Search

Generasi Milenial, Perlu Kuasai Life Skill Ini!

Jofiers mungkin sudah sering mendengar tentang hard skill maupun soft skills. Diantaranya kedua skill tersebut, ada salah satu skill yang jarang disebutkan namun perlu banget, nih, kita pelajari. Dan bahkan kita miliki untuk saat ini. Skill tersebut juga disebut dengan life skills.



Keterampilan hidup atau life skills ini adalah kemampuan seseorang dalam berinteraksi dan beradaptasi dengan orang lain. Lalu apa saja ya life skills yang perlu kita miliki sebagai kaum milenial saat ini? Yuk, kita lihat disini!


Kemampuan Menyelesaikan Masalah


Dalam dunia kerja, masalah pasti akan hadir dalam berbagai bentuk. Seperti masalah komunikasi antar karyawan, yang mana pastinya tidak bisa kita hindari. Dan bisa jadi hall tersebut berpengaruh untuk menimbulkan masalah-masalah yang baru juga.


Tidak hanya pada level tertinggi, hampir semua posisi atau jabatan kerja pasti memiliki masalah tersendiri. Maka dari itu, ada baiknya Jofiers memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah dengan cepat dan efektif. Hal tersebut bertujuan agar masalah yang ada tidak terlalu berlangsung lama dan menjadi masalah besar.


Selanjutnya, sebesar apapun masalahnya, setiap generasi milenial diperlukan memiliki kemampuan untuk mencari solusi pada setiap masalah yang ada. Dengan memiliki kemampuan pemecahan masalah, tanpa disadari kariernya pun akan melesat dengan cepat karena memiliki sifat dasar kepemimpinan.


Kreatif


Dengan berbekal kreativitas, ide-ide baru untuk Jofiers akan terus bermunculan yang berguna bagi banyak orang. Jofiers bisa mengasah kreativitas dengan banyak membaca buku, menonton berita, atau menonton youtube. Maka dari itu, banyaknya inovasi teknologi yang disediakan serta kemudahan akses informasi, kreativitas Jofiers masih bisa diasah.


Terlebih lagi, kemampuan berpikir secara kreatif juga bisa memberikan ide atau solusi unik untuk memecahkan suatu masalah. Biasanya, orang kreatif juga lebih terbuka terhadap ide-ide baru dan berani mengambil resiko.


Kemampuan Memimpin


Keterampilan ini juga tidak kalah penting untuk dimiliki oleh generasi muda. Sebagai seorang individu, Jofiers juga tidak hanya memerlukan skill perencanaan diri yang baik saja, namun juga perlu memiliki skill kepemimpinan yang baik pula.


Apalagi, skill kepemimpinan ini tidak hanya diperlukan oleh seorang manajer saja, namun seorang staff juga harus memiliki sifat dasar kepemimpinan untuk memimpin suatu acara, proyek atau pekerjaan.


Skill Team Work (Kemampuan Bekerja Sama)


Berkompetisi memang harus, namun berkolaborasi juga tidak boleh lebih penting. Jofiers juga harus bisa bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai kesuksesannya.


Apalagi di dunia profesional sangat sulit untuk bisa sukses tanpa bantuan orang lain. Di era kolaborasi seperti sekarang, dengan Jofiers mampu bekerja sama dengan orang lain juga menjadi poin plus tersendiri.


Jangan karena mampu bekerja sendiri bakal terlihat keren, justru mereka yang mampu bekerja sama dengan siapapun bakal memiliki karir yang melejit.


Mampu Menilai dan Mengambil Keputusan dengan Baik


Beberapa dari Jofiers pasti tahu, kalian akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan-pilihan di dunia profesional. Baik itu memilih perusahaan untuk bekerja, memilih strategi untuk mengembangkan bisnis dan masih banyak lagi.


Salah dalam mengambil keputusan bisa berakibat fatal kedepannya. So, pentingnya untuk memiliki kemampuan mengambil keputusan yang baik. Caranya? Dengan menjabarkan kelebihan dan kekurangan dari setiap keputusan yang diambil, setelah itu Jofiers bisa membuat keputusan.


Kemampuan Public Speaking


Kemampuan public speaking ini akan membuat karir Jofiers meningkat. Karena, tidak semua orang bisa untuk berbicara di depan umum dan cenderung takut untuk memulainya. Padahal keterampilan yang satu ini cukup baik untuk dimiliki dan dapat digunakan untuk memimpin rapat, seminar, bahkan acara-acara besar.


Kedepannya, Jofiers juga akan sukses sebagai profesional muda dan tidak ada salahnya untuk mempelajari keterampilan yang satu ini. Jofiers bisa mencoba latihan dengan cermin untuk meningkatkan kepercayaan diri. Atau Jofiers juga bisa melakukan latihan di depan teman atau keluarga.


Manajemen Waktu


Selain kemampuan diatas, kemampuan manajemen waktu ini juga merupakan keterampilan yang tidak boleh Jofiers lewatkan di dalam dunia pekerjaan. Jofiers juga harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin agar dapat menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan yang baik.


Kemampuan ini juga akan menunjukan bahwa kamu memiliki pribadi bertanggung jawab dan memiliki kedisiplinan yang tinggi. Dan sangat penting untuk memiliki soft skill satu ini.


Kemampuan Kecerdasan Emosional


Saat ini, perusahaan tidak hanya melihat kecerdasan secara teknis, namun juga mulai melihat kandidat-kandidat terbaik dari segi kecerdasan emosional. Namun, apa yang dimaksud dari kecerdasan emosional?


Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengatur emosi di dalam diri. Emosi itu bisa marah, kecewa, sedih, senang dan lain-lain. Mereka bisa mengaturnya di dalam situasi-situasi yang tepat.


Seperti, seseorang yang mendapatkan kritikan pasti merasa kesal dan marah. Namun sebagai kalangan profesional, Jofiers juga harus menahan dan menjadikan kritikan tersebut sebagai masukan untuk menjadi lebih baik lagi.


Nah, itulah beberapa skills yang perlu dimiliki bagi milenial. Siapa tahu skill kamu bisa bermanfaat dan dapat bersaing di dunia pekerjaan. Pastikan juga Jofiers memiliki waktu untuk membaca dan belajar menguasai skills tersebut, ya!


#jofiebakery #softkill #lifeskill #hardskill #skills #kemampuan #tipsandtrick

17 views0 comments