Search

5 Rekomendasi Buku Self Improvement di Akhir Pekan

Berada di usia krisis, membuat banyak milenial melakukan self improvement dengan salah satunya mengikuti kursus atau membaca buku. Hal ini dilakukan agar bisa menemukan pandangan dan gaya hidup yang sesuai dengan kriteria mereka.



Singkatnya, self improvement atau pengembangan diri adalah melakukan investasi pada diri sendiri agar dapat mengontrol atau mengendalikan diri kita dengan sangat baik dan efektif.


Daripada Jofiers bingung ingin membaca buku apa di Weekend nanti, kamu bisa melihat 5 rekomendasi buku self improvement yang cocok dibaca saat akhir pekan. Berikut daftarnya dari berbagai sumber:


1. Berani Tidak Disukai - Ichiro Kisimi dan Fumitake Koga


Sering merasa insecure membuat kita merasa tidak percaya diri hingga berujung tidak bahagia. Melalui buku ini, kamu akan belajar memahami untuk menentukan arah hidup, bebas dari trauma masa lalu dan beban ekspektasi orang lain.


Dalam buku ini, kamu akan banyak belajar isi dari buku ini yaitu, panduan memahami konsep memaafkan diri sendiri, mencintai diri, dan menyingkirkan hal-hal yang tidak penting dari pikiran.


2. I Want To Die But I Want To Eat Tteokbokki - Baek Se Hee


Selama pandemi, masalah mengenai kesehatan mental kini mulai disadari oleh generasi milenial, namun masih ragu-ragu untuk mengakui dan pergi ke psikolog. Padahal kesehatan mental juga bisa mengakibatkan timbulnya penyakit fisik.


Dalam buku ini, penulis menceritakan mengenai depresi yang dialaminya selama 10 tahun dan berbagi mengenai konsultasinya. Penulis juga mengemas buku ini dengan dialog antara dirinya dengan psikiater.


Buku ini juga termasuk best seller di Korea Selatan dan pernah dibaca oleh salah satu member BTS, yaitu RM.


Baca juga: Tren Money Cake, Uang Didalam Cake


Baca juga: Hadir Kembali! Daftar Bioskop di Medan


Baca juga: Apa Kata Jofiers?


3. Think and Grow Rich - Napoleon Hill


Buku yang ditulis oleh seorang motivator sekaligus penasihat Presiden Franklin D. Roosevelt, Napoleon Hill. Dalam buku Think and Grow Rich ini, ia membuka rahasia ratusan orang kaya di Amerika dari titik nol. Mengenai pengaruh imajinasi hingga autosugesti.


Sebagai informasi, pertama kali buku ini terbit pada tahun 1937 namun dapat bisa kamu nikmati sekarang. Menariknya, buku ini juga dilengkapi dengan contoh baru dan contoh kasus modern yang bisa dengan jelas mendemonstrasikan bahwa semua prinsip Hill masih bisa dilaksanakan.


4. Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat - Mark Marson


Buku ini juga termasuk menjadi best seller self improvement book di berbagai toko buku hingga saat ini. Sang Penulis, Mark Marson, dinilai sangat mewakili generasi milenial, menjelaskan untuk menjadi orang yang lebih kuat dan bahagia dengan cara berhenti memaksa diri untuk menjadi “positif” di setiap saat, atau sebutannya ‘bersikaplah bodo amat’.


Menjadi masa bodoh terhadap berbagai hal bukan berarti acuh tidak acuh, masa bodoh yang dimaksud adalah fokus terhadap sesuatu yang kita suka tanpa memperdulikan komentar negatif dari luar.


Penulis menyebutkan bahwa kebahagiaan datang dari keberhasilan untuk memecahkan masalah. Maka kata kuncinya adalah ‘Apapun masalahmu, konsepnya sama: selesaikan masalah, lalu berbahagialah!’


5. Start With Why - Simon Sinek


Buku ini menjadi best seller karena pembicaraan sang penulis di TED Talk. Buku ini menjelaskan tentang pentingnya kata “mengapa” dalam membangun sebuah bisnis atau organisasi. Bukan uang atau keuntungan, tapi tentang hasilnya. Salah satu contohnya adalah Apple Inc tentang pentingnya mengidentifikasi tujuan suatu bisnsi untuk membuat keputusan besar sesuai visi.


Selain itu, ada juga bagian tentang bagaimana para pemimpin berpikir, bertindak, dan berkomunikasi. Kisah dari Steve Jobs, Wright Brothers, hingga Martin Luther King Jr., dikatakan punya cara yang sama untuk membangun organisasi jadi lebih baik dan berbeda.


Itulah 5 rekomendasi buku self improvement yang dapat dicoba oleh milenial. Buku-buku tersebut bisa mengisi waktu kosong kamu di Hari Weekend. Agar tidak terlalu bosan, Jofiers bisa menyiapkan camilan manis dari Jofie, salah satunya Banana Cake Original yang akan menemani kegiatan kamu membaca buku di hari Weekend.



Semoga bermanfaat!


#jofiebakery #selfimprovement #buku

4 views0 comments