Search

Aneka Bolu khas Nusantara yang Wajib Dicobain

Indonesia memiliki ragam kue bolu tradisional dengan cita rasa, tekstur, serta ciri khas yang berbeda-beda. Jika umumnya, bolu di luar negeri menggunakan topping, namun bolu khas nusantara ini dihidangkan tanpa topping. Namun, rasanya sudah pasti tidak kalah enak dengan jenis kue lainnya.


Untuk Jofiers, yang sedang berlibur ke kota-kota tertentu, bisa mencari aneka bolu ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Penasaran apa saja aneka bolu khas nusantara? Yuk, kita lihat disini!


1. Bolu Klemben


Bolu yang berasal dari Banyuwangi ini memiliki tekstur sedikit keras di bagian luar namun lembut di bagian dalam. Proses pembuatan Bolu Klemben dengan cara dipanggang cukup lama hingga matang. Aroma manis yang khas dengan ciri bentuk yang unik ini menyerupai cangkang kerang.


2. Bolu Kemojo


Kue yang berasal dari Riau ini memiliki warna khas yaitu hijau dan bentuk yang seperti bunga, membuat bolu ini terkesan cantik dan unik. Seperti namanya, bentuk dari bolu ini mirip seperti bunga kemojo atau kamboja.


Biasanya, bolu kemojo disajikan saat perayaan hari besar atau pesta pernikahan.


3. Bika Ambon



Bolu dengan tekstur berongga dan berserat ini berasal dari Medan. Bika Ambon ini identik dengan warna kuning dengan atasnya yang kecoklatan. Ketahanan untuk menyimpan Bika Ambon ini bisa sampai empat hari dalam kondisi terbaik, loh.


Tertarik untuk mencoba Bika Ambon ini? Jofiers bisa pesan dan dapatkan langsung di outlet Jofie terdekat atau pesan online melalui GrabFood dan GoFood atau marketplace seperti Tokopedia dan Shopee.


4. Bolu Macan


Salah satu bolu khas Nusantara ini berasal dari Bangka Belitung. Tampilan dari Bolu Macan ini mirip seperti bolu marmer yang memiliki corak loreng. Rasa yang dimiliki dari bolu ini juga manis dan lembut.


5. Bolu Peca


Bolu ini akan mudah kamu temukan saat berkunjung di Sulawesi Selatan, nih! Tekstur yang dimiliki Bolu Peca sedikit bantat, dengan warna kecoklatan karena itu yang menjadi ciri khasnya. Bahan dasar dari Bolu Peca ini adalah campuran gula merah, telur, tepung, gula pasir, dan baking soda.


Itulah beberapa aneka bolu khas Nusantara. Semoga bisa membantu Jofiers untuk mencari buah tangan saat berliburan, ya!


#jofiebakery #bolukhasnusantara #nusantara

13 views0 comments