Search

Kampus PTN & PTS TOP di Medan

Hai, Jofiers. Siapa nih yang mau melanjutkan perguruan tinggi di Kota Medan? Sepertinya kampus TOP di Medan sangat menarik untuk dibahas, nih. Kota yang merupakan kota terbesar di urutan ke-3 setelah Jakarta dan Surabaya ini juga memiliki universitas terbaik yang semakin dikenal luas. Perguruan Tinggi sendiri memiliki 2 jenis, yaitu Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta.


Apa saja kampus PTN dan PTS TOP di Medan? Simak berikut ulasannya:


Universitas Sumatera Utara (USU)



Kampus negeri satu ini didirikan pada tahun 1952 yang terletak di kawasan perkotaan kota metropolitan Medan dan menjadi universitas tertua di Sumatera. Universitas Sumatera Utara juga termasuk ke daftar 20 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.


Universitas ini menjadi primadona dalam bidang Kedokteran yang banyak dilirik oleh mahasiswa asing terutama mahasiswa dari Malaysia.


Kampus USU berada di Jl. Abdul Hakim No. 1, Padang Bulan, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.


Universitas Negeri Medan



Kampus negeri satu ini didirikan pada tanggal 23 Juni 1963 yang memiliki motto “Universitas Pembangunan Karakter”. Universitas Negeri Medan atau biasa disingkat UNIMED ini telah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi). UNIMED juga mendapatkan termasuk ke daftar 108 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.


Untuk prestasinya, salah satu mahasiswanya Tata Boga FT UNIMED mendapatkan juara 1 dan 2 Lomba Fruit Carving Festival Buah Nusantara 2008, Mahasiswa PLS UNIMED Juara 2 Lomba Essay Nasional di UNESA Surabaya dan lain-lain.


Kampus UNIMED berada di Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.


Institut Teknologi Medan



Salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang dikenal ini memiliki prestasi di tingkat nasional dan pernah menjuarai beberapa lomba internasional. Seperti salah satu prestasi pada tahun 2018 saat di acara Indonesia Malaysia Thailand-Growth Triangle (IMT-GT) ke 20. Mereka berhasil mendapatkan medali emas pada cabang lomba seminar beregu dan medali perak pada cabang lomba badminton.


Kampus ITM ini berada di Jl. Gedung Arca No. 52, Teladan Bar. Medan Kota.


Politeknik Negeri Medan



Awalnya kampus ini bernama Politeknik Universitas Sumatera Utara Medan dan kemudian menjadi politeknik mandiri yang diganti dengan nama Politeknik Negeri Medan (Polmed). Kampus ini menjadi pusat pendidikan vokasi yang berfokus pada pengembangan kemampuan sumber daya manusia.


Polmed pernah meraih prestasi seperti salah satunya mahasiswanya mendapatkan juara 1 di Ajang Mawapres hingga mahasiswanya yang membawa pulang piala di tingkat nasional dan Internasional pada tahun 2017 mencapai 136 kegiatan.


Kampus Polmed ini berada di Jl. Almamater No. 1, Padang Bulan, Medan Selayang, Kota Medan.


Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)



Salah satu perguruan tinggi negeri islam ini didirikan sejak tahun 1973 sebagai IAIN dan menjadi UIN sejak tahun 2014. Kampus ini dibangun sebagai tuntutan kebutuhan dasar umat islam dalam mengembangkan syi’ar agama melalui wadah perguruan tinggi.


Salah satu prestasi yang telah didapatkan oleh kampus UISU ini adalah memberangkatkan dosen dan mahasiswa berprestasi untuk pergi Umroh.


UINSU memiliki beberapa kampus, yang berada di:

  1. Karya Bakti No. 34, Pangkalan Masyhur, Medan - Sumatera Utara

  2. Jl. Sisingamangaraja Teladan, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Medan - Sumatera Utara


Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)



Salah satu Perguruan Tinggi Swasta ini berusaha mengutamakan antara nilai-nilai keilmuan keislaman sehingga mampu menumbuhkan kepribadian yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman. Kampus UMSU juga termasuk ke daftar kampus terbaik di Medan, Sumatera Utara. Baik dari segi prestasi maupun jumlah mahasiswanya. Salah satu prestasi yang pernah diraih adalah:

  1. Juara I (Emas) cabang Gastroenterohepatologi Regional Medical Olympiad (2017).

  2. Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Islam dalam ajang temu Ilmiah Regional FoSSEI Sumbagut, Aceh (2017).

  3. Juara III Lomba Video Ekonomi Islam dalam ajang temu Ilmiah Regional FoSSEI Sumbagut, Aceh (2017).

Kampus UMSU ini berada di Jl. Kapten Mucthar Basri No. 3, Glugur Darat II, Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238


Universitas Medan Area (UMA)



Salah satu Perguruan Tinggi Swasta ini didirikan pada tahun 1983 oleh Haji Agus Salim Siregar. Nama UMA diambil sebagai penghargaan atas perjuangan mempertahankan kemerdekaan oleh pejuang-pejuang 1945 di sekitar Kota Medan yang lebih dikenal dengan nama “Pejuang-Pejuang Medan Area”. Adapun salah satu prestasi yang pernah diraih adalah menduduki peringkat ke-29 GreenMetric World University Ranking tingkat Internasional.


Kampus UMA memiliki dua lokasi yang berbeda, yakni:

  1. Jl. Kolam No. 1 / Jl. Gedung PBSI, Medan 20223

  2. Jl. Sei Serayu No. 70 A / Jl. Setia Budi No. 79 B, Medan 20112


Nah, itulah informasi tentang beberapa kampus PTN dan PTS di Medan. Buat Jofiers yang ingin melanjutkan pendidikan, sudah kepikiran belum mau daftar di kampus mana? Semoga bermanfaat dan membantu Jofiers, ya. Terima kasih.


9 views0 comments