Search

Buah-buahan Khas Kota Medan dan Sekitarnya

Seperti yang kita tahu, Indonesia sebagai negara tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan panas ini memiliki tanah yang subur. Hal tersebut berdampak pada masyarakat Indonesia yang menghasilkan ragam budidaya. Terutama di Sumatera Utara, khususnya di Medan, yang memiliki buah khas daerahnya.


Buah-buahan tersebut bisa menjadi buah tangan bagi keluarga saat berkunjung ke Medan. Tidak hanya durian, ada beberapa jenis buah lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh dari Kota Medan. Yuk, kita simak disini!


1. Durian



Buah satu ini pasti sudah tidak asing lagi sebagai oleh-oleh dari Medan. Bahkan durian sudah menjadi kuliner terkenal di ibu kota Sumatera Utara ini. Walaupun di tempat lain juga menghasilkan durian, namun di Medan sendiri buah durian memiliki rasa yang manis, sedikit pahit dan legit. Tekstur yang pada durian Medan ini juga lebih lembut dibandingkan durian yang lainnya.


2. Salak



Selama ini, buah salak dihasilkan oleh Kota Padangsidimpuan dan dikenal sebagai penghasil buah salak di Sumatera Utara. Salah yang dihasilkan dari daerah ini memiliki rasa unik.


Jika salah pada umumnya memiliki rasa asam, manis dan kelat, salak Sidempuan bisa dimodifikasi menjadi rasa apel, jeruk, jambu, nangka dan nanas. Raga, rasa ini bisa didapatkan karena sebagian petani membudidayakan salak dengan bantuan teknologi.


Menariknya lagi, salak ini diekspor ke luar negeri juga, seperti Malaysia, Singapura, dan Penang.


3. Rambutan


Tidak jauh dari Medan, rambutan Binjai juga terkenal di pulau Sumatera Utara. Bahkan tanaman ini sudah dibudidayakan hingga ke luar pulau Sumatera Utara karena keunggulannya. Bila tengah musim, para pedagang biasanya akan menggelar dagangan mereka di tepi jalan dengan harga yang cukup bervariasi.


4. Markisa



Berasal dari Kabupaten Karo, buah markisa ini sering diolah sebagai minuman berupa sirup. Buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam dan sedikit asam ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di Kota Medan.


Tidak hanya sebagai sirup, buah markisa ini diolah sebagai produk baru dari Jofie, yaitu Passion Mousse Cake dan Dessertbox Passion. Perpaduan rasa buah yang segar serta sponge coklat yang lembut ini akan menjadi pengalaman rasa baru di lidah kamu, loh!


5. Jeruk


Hampir di setiap desa di Kabupaten Pakpak Bharat dapat ditemukan buah jeruk. Buah ini biasanya dijual kepada para distributor dan disalurkan ke berbagai daerah di Sumatera Utara. Jeruk Pakpak Bharat ini dikenal dengan rasa yang manis dan berukuran sedang.


Nah, itulah beberapa buah khas Kota Medan dan sekitarnya. Walaupun memiliki perbedaan asalnya, buah-buah tersebut memiliki khas rasa masing-masing serta menyehatkan. Semoga membantu!


#jofiebakery #tamarillo #mousscake #dessertbox

5 views0 comments