Search

Bolu, Makanan Manis Dengan Sejarah Istimewa

Bagi pecinta makanan manis, siapa yang tidak kenal dengan bolu, yang menggunakan tepung, gula dan telur sebagai bahan utamanya. Bolu sendiri berasal dari bahasa Portugis, yaitu bolo yang artinya sama dengan cake dalam bahasa Inggris.



Umumnya, bolu ini dibuat dengan cara dipanggang didalam oven. Namun, setelah berkembangnya zaman, bolu juga bisa dikukus dengan menciptakan beberapa varian sesuai keinginan pasar. Dan tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan perut. Makanan manis satu ini juga telah menjadi kuliner yang meluas pada seni dan kebanggaan saat berkunjung ke tempat wisata kuliner.


Namun, dibalik proses pembuatan dan kenikmatannya, bolu juga memiliki sejarah nih, Jofiers! Pada awalnya, bolu dibuat untuk memperingati ritual upacara keagamaan, namun seiring perkembangan zaman cake disajikan secara khusus untuk memperingati hari bersejarah dalam kehidupan manusia seperti hari kelahiran, perkawinan, pembaptisan, masa liburan dan bahkan disajikan saat ada kematian, sebagai kue spesial untuk penghormatan bagi orang-orang tersayang.


Cerita Dibalik Bolu


Kemudian, perkembangan bolu mulai sangat bervariatif pada abad ke-19 sejak ditemukannya baking powder sebagai bahan pengembang cake. Sehingga kita bisa mengenal cake seperti yang kita makan saat ini, dengan tambahan gula icing sebagai topping atau tambahan butter cream sebagai hiasan atau filling.


Sebelumnya, istilah bolu dikenal sebagai makanan yang memiliki bentuk seperti roti dengan penambahan madu sebagai pemanis. Dan menjadi sangat beragam setelah ditemukannya bahan pengembang cake tersebut.


Sementara, sejarah cake di berbagai negara Eropa juga dikenal sangat beragam. Dilihat dari penggunaan bahan utama, yaitu tepung terigu, gula, telur dan margarin dengan perbandingan 1:1:1:1, maka dikenal dengan istilah Pound Cake yang berkembang di wilayah Inggris Raya. Biasanya, penyajian bentuk pound cake menggunakan loyang roti atau dibentuk “bundt” dengan bagian tengah berlubang dan ditabur gula icing.


Dan di Perancis Cake atau bolu dikenal istilah gateaux yang artinya makanan berasal dari pastry seperti puff pastry, shortcrust pastry, sweet pastry, choux pastry (kue sus), genoese dan meringue. Gateaux adalah jenis cake sederhana berbentuk bulat dengan bahan utama terigu dan air dengan penambahan bahan telur, madu, butter cream dan susu.


Itulah cerita dibalik bolu. Bagi Jofiers penikmat bolu dan ingin menjadikannya sebagai cemilan saat bersantai bersama keluarga, Jofie juga tersedia varian bolu yang beragam. Mulai dari Bolu Banana Original, Bolu Lemon Cake Cheese, Bolu Caramel Cake, Bolu Kenari, Bolu Banana Cheesecake, Bolu Redvelvet Oreo Cheese, Bolu Cheese Talas Bogor, Bolu Pandan Cheese, Bolu Chocochips, Bolu Coklat 3 Rasa hingga Lapis Surabaya.



Jofiers bisa menemukan varian lainnya di outlet Jofie terdekat. Atau kalau ingin tidak mau repot, bisa pesan online melalui Grabfood, Gofood, Shopee dan Tokopedia. Gimana, Jofiers penasaran dengan rasanya? Yuk, pesan sekarang juga karena Jofie selalu Berkualitas Ga Pake Mahal, deh!


#jofiebakery #sejarahbolu #kueultahmedan #customcake #bolukukus #bolupanggang

1 view0 comments