Search

Bosan Selama PPKM? Yuk, Berkreasi di Rumah sambil Menanam Buah di Pot

Updated: Jul 25, 2021

Pemerintah resmi memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang mana membatasi mobilitas berbagai sektor kehidupan hingga tanggal 25 Juli 2021.


Mulai diterapkannya WFH (Work From Home, hingga membatas jam operasional tempat-tempat umum, mulai dari supermarket, restoran, tempat wisata dan lain-lain. Akan membuat kita memiliki banyak waktu selama di rumah dan menjalankan hobi, misalnya seperti berkebun.


Namun, terkadang ada kendala yang muncul, seperti tidak memiliki lahan atau area tanah yang mencukupi untuk penanaman tanaman buah di rumah.



Jofiers bisa mengakalinya dengan media pot untuk menanam tanaman buah yang jauh lebih efisien dalam memanfaatkan lahan pekarangan yang terbatas.


Teknik menanam buah di dalam pot atau tabulampot ini tidak sulit kok, Jofiers. Tetapi membutuhkan perawatan lebih karena media tanamnya lebih kecil. Maka dari itu, Jofiers juga telaten agar pohon buah bisa tumbuh subur dan juga cepat berbuah.


Nah, tanaman buah apa saja ya, yang bisa Jofiers tanam didalam pot? Yuk, lihat disini sekaligus beberapa tips penanamannya!


Jeruk


Hampir semua jenis tanaman jeruk bisa ditanam di dalam pot nih, Jofiers. Kamu bisa menggunakan pot kecil saja dengan menambahkan media tanam, yaitu tanah, pasir, dan pupuk kandang di dalamnya.


Namun, sebelum memulai tahapan cara menanam jeruk di rumah, Jofiers perlu memahami apa saja yang bisa mendukung tanaman jeruk tumbuh.


Pertama dengan memilih lokasi dengan cuaca hangat dan sinar matahari yang cukup. Selain itu, lakukan penyiraman pada musim kemarau setiap 2-3 hari sekali disesuaikan dengan kondisi kelembaban media tanam. Dan juga lakukan pemupukan secara rutin setiap bulan.


Strawberry


Tanaman yang sangat produktif dan menyegarkan ini sudah lama dikenal sebagai tanaman buah yang paling sering dibudidayakan di rumah-rumah. Hal tersebut karena perawatan tanaman ini yang tidak terlalu sulit.


Penyiraman dan pemupukan secara teratur akan membuat strawberry tubuh subuh. Dan disarankan, pohon strawberry lebih baik ditanam di pot yang melebar dengan lebar 18 inchi atau sekitar 45 cm dengan kedalaman 10 inchi atau sekitar 25 cm.


Pot tersebut dapat menampung hingga dua belas tanaman strawberry. Jofiers bisa memulainya dengan membeli tanaman strawberry california atau earlibrite yang sudah jadi, atau juga bisa menanamnya dari biji.


Blueberry


Salah satu tanaman buah yang bisa ditanam didalam pot ini termasuk tanaman yang berumur panjang. Ukurannya memang bisa terus membesar, namun bagi Jofiers yang ingin menanam buah blueberry ini di dalam pot yang lebih kecil juga bisa.


Jofiers bisa menanamnya di dalam pot 22 inchi dengan kedalaman 18 inchi. Media tanam yang digunakan adalah cocopeat atau kompos. Kemudian, tempatkan pot di tempat yang terkena sinar matahari langsung agar mempermudahkannya untuk berbuah.


Selain itu, Jofiers juga perlu memupuknya dengan pupuk organik untuk membuat tanaman blueberry semakin subuh. Karena harga tanaman blueberry di Indonesia sangat mahal, Jofiers juga bisa menanamnya dari bibit buah blueberry.


Ara / Tin


Tanaman yang jarang diketahui keberadaannya di Indonesia ini ternyata juga bisa ditanam di dalam pot. Tanaman berbuah ini bisa dibudidayakan dengan cara memindahkan tunas kecilnya dengan men-stek batang buah ara / tin ini.


Tanaman yang paling cocok ditanam di pot kecil adalah tanaman ara berjenis Jelly Bean. Walaupun jenis yang lainnya juga bisa ditanam di pot, namun jenis Jelly Bean ukurannya paling kecil.


Tomat


Salah satu tanaman yang sering menjadi perdebatan sayur atau buah ini juga bisa ditanam dengan mudah di dalam pot yang berukuran minim. Tomat merupakan tanaman yang tangguh. Ia memiliki perlindungan diri dari bulu-bulu halus yang berbau khas.


Tomat tumbuh subur ke atas, sehingga diperlukan penopang untuk membuatnya tetap tegak berdiri agar tangkainya tidak patah. Ia juga membutuhkan media tanam yang subur, sehingga Jofiers juga perlu melakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin dan teratur, ya!


Nanas


Bisa dibilang, menanam buah nanas di dalam pot adalah sebuah seni. Selain teknik penanamannya yang mudah, daun-daun dari tanaman nanas ini juga unik dan membuatnya seni tersendiri.


Perawatan tanaman nanas ini juga tidak membutuhkan banyak air loh, Jofiers! Namun, jangan sampai lupa untuk menyiramnya. Nanas menyukai cahaya matahari. Dan tidak membutuhkan perawatan khusus, serta sangat cocok untuk di tanam di dalam pot kecil.


Semangka


Buah yang menghasilkan air dan memiliki bentuk yang besar ini juga bisa tumbuh di dalam pot loh, Jofiers! Walaupun menghasilkan buah yang besar, semangka juga bisa tumbuh di dalam pot kecil dan tidak membutuhkan banyak tempat. Ia menjadi tanaman buah yang rambat


Untuk perawatan tanaman buah semangka ini, Jofiers bisa menyiramnya setiap hari, karena semangka membutuhkan banyak air. Semangka sendiri paling banyak ditanam dari biji, dan ada banyak sekali varian benih semangka yang bisa Jofiers pilih untuk menanamnya di dalam pot.


Melon


Seperti tanaman buah sebelumnya, melon yang merupakan buah berukuran besar ini juga bisa tumbuh di dalam pot kecil. Buah melon ini bisa ditanam dengan perawatannya yang juga mudah dan ditanam dari biji.


Media tanamnya juga berupa tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 1:2:3. Tanaman buah melon ini juga dikenal dengan cara penanamannya yang ditanam melalui biji. Dan perlu diketahui, varian benih melon ini juga banyak sekali ya, Jofiers.


Demikian beberapa tanaman buah yang bisa di tanam di dalam pot. Tanaman tersebut bisa menjadi pilihan Jofiers yang hobi bercocok tanam untuk kegiatan selama PPKM ini agar tidak bosan Selain menyalurkan hobi, Jofiers juga mendapatkan keuntungan karena buah-buahnya dapat dikonsumsi sebagai kebutuhan vitamin setiap hari. Mantap banget, kan! Selamat bercocok tanam.


#jofiebakery #bercocoktanam #tanamanbuah #tipsandtrick #ppkm #dirumasaja

5 views0 comments