Search

Bosan di Rumah Saja? Ini Kegiatan Selama PPKM

Updated: Jul 17, 2021

Belum ada perubahan baik mengenai kasus positif COVID-19 dalam beberapa pekan terakhir ini membuat pemerintah melaksanakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) darurat kurang lebih selama 1 minggu. Dan disamping itu, mulai diterapkan WFH (Work From Home) yang mana juga membatasi jam operasional tempat-tempat umum, seperti Supermarket, Restoran, Tempat Wisata dan masih banyak lagi.



Dengan dilakukannya peraturan ini, maka waktu kamu di rumah bersama keluarga akan lebih banyak nih, Jofiers. Agar tidak bosan dikala mengisi waktu senggang selepas bekerja, Jofiers bisa melakukan berbagai kegiatan positif di rumah selama PPKM ini.


Apa saja, ya? Cek disini kegiatannya!


Menonton Film


Siapa disini yang tidak suka menonton film? Kebanyakan orang pasti menyukai kegiatan satu ini, ya. Apalagi menonton film bisa menghibur diri di saat sedang jenuh atau bosan. Selain itu, menonton film tidak hanya sekedar melepas jenuh.


Kegiatan ini juga bisa menambah wawasan dan pelajaran kamu, Jofiers! Kamu bisa memilih film yang dapat mengedukasi atau sekaligus menghibur. Ditambah saat ini, sudah banyak platform untuk menonton film atau drama secara gratis atau berbayar yang bisa ditonton kapan saja.


Membaca atau Membuat Artikel


Bagi Jofiers yang mungkin lebih menyukai kegiatan membaca daripada menonton film, bisa mencoba kegiatan satu ini. Selain melepas jenuh atau bosan, membaca bisa menambah wawasan dan mengisi waktu luang kamu.


Jika kalian mahir membuat artikel, menulis artikel juga bisa menambah penghasilan jika kalian kirim ke redaksi yang menerima penulis lepas. Dan redaksi tersebut akan membayar tulisan kalian. Hmm, menarik banget nih untuk dicoba Jofiers.


Menjaga Komunikasi


Walaupun sedang menjalani WFH (Work From Home) bersosialisasi seperti di tempat kerja juga sangat penting. Lantaran berada dirumah saja bisa membuat putus asa dan kesepian, sehingga akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan mental kita.


Jofiers bisa tetap terhubung dengan rekan kerja melalui handphone dengan memanfaatkan telepon video, seperti Zoom ataupun Google Meet. Lakukan minimal satu kali dalam seminggu agar kamu tetap terhubung dan bersemangat menjalani pekerjaan di rumah saja.


Menjaga Kesehatan


Kegiatan selanjutnya yang bisa kamu lakukan ini adalah hal yang paling penting. Menjaga kesehatan juga perlu dilakukan nih, Jofiers. Walaupun kamu hanya di rumah saja, tidak berarti kamu hanya melakukan WFH dan tidur-tiduran saja, ya!


Kamu bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dengan berolahraga di rumah. Bisa memanfaatkan alat olahraga atau melakukan olahraga dengan mengikuti beberapa cara yang ada di Youtube.


Tidak hanya menjaga kondisi tubuh, Jofiers juga perlu mengkonsumsi makanan sehat secara teratur agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan sehat. Selain itu, pilih lah makanan yang mengandung gizi seimbang. Hindari juga mengkonsumsi makanan cepat saji terlalu banyak.


Untuk menjaga daya tahan tubuh, Jofiers juga harus menyelingi dengan mengkonsumsi suplemen dan vitamin tambahan. Eitsss… Jangan lupa, pastikan kualitas tidur Jofiers tetap terjaga dengan baik, ya. Jangan karena di rumah saja, kamu hanya tidur-tiduran, nih. Lakukan pola tidur 7 hingga 9 jam per harinya.


Membuat Suatu Kreasi


Apabila kalian memiliki bakat dalam seni maupun kerajinan, dan terkendala karena tidak ada waktu selama bekerja. Sekarang merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan bakat kalian, Jofiers! Dengan adanya pelaksanaan PPKM ini kalian bisa lebih sering di rumah dan memiliki banyak waktu luang.


Gunakan waktu luang tersebut dengan melakukan hal-hal bermanfaat yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, misalnya seperti membuat kreasi yang memiliki nilai jual.


Selain itu menghasilkan uang, ternyata membuat suatu kreasi atau kerajinan tangan bisa mengurangi stres. Atau bagi Jofiers yang tidak memiliki jiwa seni, kamu bisa memulainya dengan hal kecil, seperti mewarnai buku bergambar dengan pensil warna. Kegiatan ini sangat sederhana namun bisa mengalihkan pikiran Jofiers dari hal-hal yang mengganggu pikiran.


Memasak


Demi memenuhi kebutuhan nutrisi selama pandemi, memasak makanan sendiri dinilai lebih sehat dan aman daripada harus membeli makanan dari luar.


Memasak memang merupakan aktivitas sehari-hari yang lazim dilakukan. Namun, kegiatan ini akan semakin seru dan bermakna jika dilakukan bersama keluarga tersayang di rumah.

qey

Selama di rumah, Jofiers bisa berbagi tugas bersama saudara atau orang tua di rumah. Hal ini juga bisa menumbuhkan kebiasaan kerja sama sekaligus memperlancar komunikasi dengan orang rumah.


Membersihkan Rumah


Sebagian orang memandang aktivitas membersihkan rumah, seperti menyapu, mengepel, serta mencuci piring atau baju sebagai pekerjaan yang membosankan.


Namun, di tengah situasi pandemi seperti ini, ada baiknya Jofiers dan orang rumah menjaga kebersihan menjadi salah satu prioritas demi menciptakan lingkungan yang sehat.


Terutama bagi kamu yang selama ini hanya disibukkan oleh pekerjaan, bisa melakukan kegiatan satu ini. Jofiers bisa melakukannya bersama keluarga di rumah untuk mengusir rasa malas sekaligus mengisi waktu demi menghindari kebosanan.


Melakukan Perawatan Diri


Selama WFH (Work From Home) waktu luang selepas bekerja juga bisa diisi dengan melakukan perawatan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Seperti diketahui, melakukan perawatan kulit atau skin care seperti masker, lulur spa hingga creambath, sebagai kegiatan yang hanya dilakukan dan diperlukan oleh perempuan.


Padahal, baik pria maupun perempuan juga sama-sama perlu melakukan perawatan demi menjaga kesehatan kulit.


Sekian beberapa kegiatan yang bisa Jofiers lakukan selama PPKM untuk membuat waktu luang kamu selama di rumah lebih bermanfaat. Jangan lupa, untuk tetap patuhi peraturan, jaga kesehatan dan sehat selalu ya, Jofiers! Semoga bermanfaat.


#jofiebakery #ppkm #dirumahsaja #stayhome #staysafe #kegiatandirumah

7 views0 comments