Search

Bingung Berbisnis Apa Saat Pandemi? Ini Tren Bisnis Selama PPKM

Sudah berjalan setahun lebih Indonesia mengalami pandemi COVID-19 sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini. Dan sejak pertengah bulan Juli ini, kembali dilakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. Masyarakat Indonesia pun sudah terbiasa menjalani kehidupan sehari-hari di tengah pandemi yang juga berbarengan dengan dunia digital, yang mana hampir seluruh kegiatan bisa dilakukan berbasis online.



Karena kebiasaan baru tersebut memungkinkan siapapun untuk berbisnis secara online. Namun, adanya protokol kesehatan tentu akan membentuk perilaku bisnis yang berbeda yaitu dilakukan secara daring. Selain itu, pandemi ini juga menciptakan inovasi baru dalam ide berbisnis.


Nah, apa saja ya tren bisnis selama PPKM ini? Berikut ide-idenya yang bisa Jofiers terapkan di rumah:


Makanan dan Minuman


Bisnis kuliner seperti cafe dan restoran dengan layanan makan di tempat atau dine-ini merupakan salah satu bisnis yang paling terasa dampaknya dari pandemi corona ini. Sebuah riset juga membuktikan bahwa 58% konsumen Indonesia memilih mengurangi frekuensi makan di tempat selama pandemi.


Walaupun begitu, bisnis kuliner ternyata merupakan salah satu bisnis yang masih sukses bertahan di tengah pandemi. Salah satunya makanan beku atau frozen food yang bisa disimpan lebih lama. Lalu, makanan ringan yang ternyata berpeluang menjadi bisnis baru setelah pandemi.


Selain makanan, Jofiers juga bisa menjual produk minuman literan seperti yang pernah dilakukan oleh beberapa brand kopi, yaitu Starbucks dan Kopi Kenangan. Nah, untuk Jofiers yang tidak suka minuman berkafein, bisa menggantinya dengan jus maupun minuman sehat lainnya.


Untuk pemasaran produk, bisa kamu lakukan secara online dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram dan bahkan Whatsapp Status.


  1. Berjualan Produk Kesehatan dan Kebersihan


Sejak pandemi COVID-19, gaya hidup masyarakat berubah semakin besar dan menjadi hal yang paling penting, terutama yang berhubungan dengan kesehatan diri. Hal itu juga berpengaruh kepada benda-benda yang wajib dibawa seseorang kemanapun ketika beraktivitas adalah masker, hand gel, dan spray antiseptik. Ketiga benda tersebut tidak pernah lupa dibawa dan menjadi barang penting, demi melindungi diri dari paparan virus.


Nah, ide bisnis ini bisa menjadi rekomendasi untuk kamu, Jofiers! Kamu bisa membuat masker dan hand sanitizer sendiri di rumah dan menjualnya secara daring melalui media sosial atau e-commerce.


Reseller atau Dropshipper Online


Ide ini bisa kamu coba untuk berbisnis yang bisa menambah pemasukan kamu karena di masa PPKM ini rata-rata aktivitas belanja online meningkat sebesar 30%. Untuk berbisnis reseller ini pun kamu juga tidak hanya terbatas untuk berjualan barang saja, namun Jofiers juga bisa menjual produk-produk digital seperti pulsa, paket data, Spotify Premium, Youtube Premium, atau aplikasi-aplikasi premium lainnya yang saat ini menjadi teman saat kamu di rumah.


Jika memiliki modal, Jofiers bisa mencoba reseller untuk berjualan barang dan menggunakan e-commerce untuk membantu jualanmu. Kamu bisa berjualan barang yang akan dibutuhkan saat di rumah saja, seperti baju rumah, permainan, dan barang-barang lainnya.


Bidang Jasa / Tutor Online


Bagi Jofiers yang memiliki keahlian untuk mengajar, kamu bisa menjadikan ini peluang bisnis selama PPKM dengan cara membuka bimbingan belajar atau kelas online. Hal ini cukup menarik karena kelas online sangat mudah untuk dilakukan dan cukup digemari apabila Jofiers bisa membuat kelas yang menarik.


Misalnya, kamu ahli dalam menggunakan program-program komputer, maka kamu bisa membuat kelas dengan tema programming, perangkat jaringan dasar, CCNA, Phyton atau sebagainya sesuai dengan keahlian kamu.


Membuka kelas online pun cukup bisa menambah penghasilan kamu. Seperti misalnya, untuk kelas selama satu jam kamu bisa membuka mulai dari hari Rp 50 ribu. Atau tergantung dengan kelas yang Jofiers tawarkan atau keahlian yang dimiliki, ya.


Menjual Pet Food


Apakah Jofiers termasuk orang yang senang dengan hewan dan memeliharanya di rumah? Jika iya, binatang peliharaan bukan hanya sebagai teman sejati saja, namun juga sebagai penghilang stress. Nah, mungkin untuk membuka klinik hewan perlu pendidikan yang memadai sebagai dokter hewan, tetapi untuk berjualan pet food, semua orang boleh melakukannya.


Nah, ide bisnis ini bisa kamu jalankan di rumah selama PPKM. Terlebih lagi, saat ini pakan hewan peliharaan sudah semakin banyak diproduksi dalam bentuk kering dan kemasan. Sehingga penjual tidak perlu khawatir pakan akan basi jika masih ada stok berlebih.


Perlengkapan Dekorasi dan Tanaman


Selama PPKM, kegiatan di rumah semakin banyak, salah satunya kegiatan berkebun yang paling banyak dilakukan di masa pandemi seperti ini. Tak heran jika penjualan tanaman digandrungi banyak pebisnis. Harga sejumlah tanaman pun mendadak naik mengingat banyaknya peminat.


Selain itu, berada di rumah saja juga membuat masyarakat ingin melakukan dekorasi unik dalam huniannya. Jofiers bisa membangun ide bisnis menjual dekorasi dan perlengkapan tanaman yang mana bisa kamu jual di media sosial dan e-commerce.


Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh


Tren bisnis ini juga bisa Jofiers coba di rumah selama PPKM. Banyaknya waktu di rumah, kegiatan perawatan wajah dan juga tubuh tetap harus dilakukan nih, Jofiers. Terutama bagi Jofiers yang suka dengan dunia kecantikan dan sering melakukan kegiatan skin care, bisnis ini memiliki peluang cukup tinggi.


Walaupun terlihat sangat menggiurkan, Jofiers juga perlu mengetahui beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mencoba bisnis skin care ini. Seperti mengetahui produk yang sedang tren hingga mengetahui produk apa saja yang banyak diminati. Nah, jika sudah memiliki penghasilan yang cukup Jofiers boleh mencoba jasa promosi atau endorse para Influencer, yang akan menambah penghasilan kamu.


Itulah beberapa tren ide bisnis yang bisa Jofiers coba. Berada di masa sulit pandemi seperti ini, jangan sampai membuat Jofiers berhenti untuk berusaha, ya. Dan sesibuk apapun kamu bekerja di rumah, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Selamat beraktivitas! Terima kasih.


#jofiebakery #kegiatanppkm #trenbisnis #idebisnis #peluangbisnis #dirumahaja #jualanonline #tipsandtrick #tipsberjualan

8 views0 comments