yang mengatakan kalau beberapa orang disini bisa mendengar air mengalir dari meriam tersebut.


3. Mengunjungi Keberagaman Agama dan Tempat Ibadah Bersejarah


Setelah puas berwisata di Istana Maimun, jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Raya Medan yang berada 1,3 kilometer atau hanya berada 20 menit dengan jalan kaki. Gaya desain arsitektur dari Masjid Raya Medan ini merupakan perpaduan Timur Tengah, India dan Spanyol. Menara dari Masjid Raya ini menjulang tinggi.


Selain Masjid Raya Medan ini, ada juga Graha Maria Annai Velangkanni yang mana merupakan sebuah candi untuk ritual ibadah umat Katolik dan Candi Sri Mariamman bagi umat Hindu yang juga tidak kalah menariknya.


4. Mengunjungi Taman Reptil Terbesar di Tanah Air


Tempat yang dinobatkan sebagai taman reptil terbesar di Indonesia ini berada 5 kilometer dari kota atau lebih tepatnya berada di Taman Buaya Asam Kumbang. Jofiers bisa mengajak keluarga untuk melihat ribuan buaya di sini, atau tepatnya terdapat 3000an ekor buaya. Mulai dari yang kecil yang besar sekalipun. Uji nyali banget, kan!


Hampir setiap hari taman ini ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai penjuru. Termasuk pada waktu akhir pekan dan musim liburan. Harga tiket untuk masuk ke taman penangkaran buaya ini juga murah, kok.


5. Mengelilingi Kota dengan Naik Bentor (Becak Motor)


Mengelilingi kota memang asyik, apalagi sambil menaiki Bentor alias Becak Motor yang merupakan gabungan becak dengan mesin atau motor. Bentor ini menjadi kendaraan umum yang biasa ditemukan di Medan dan sekitarnya. Untuk menemukannya juga tidak susah, murah, dan cepat.


Uniknya, bentor menjadi misteri “kapan akan belok” yang mana hanya sang pengendara dan Tuhan yang tahu jawabannya. Hmm, mantap.


6. Singgah ke Restoran Legendaris Bergaya Belanda


Restoran legendaris dengan bergaya Belanda atau Tip Top ini juga hal yang paling menarik dikunjungi saat di Medan. Tidak hanya orang tua, kalangan anak muda-mudi juga sering mengunjungi tempat es krim yang terkenal lezat dan manis dengan berbagai rasa ini.


Tidak hanya menjual es krim, restoran Tip Top ini juga menjual berbagai makanan dari Indonesia, Belanda dan beberapa Negara di Dunia. Lagu-lagu jazz yang santai menjadi background dengan suasana khas Belandanya.


Nah, itulah beberapa hal menarik yang bisa Jofiers lakukan saat di Medan. Tenang saja, masih banyak hal menarik yang bisa kamu temui saat berlibur ke Medan. Yang pasti, kamu tidak akan merasa bosan karena ada berbagai tempat wisata yang keren dan seru untuk dikunjungi, lho! Jangan lupa untuk mengajak orang-orang terdekatmu, ya.


#jofiebakery #halmenarik #medan #sumaterautara #kulinermedan #anakmedan #beritamedan

10 views0 comments