Search

Berniat Untuk Investasi? Ini Perusahaan Terbesar di Medan

Updated: Jul 25, 2021

Ternyata banyak sekali perusahaan multinasional yang terbilang kuat dan memiliki nilai saham tinggi. Hal ini memperkuat mereka sebagai perusahaan terbesar di dunia dengan penghasilan tertinggi. Termasuk pengusaha yang berasal dari kota-kota besar. Salah satunya, pengusaha yang berasal dari Sumatera Utara, tepatnya Medan yang perusahaannya sudah diperjualbelikan di bursa saham.



Seperti sudah sering kita temukan, sebagian besar orang Medan memang terkenal dengan sifatnya yang rajin bekerja. Beberapa diantara mereka bahkan menjadi pengacara kondang, seperti Hotman Paris Hutapea, Hotma Sitompul, Juan Felix dan lain-lain yang mana kebanyakan bersuku Batak.


Fundamental perusahaan mereka juga cukup bagus lho, Jofiers! Yang tentunya bisa menjadi keperluan investasi atau trading saham jangka pendek.


Penasaran apa saja perusahaan terbesar yang berasal dari Medan? Yuk, lihat disini!


1. Bank Mega Tbk (MEGA)



Salah satu perusahaan terbesar di Medan ini merupakan perusahaan milik Chairul Tanjung dan termasuk bank yang menjadi bagian dari CT Corp. Chairul Tanjung ini memiliki harta sebesar Rp 51,8 triliun. Tak heran, kalau beliau juga termasuk orang terkaya di Indonesia dengan urutan ke lima.


Bisa dikatakan bahwa CT Crop ini memang memiliki anak usaha yang cukup luas dan tentunya dikenal di bidang media. Namun, yang diperjualbelikan di bursa saham adalah perusahaan keuangannya, yaitu Bank Mega. Chairul Tanjung juga masih masih duduk sebagai Komisaris Utama.


2. PT Wilmar Cahaya Indonesia Tbk - (CEKA)



Perusahaan yang bergerak di bidang minyak sawit dan khusus yang digunakan dalam industri makanan dan perdagangan umum ini merupakan bagian dari Wilmar International Limited Group yang tercatat di bursa saham Singapura. Seperti yang kita ketahui, perusahaan ini dimiliki oleh pengusaha Batak keturunan Tionghoa yang bernama Thio Seeng Haap atau Martua Sitorus, yang ternyata lahir di Pematang Siantar.


Beliau juga termasuk orang terkaya di Indonesia dan menduduki posisi ke sepuluh dengan total kekayaan Rp 23,8 triliun. Pada tahun 1991, perusahaan ini menguasai 7.100 hektare perkebunan kelapa sawit.


Selain itu, PT Wilmar Cahaya Indonesia Tbk (CEKA) ini juga bergerak di bidang consumer goods. Beberapa minyak goreng yang mereka jual di pasaran diantaranya adalah Sania dan Fortune.


3. PT Totalindo Eka Persada Tbk - (TOPS)



Salah satu perusahaan yang kepemilikannya berasal dari Medan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, yang mana didirikan oleh seorang pengusaha Batak bernama Donald Sihombing. Beliau sendiri termasuk orang terkaya di Indonesia pada urutan ke-14.


Perusahaan konstruksi ini didirikan pada tanggal 31 Oktober 1996 dan sudah memiliki beberapa kumpulan aset investasi, antara lain adalah Hotel Four Season, Hotel Mulia Grand Indonesia, hingga Mal Taman Anggrek.


4. PT Toba Bara Sejahtra Tbk - (TOBA)



Dari namanya saja yaitu Toba ini kita sudah tahu bahwa perusahaan ini miliki pengusaha Batak. Pak Luhut Binsar Pandjaitan adalah pemiliknya kini juga merupakan Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia. Beliau lahir di Samosir dan memiliki karir cemerlang di militer, serta di bidang bisnis.


Tidak hanya memiliki satu cabang, PT Toba Sejahtera Group ini juga memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Mulai dari PT Adimitra Baratama Nusantara, PT Indomining, PT Trisensa Mineral Utama, PT Perkebunan Kaltim Utama I, PT Gorontalo Listrik Perdana, PT Minahasa Cahaya Lestari, dan PT Paiton Energy.


Perusahaan Toba Bara ini jelas bergerak di bidang batu bara. Walaupun perusahaan ini memiliki banyak anak perusahaan, saham TOBA juga sempat anjlok dan baru melakukan stock split dan jadi lebih likuid.


Nah, itulah beberapa perusahaan terbesar di Medan yang mana pendirinya juga berasal dari Medan serta diperjualbelikan di bursa saham. Bagi Jofiers yang ingin berinvestasi, mungkin bisa memilih salah satu perusahaan diatas. Semoga bermanfaat!


#jofiebakery #perusahaanterbesar #toba #bankmega #ptwilmar #tops #beritamedan

105 views0 comments