Search

Sejarah dan Asal Usul Pizza, Roti Gurih yang Nikmat

Pengen cobain hidangan gurih sebagai camilan? Pizza salah satunya! Hidangan gurih yang berasal dari Italia ini memiliki bentuk bundar dan pipih. Di Indonesia sendiri, Pizza sudah dijual dari versi homemade hingga restoran.


Namun dibalik rasanya yang gurih dan nikmat, ada sejarah dan asal usul mengapa Pizza bisa berkembang dan dikenal hingga ke penjuru negara. Seperti apa ya, ceritanya sejarah dan asal usul dari Pizza? Yuk, kita simak disini!

Sejarah Pizza Pertama


Di zaman kuno, makanan menyerupai pizza dengan potongan roti pipih dan taburan gurih sudah ada sejak berabad-abad lalu. Pizza ini disajikan sebagai makanan sederhana dan lezat bagi mereka yang tidak mampu membeli piring atau sedang dalam perjalanan.


Kemudian, pada akhir abad ke-18, Pizza seperti muncul di Napoli, Eropa, merupakan salah satu kota terbesar di Eropa. Dan diwaktu yang sama, penduduk Napoli meningkat dan membuat banyak penduduk jatuh miskin. Dengan kondisi seperti itu, mereka bertahan hidup dengan makanan murah, dan Pizza dianggap sesuai dengan kemampuan mereka.


Pada saat itulah, Pizza dijual pedagang kaki lima dengan potongan kecil dan jumlah yang disesuaikan oleh pembeli. Kemudian, Pizza naik kelas konon pada tahun 1889 dengan Raja Umberto I dan Ratu Margherita berkunjung ke Napoli dan meminta untuk dibuatkan makanan lokal setempat. Dengan 3 jenis topping yang berbeda.


Lalu, Ratu menyukai salah satu topping, yaitu topping tomat, mozzarella dan basil, yang membuat Pizza itu diberi nama margherita. Sebagai penghormatan untuk sang ratu. Akhirnya, Pizza pun naik kelas dan dinikmati oleh keluarga kerajaan dan bangsawan.


Sejak itu, Pizza menjadi hidangan nasional khas Italia.


Penyebaran ke Daerah Lain


Penyebaran Pizza dibantu dengan penduduk lokal yang pindah ke daerah lain. Penyebaran itu dipercepat karena perang di Italia. Sementara, penyebaran Pizza di Amerika menjadi negara ini rumah kedua bagi Pizza.


Lalu, pada tahun 1905 Pizza dibawa oleh para imigran asal Italia ke New York. Dan berakhir, Pizza menyebar ke seluruh negeri dan mengalami perubahan yang disesuaikan dengan selera lokal.



Itulah sejarah dan asal usul mengenai Pizza. Bagi Jofiers, yang ingin mencoba makanan gurih ala Jofie, bisa cobain Pizza Slice yang rasanya gurih dan nikmat banget. Bisa kamu dapatkan di Outlet Jofie terdekat, GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood, ya!


18 views0 comments