Search

Area Camping di Sumut yang Instagramable

Updated: Jun 22, 2021

Sumatera Utara (Sumut) memang banyak menyimpan keindahan alam untuk dijelajahi. Banyak objek wisata alam yang menjadi rekomendasi ke provinsi ini. Khususnya kamu yang senang berjalan-jalan dan ingin menghabiskan waktu dengan alam, kegiatan camping adalah solusinya.


Karena keterbatasan waktu dan jaraknya yang jauh, membuat kita sering berpikir ulang yang akhirnya tidak jadi pergi. Nah, untuk Jofiers yang butuh refreshing dan ingin sekedar melepas penat dari rutinitas pekerjaan, bisa berkunjung ke tempat camping yang tidak jauh dari Medan.


Dimana saja? Yuk, kita lihat sebagai berikut:


1. Bumi Perkemahan Sibolangit



Kawasan yang telah lama dibuka untuk wisatawan ini memiliki lapangan yang berbukit-bukit dan dan berada di kaki Gunung Sibayak dengan udara yang sejuk. Suasana di Bumi Perkemahan Sibolangit ini masih sejuk seperti udara Berastagi. Jofiers akan dimanjakan dengan pemandangan bukit serta pohon pinus yang menjadi momen yang tidak terlupakan.


Untuk wisatawan yang kekurangan tenda atau tidak membawa tenda juga tidak perlu khawatir, karena mereka menyewanya dengan harga sekitar 50 ribu hingga 70 ribu sesuai ukuran tenda.


Lokasi Bumi Perkemahan Sibolangit dari Medan ke Sibolangit juga tidak jauh, sekitar jam 1 lebih menggunakan kendaraan bus.


2. Taman Hutan Rakyat (Tahura)



Tahura merupakan salah satu taman hutan raya di kawasan ekosistem Bukit Barisan, Kab. Karo yang sering dijadikan sebagai tempat liburan. Selain lokasinya yang tidak jauh dari Medan, lokasi Tahura juga mudah diakses.


Tempat yang memiliki luas 51 ribu hektar ini sudah lama terbuka untuk umum dan cocok menjadi salah satu tempat camping. Ditambah suasananya yang sejuk dan masih banyak pepohonan besar yang tumbuh rapi di kawasan hutan lindung ini. Di bagian dalam Tahura juga terlihat sebuah prasasti peresmian taman yang ditandatangani langsung oleh Soeharto pada tahun 1992.


Selain itu, kamu juga bisa sekaligus mendatangi tempat wisata lainnya karena Tahura juga dekat dengan Taman Alam Lumbini, Gundaling, dan Sidebuk-debuk.


3. Gundaling



Tempat camping berbukit sudah lama dikenal dan telah ditangani oleh Pemda Karo melalui Dinas Pariwisata dengan namanya yang berasal dari singkatan "Good Bye My Darling". Dari bukit tertingginya, kamu akan diperlihatkan oleh panorama keindahan alam kota Berastagi, Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.


Selain menjadi tempat camping, Gundaling juga menyediakan fasilitas lainnya seperti naik kuda keliling bukit serta spot untuk berfoto. Tempat berjualan jenis tanaman bunga dan aksesoris juga tersedia yang dijadikan sebagai oleh-oleh bagi pengunjung.


Jaraknya tidak jauh dari pusat kota Berastagi kurang lebih 3 km dan sekitar 60 km dari Kota Medan.


4. Sidebuk-debuk



Tempat yang dikenal sebagai pemandian alam air panas ini juga bisa dijadikan tempat camping, loh! Lokasi berada di bawah kaki Gunung Sibayak, kawasan wisata Kabupaten Karo.


Dasarnya, Sidebuk debuk ini menjadi tempat pemandian air panas alam favorit yang dimanfaatkan oleh warga sekitar. Tak heran, kalau tempat ini selalu ramai dengan pengunjung, terutama di hari libur.


5. Taman Cadika



Bumi perkemahan pramuka cabang Kota Medan ini dikelola untuk masyarakat dan menjadi ruang terbuka hijau. Taman ini bisa menjadi pilihan Jofiers untuk camping bersama keluarga maupun teman-teman. Untuk masuk ke area ini, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk dan bebas.


Di bagian dalam Taman Cadika terdapat kolam atau danau yang luas dengan jembatan gantung yang digunakan untuk menyebrangi danau tersebut, serta bunga-bunga sepanjang jalan yang tumbuh melintasi taman.


Selain menjadi tempat camping, Taman Cadika juga dilengkapi beberapa fasilitas sebagai taman kota, tempat bermain anak-anak, aula, bangku taman serta musholla. Tersedia juga lapangan paintball untuk kamu yang ingin olahraga paintball.


Nah, itulah beberapa tempat camping di Sumut yang tidak perlu menghabiskan banyak tenaga dan tidak jauh dari Medan. Gimana, sudah siap untuk menelusuri tempat camping di atas? Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan camping juga, ya! Semoga membantu.


#jofiebakery #campingmedan #outdoor #roadtrip #sumut #beritamedan

364 views0 comments