Search

5 Manfaat Jujur pada Diri Sendiri dan Cara untuk Belajar Self Love

Updated: Mar 1

Jofiers, tahu tidak kalau salah satu sifat yang masih sulit dilakukan adalah jujur. Apalagi kalau kejujuran itu merupakan sebuah kenyataan yang pahit dan sulit diterima. Kebanyakan lebih memilih kebohongan yang terasa lebih aman walaupun jauh dari kebenaran yang sesungguhnya.



Walau terasa menyakitkan, bersikap jujur lebih mulia dibandingkan kebohongan yang terasa nikmat tapi semu. Makanya, penting sekali menghargai nilai kejujuran baik pada orang lain maupun diri sendiri. Jofiers tidak akan bisa bahagia jika tidak jujur pada diri sendiri karena selalu diliputi rasa cemas dan takut yang berlebihan.


Yuk, lihat disini apa saja manfaat jujur pada diri sendiri yang akan kamu rasakan sendiri, ya!


1. Percaya Diri dan Berani


Kejujuran dan kebohongan memang tidak bisa dicampur karena keduanya memiliki arti yang sangat berbeda. Berani jujur pada diri sendiri itu tanda kamu berhasil melawan rasa takut kamu dan percaya diri.


Walaupun kejujuran yang kamu terima begitu menyakitkan, setidaknya kamu menerimanya dengan hati yang lapang. Rasa takut mampu diatasi dengan baik. Apapun yang terjadi, kebenaran akan selalu menang.


2. Lebih Menerima dan Mencintai Diri Sendiri


Jofiers, pernah dengar pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang”? Sama seperti dengan diri kita. Kita bisa menyayangi diri kita sendiri, saat kita juga mampu mengenal secara jujur dan terbuka tentang diri kita. Salah satu caranya adalah dengan self love atau mencintai diri sendiri, yang bisa Jofiers lakukan dengan jujur pada diri sendiri.


Dan menerima kekurangan pada diri sendiri dan sadar mengetahui apa yang kita mau dan rasakan memang tidak mudah. Namun, saat itu berhasil, Jofiers akan merasa lebih menerima dan mencintai diri sendiri.


3. Mampu Mengendalikan Diri


Jujur pada diri sendiri tandanya kamu berhasil mengendalikan dirimu, yaitu tidak lagi mengucapkan kebohongan. Karena Jofiers sadar, saat pertama kali berbohong, kamu akan selalu berbohong sampai seterusnya.


Tapi ketika mau jujur pada diri sendiri, Jofiers berhasil mengendalikan ego, mampu menguasai diri untuk menghargai kejujuran. Arti kejujuran sangatlah bernilai karena tak semua orang bisa melakukannya.


4. Berikan Dampak Positif Bagi Diri Sendiri


Jujur pada diri sendiri akan membawa nilai yang positif bagi diri sendiri dan orang lain. Jofiers akan merasa memegang teguh nilai kebenaran karena tidak suka berbobong. Lalu, kamu akan hidup apa adanya.


Sama halnya dengan memberikan hadiah penghargaan pada diri sendiri. Bisa itu dengan self reward sebagai bentuk menghargai diri sendiri. Bisa dengan memberikan hadiah custom cake dari Jofie yang tentunya bentuk penghargaan yang bisa kamu hadiahkan untuk kamu setelah mencoba jujur pada diri sendiri nih, Jofiers.


5. Memiliki Hubungan Sosial yang Baik


Orang-orang yang dari awal sudah jujur pada dirinya sendiri, maka akan lebih mudah untuk bisa jujur dengan orang lain. Hal ini tentu akan berhubungan dengan sosial yang baik.


Ketika jujur dengan diri sendiri dibawa dalam hubungan sosial, akan terlihat mana orang-orang yang mampu menerima kamu dengan apa adanya dan tidak. Dan hal ini akan membuat hubungan kamu dengan orang lain menjadi lebih sehat dan bertahan lama, Jofiers.


Nah, itulah beberapa manfaat jujur pada diri sendiri. Jofiers juga perlu mencobanya agar hidup kamu jadi lebih nyaman. Semoga membantu, Jofiers!


13 views0 comments