Search

Dibawah 10juta! Franchise dengan Modal Kecil di Medan

Updated: Jul 10, 2021

Siapa yang tidak ingin memiliki usaha sendiri? Mungkin perlu berpikir berulang kali untuk membangun usaha sendiri. Apalagi bagi calon pengusaha yang memiliki modal kecil. Namun, kamu tidak perlu khawatir.



Ada banyak waralaba makanan dan minuman yang menawarkan franchisenya dengan modal kecil. Bagi Jofiers yang ingin mencoba usaha namun hanya memiliki modal kecil, beberapa usaha ini bisa menjadi pilihan kamu, loh!


Penasaran apa saja franchise yang murah dibawah 10 juta? Yuk, kita lihat disini!


1. Tentang Kita Toast


Salah satu franchise ini merupakan bagian dari franchise kuliner Tentang Kita Cokelat yang menjual signature premium toast yang dikemas modern dan praktis. Tentang Kita Toast juga menjadi pelopor produk minuman dengan harganya yang terjangkau dan didukung kualitas bahan baku premium.


Tentang Kita Toast membuka kemitraan usaha kuliner dengan konsep lokal dan dengan harga ekonomis. Tersedia paket usaha mulai dari 3,8 juta dimana mitra akan langsung mendapatkan peralatan, hingga bahan baku dan siap berjualan. Tersedia juga paket lain yang menyediakan booth portable.


Keuntungan yang kamu dapatkan juga lumayan, seperti no royalty fee, hingga bebas memilih tempat jualan. Selain itu, keuntungan penjualan akan 100% menjadi milik mitra.


2. Rachacha Thai Tea Indonesia


Salah satu usaha yang bergerak di bidang kuliner minuman cepat saji ini menawarkan minuman yang enak dan segar dengan bahan baku berkualitas tinggi namun dengan harga yang terjangkau serta memberikan pelayanan yang memuaskan untuk para mitra dan pelanggan Rachacha Thai Tea Indonesia.


Bisa dibilang franchise Rachacha Thai Tea ini sangat menarik calon mitra karena harga yang ditawarkannya cukup terjangkau, yaitu 8,9 juta untuk salah satu paket usahanya. Keuntungan yang didapatkan oleh mitra setelah bergabung dengan franchise ini akan mendapatkan semua peralatan penjualan komplit, media marketing kit, bahan baku, dan support system dari Rachacha Indonesia. Selain itu, mitra juga tidak dikenakan Royalti Fee dan tanpa manajemen Fee yang artinya 100% keuntungan dimiliki oleh mitra.


3. Chiclin


Franchise ini merupakan makanan berbasis Taiwan Street Food yang menawarkan menu daging ayam diiris tipis dengan dibalut tepung, kemudian digoreng dan disajikan dengan cara dipotong, serta diberi bumbu tabur. Jenis olahan makanan ini memang sedang disukai oleh kalangan muda-mudi di Indonesia.


Keuntungan memiliki franchise ini ada pada sistem no royalty fee yang artinya 100% pendapatan akan menjadi milik mitra seutuhnya. Mulai dari paket usaha termurah yaitu 8,8 juta, kamu sudah pasti mendapatkan layanan dari tema support, design booth jualan yang sangat eksklusif, serta franchise yang sudah jelas didukung oleh SDM yang terstruktur.


4. Candy Crepes


Salah satu franchise ini bisa dibilang berhasil dalam usaha, karena dalam sehari mitra akan menjual 200 hingga 350 porsi / harinya. Dan dalam sebulan omset bisa mencapai 15 juta hingga 20 juta.


Keuntungan memiliki franchise Candy Crepes ini adalah gratis biaya royalti atau semua keuntungan hasil penjualan 100% milik mitra dan tidak ada sistem bagi hasil dengan perusahaan. Lalu, mulai dari paket usaha 6,7 juta ini, mitra juga akan mendapatkan perlengkapan secara lengkap dan siap jualan. Serta kualitas bahan baku yang berkualitas.


Nah, itulah beberapa franchise dengan modal kecil dibawah 10 juta yang bisa Jofiers coba sebagai membuka usaha.


Tips Memilih Franchise dengan Bijak


Walaupun begitu, perlu diingat juga bahwa selain membeli franchise, pembeli waralaba juga harus memikirkan tentang gaji karyawan dan juga beberapa persiapan lainnya. Jadi kita memang harus benar-benar mempersiapkan diri secara finansial sebelum membeli sebuah waralaba.


Sebelum Jofiers membeli franchise untuk berbisnis, pastikan dulu untuk memenuhi hal-hal seperti berikut:


  • Pilih Produk dengan Target Pasar Jelas


Poin sangat penting sebelum memulai bisnis makanan dan minuman. Sebelum menjual produk, kamu juga perlu memastikan bahwa ada yang akan membeli produk kamu. Lakukan pengecekan pada skala penjualan produk yang ingin kamu pilih. Biasanya, setiap bisnis franchise memiliki catatan berisi jumlah dan jenis produk yang laris di pasaran.


  • Pastikan Produk Tidak Musiman


Seperti minuman es kepal milo yang sempat booming beberapa tahun lalu, sayangnya minuman ini hanya bertahan sebentar. Kamu tentunya ingin menjalankan bisnis dalam jangka waktu lama. Untuk itu, pastikan bahwa produk yang akan kamu jual bukanlah makanan atau minuman musiman.


  • Pilih Franchisor yang Suportif


Pemilihan franchisor juga penting dengan memilih produk yang kamu jual. Usaha makanan dan minuman akan mengalami naik turun, salah satunya dari segi persaingan. Untuk itu, pilihlah franchisor yang bisa memberikan kamu support dan bimbingan bisnis.


  • Reputasi Brand


Hal ini juga termasuk peran penting dalam berbisnis. Sebagian besar konsumen akan mempertimbangkan pembelian pada reputasi brand tersebut. Pilihlah brand dengan reputasi baik dan memiliki catatan bersih atau tidak pernah memiliki masalah dengan brand lain.


  • Siapkan Modal yang Sesuai


Modal juga merupakan hal penting dalam berbisnis franchise. Pilih bisnis yang sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Saat ini banyak bisnis franchise kekinian dengan modal terjangkau, salah satunya roti toast dan minuman boba.


Cara Membangun Franchise


Setelah mengetahui franchise yang ingin dijual dan beberapa tipsnya, Jofiers juga perlu mempelajari cara membangun franchise. Berikut adalah beberapa caranya:


  • Pastikan franchise yang dibuka memiliki ciri khas dan keunikan

  • Susun laporan keuangan yang tepat dan rinci

  • Buat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang Jelas

  • Pastikan adanya dukungan dari pemilik franchise dan mitra bisnis

  • Pastikan ada hak kekayaan intelektual atau Hak Cipta dan izin usaha.


Tertarik untuk mencoba usaha franchise? Yuk, kumpulkan niat dan semangat berwirausaha, lalu siapkan diri untuk mengeksekusi usaha yang kamu bangun. Semoga apa yang Jofiers niatkan menjadi hal baik. Semangat!


#jofiebakery #waralaba #usahamodalkecil #franchisemedan #franchiseindonesia #tipsandtrick #business #beritamedan

1,416 views0 comments